Kulinerwisata

Angkringan Sendang Kalasan Yogyakarta


Angkringan adalah salah satu kuliner khas di Yogyakarta, menu makanan nasi yang di bentuk kecil dengan sedikit lauk nya. Biasanya nasi kucing berisi nasi oseng tempe, nasi teri, nasi telur, nasi ayam, dll. Selain nasi kucing ada juga aneka lauk yang tersedia. Kini di Jogjakarta ada angkringan baru yang bernama Angkringan Sendang yang terletak di Jl. Jogja - Solo Km.15 Kalasan Prambanan (Sleman), Yogyakarta, DI Yogyakarta, Indonesia


Menurut Wikipedia : Angkringan (berasal dari bahasa Jawa ' Angkring' yang berarti alat dan tempat jualan makanan keliling yang pikulannya berbentuk melngkung ke atas) adalah sebuah gerobag dorong yang menjual berbagai macam makanan dan minuman yang biasa terdapat di setiap pinggir ruas jalan di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Di Solo dikenal sebagai warung hik ("hidangan istimewa a la kampung") atau wedangan. Gerobag angkringan biasa ditutupi dengan kain terpal plastik dan bisa memuat sekitar 8 orang pembeli. Beroperasi mulai sore hari, ia mengandalkan penerangan tradisional yaitu senthir (ind.lentera, penerangan sangat sederhana tanpa kaca semprong dibanding dengan lampu tempel atau teplok yang terdiri dari botol biasanya berukuran pendek lengkap dengan sumbu dan minyak tanah atau minyak kelentik sebagai bahan bakarnya), dan juga dibantu oleh terangnya lampu jalan.

Makanan yang dijual meliputi nasi kucing, gorengan, sate usus (ayam), sate telur puyuh, keripik dan lain-lain. Minuman yang dijualpun beraneka macam seperti teh, jeruk, kopi, tape, wedang jahe dan susu. Semua dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Meski harganya murah, namun konsumen warung ini sangat bervariasi. Mulai dari tukang becak, tukang bangunan, pegawai kantor, mahasiswa, seniman, bahkan hingga pejabat dan eksekutif. Antar pembeli dan penjual sering terlihat mengobrol dengan santai dalam suasana penuh kekeluargaan.


Akrabnya susana dalam angkringan membuat nama angkringan tak hanya merujuk kedalam tempat tetapi ke suasana, beberapa acara menadopsi kata angkringan untuk menggambarkan suasana yang akrab saling berbagi dan menjembatani perbedaan, seperti Angkringan JTF yang diadakan oleh Litbang dan juga Angkringan Ramadhan yang sering digelar di kampus-kampus menjelang buka puasa.

Selain tempatnya yang bersih, Angkringan Sendang ini cukup menarik karena disana terdapat 6 gerobak angkringan sekaligus. Jadi tidak ada lagi istilah berdesak-desakan dalam angkringan. Karena bagi saya, yang dikatakan angkringan adalah jika pembeli duduk di kursi dengan kaki “nangkring” bukan duduk lesehan di tikar. Maka, angkringan ini pantas dicoba bagi anda yang gemar jalan-jalan mencari tempat makan alternatif. Menu-menu khas angkringan seperti nasi kucing, gorengan, sate, wedang jahe, kopi, teh tersedia di sini. Menariknya di sini juga dijajakan wedang ronde dan bakmi jawa, sehingga memberikan alternatif jika anda agak alergi dengan menu angkringan. Satu hal yang saya baru temui di tempat ini adalah Nasi Menggono.
Sore sebelum semua keluarga kumpul

Kali ini saya datang bersama keluarga besar saya, bersama om tante orang tua kakak adik dan semua keponakan untuk menikmati santap sore bersama. Meski sederhana tapi susasana yang terjalin sangan nyaman dan penuh kekeluargaan.

Angkringan Sendnag ini terletak persis di depan Pom Bensin Prambanan. Angkringan ini buka mulai pukul 17.00 sampai pukul 01.00 Menu makanan di angkringan ini ada beraneka macem dari nasi oseng, nasi ayam, nasi bakar, nasi megono, dll. Selain nasi juga banyak tersedia anek lauk contohnya sate ayam, sate usus, sate ati, sate tempe, tempe mendoan, aneka gorengan, dll. Selain itu juga tersedia aneka minuman teh, jeruk, jahe, jahe susu, teh tarik, wedang uwuh, dll.

Bersama keluarag besar saat malam menjelang

Istimewanya angkringan ini adalah terdapat banyak grobak untuk memudahkan pembeli memilih makanan dan tidak berdesakan, untuk makan bisa disekeliling gerobang diberi kursi atau di dalam disediakan lesehan luas untuk duduk dan santai bersama orang terdekat

Angkringan Sendang
Jl. Jogja - Solo Km.15 Kalasan Prambanan (Sleman), Yogyakarta, DI Yogyakarta, Indonesia
Buka : 17.00-01.00 WIB

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Angkringan Sendang Kalasan Yogyakarta"

  1. Angkringan itu tempat favorit saat keuangan udah nipis di jaman kuliah hihihi

    ReplyDelete
  2. angkringan menunya gak ngalahin, enak karena porsi nasinya dibikin sedikit kali ya...

    ReplyDelete
  3. Jd inget jaman kuliah malam. Biasanya makan nasi kucing dulu. Nasinya sih cm 1, tp lauknya ambil banyak :)

    ReplyDelete