Kulinerwisata

Soto Ledokan Kartasura


Soto Ledokan meruakan soto legendaris dari jaman dulu kala dan soto ini terletak di daerah Kartasura, jika kalian dari Jogja masu ke Solo pasti melewati Kartasura dan di kiri jalan sudah ada Soto yang sangat legendaris ini.

Warung ini menawarkan menu spesial yaitu soto spesial daging sapi, tetapi bagi anda yang tidak suka dengan soto sapi disini juga menyediakan soto ayam untuk dipesan. Selain Soto terdapat beberapa menu pelengkap seperti perkedel, tempe dan tahu goreng, sate, kerupuk serta mentho atau sebagian mengatakan namanya jipeng. Untuk minuman yang disediakan terdapat teh panas, es teh manis, jeruk hangat, es jeruk serta beberapa minuman lain.


Menyantap Soto yang segar begitu nikmat sembari menikmati alunan lagu tradisional yang disuguhkan oleh 5 orang musisi jalanan yang memang menetap disana untuk menghibur setiap pengunjung yang datang ke warung ini. Tak seperti pengamen jalanan yang kerap menganggu bahkan sebagian ada yang memaksa di tempat ini mereka sangat sopan. Biasanya mereka memainkan alat musik sederhana dan membawakan lagu-lagu Jawa, sangat nikmat dan syahdu dipadukan menu yang nikmat.

Ada makanan yang unik disebut "Mentho" Sebuah makanan berbahan dasar singkong dan kacang tanah ini juga merupakan makanan penuh kenangan. Di warung-warung atau pasar-pasar tradisional Jawa akan mudah menjumpainya. Setelah singkong diparut halus dan dicampur bahan lain kemudian diberi tambahan kacang utuh kemudian digoreng dengan bentuk dan ukuran sesuai genggaman tangan.

Selain "Mentho" ada snack lain yang lebih tradisional lagi dan jadul. Kacang tanah goreng yang hanya berbumbu garam merupakan salah satu makanan rakyat di tanah Jawa sejak dahulu kala. Pada awalnya tak sengaja melihat bungkusan koran yang berbentuk segitiga berukuran kecil setelah dibuka berisi kacang tanah yang di goreng, bukan sangrai ya.


Konon katanya, masih banyak tokoh-tokoh masyarakat dan selebriti yang pernah menikmati soto ini yang terpampang jelas dalam sebuah foto yang dipajang di dinding di bagian atas warung. Dan ratusan orang yang lalu lalang mampir ke tempat ini rasanya sebagai bukti bahwa lidah banyak orang tak salah memilih bahwa soto ledokan memang begitu segar dan lezat untuk dinikmati.

Kenapa disebut soto Ledokan? Sebenarnya karena soto ini terletak menurun lebih bawah daripada jalan yang diatasnya yang biasa disebut orang jawa "Ledokan" tanah yang cekung ke bawah dan warung ini harus menuruni anak tangga. Warung soto yang terletak di Jl. Ahmad Yani No.3, Kartosuro ini terletak di jalur Solo-Jogja, sangat mudah ditemui

Soto Ledokan Kartasura
Alamat : Jl. Ahmad Yani No.3, Kartosuro ini terletak di jalur Solo-Jogja
Telp : (0271) 781084
Buka : 06.00 - selesai

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Soto Ledokan Kartasura"

Post a Comment