Kulinerwisata

Warung Handayani Special Brongkos Yogyakarta


Menu Makanan Brongkos merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang tepatnya berasal dari daerah Demak. Brongkos biasanya terdiri dari Santan, Tahu, Kacang merah, serai, jahe, lengkuas, dan daun salam. Untuk penyajiannya biasanya brongkos bisa dipadukan dengan daging, telur utuh maupun tempe tahu. Brongkos kini tersebah dibanyak kota salah satunya di Jogja, di Jogja ada warung brongkos yang sangat terkenal yaitu Warung Brongkos Handayani.

Menurut Wikipedia Nasi Brongkos adalah masakan khas dari Kabupaten Demak. Nasi Brongkos adalah masakan yang menjadi santapan pagi alias untuk sarapan. Bahan membuat nasi brongkos adalah buah kentang, buncis, kacang merah, santan, serai, jahe, lengkuas, daun salam, minyak goreng, Garam. Sedangkan bumbunya terbuat dari nangka muda, bawang putih, bawang merah, asam jawa, gula. Cara pembuatannya pertama goreng tahu setengah matang, angkat tiriskan. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan serai, jahe, lengkuas dan daun salam, aduk. Tuang santan, tambahkan kentang dan masak hingga empuk. Masukkan tahu goreng, aduk rata, angkat. Siapkan piring, alasi daun pisang. Beri nasi putih dan siram dengan campuran sayur. Sajikan panas.

Nasi brongkos di Warung Handayani ini adalah salah satu yang enak di Jogja. Bagi yang belum pernah mencicipi makanan ini sekilas mirip dengan nasi rawon khas Jawa Timur cuma bersantan sehingga teksturnya kental dan warnanya kecoklatan. Resep untuk membuat brongkos juga menggunakan resep pada umumnya, yaitu kluwak yang menciptakan warna hitam kecoklatan, bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri, cabe, daun salam, lengkuas, sereh dan daun jeruk. Brongkos pada umumnya berisi kulit melinjo dan potongan daging, tapi brongkos di Warung Handayani kulit melinjo tidak dipakai dan daging sapinya diganti dengan potongan tahu yang melimpah. Kulit melinjo dihilangkan karena banyak pelanggan yang request seperti itu, supaya tidak kena asam urat. Tapi kita masih bisa juga memesan brongkos koyor yang isinya dipenuhi daging sapi dan koyor/gajih sapi. Supaya lebih nikmat kita bisa menambahkan telur asin dan emping sebagai pelengkap.
Brongkos Empal

Warung Handayani buka setiap hari jam 7 pagi sampai jam 5 sore ini sudah lama berdiri sejak tahun 1975. Sang pendiri Bapak Adiyo Oetomo dan Ibu Sartiyem ini memberi nama Handayani sebagai nama warungnya diambil dari nama dari anaknya yang paling bungsu.


Dari segi rasa sego brongkos ini enak banget. Kombinasi rasa gurih dan manis tercampur apik banget di lidah, belum lagi ditambah kriuk nya tempe goreng menjadikan sarapan pagi kali ini terasa mantap sekali.Selain sego brongkos di Warung Handayani ini juga tersedia menu soto ayam dan sego pecel. Salah satu kuliner sego brongkos yang wajib teman-teman cobain kalo sedang berkunjung ke Jogjakarta.

Warung Brongkos Handayani terletak di Jl. Gading (tepatnya di selatan Alun-Alun Selatan Yogya, mengarah ke Plengkung Gading), Harga seporsi brongkos mulai dari Rp 7.500 sangat murah dan pastinya tidak perlu diragukan lagi rasanya.

Warung Brongkos Handayani
Alamat : Jl. Gading (tepatnya di selatan Alun-Alun Selatan Yogya, mengarah ke Plengkung Gading)
Buka : 07.00

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Warung Handayani Special Brongkos Yogyakarta"

Post a Comment