Kulinerwisata

Menikmati Seafood di Pantai Depok Yogyakarta

Pantai Depok kini menjadi salah satu tujuan wisata yang banyak di kunjungi orang, tak dapat dipungkiri ketika musim liburan tiba Pantai Depok dipenuhi wisatawan. Wisatawan yang berkunjung biasanya rombongan mau pun personal, ada yang bersama teman-teman, rombongan kantor, keluarga maupun pasangan. Pantai Depok memiliki pesona pantai yang lain dari pantai di Jogja, dikarenakan Pantai Depok merupakan Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Di Pantai Depok tersedia pasar ikan yang dapat dikunjungi oleh siapa saja.

Pantai Depok terletak di selatan kota jogja, tepatnya sebelah barat Pantai Parangtritis. Pantai Depok dari arah Jogja melewati Jalan Parangtritis keselatan mentok sampai bertemu TPR (Tempat Pembayaran Retribusi) Pantai Parangtritis belok kanan lalu ikuti jalan dan sampai di Pantai Depok. 

Sore ini saya pergi bersama dua teman ke Pantai Depok, awalnya teman-teman ingin ke Pantai Parangtritis untuk melihat sunset. Tapi saya sendiri lagi pengen banget makan kepiting, jadilah saya mencoba mengajak mereka untuk ke Pnatai Depok menikmati Seafood bersama sambil menikmati sunset di Pantai Depok.

Perjalanan saya dijemput oleh teman-teman menggunakan mobil dan langsung ke Pantai Depok, sebelum sampai pantai sempat ada moment cegatan dan mobil kami kena juga karena semua surat STNK dan SIM A lengkap jadi tidak ada masalah hanya waktu tempuh kami menjadi agak lama.

Sampai di pantai kami langsung menuju Pasar Ikan di Pantai Depok, tepatnya di sebelat utara parkir mobil Pantai Depok atau belakang Masjid. Sampai di pasar mungkin karena sudah sore hanya tinggal 4 pedagang saja yang berjualan. Sebelum masuk pasar sudah banyak berjejer ibu-ibu yang menawarkan jasa memasak ikan, tetapi kami menolaknya halus dengan alasan tidak dimasak.hehehe Setelah memilih akhirnya kami membeli Kepiting 1kg, udang 1/2kg dan cumi 1/2kg. Masing-masing harganya Kepiting 100.000, udang 20.000 dan cumi 25.000

Sunset di Pantai Depok
Setelah membeli ikan saya dan teman-temanberjalan ke pinggir pantai sambil membawa belanjaan kami sambil mencari warung mana yang akan memasakkan. Terpilihlah 1 warung tepat di pinggir pantai, kami memesan olahan untuk masing-masing iklan kami. Kepiting saus tiram, udang (sate dan saus tiram) lalu cumi (goreng dan cabe hijau). Selain memesan makanan kami juga memesan aneka minuman dari jeruk panass, es teh dan kelapa muda. Keoala muda selain segar tapi juga dapat menjadi penawar racun seandainya kami alergi seafood.

Tidak berapa lama kami menunggu hidangan pun datang, wuahhh saat yang ditunggu banget karena sudah kelaparan. Kami mengambil nasi sedikil lalu sibuk menikmati satu persatu hidangan kami. Menu makanan kami disajikan dengan mangkuk plastik dan untuk nasi mengginakan tempat nasi dari alumunium, meski dengan wadah yang murah dan sederhana tidak membuat kami hilang semangat, malah dengan datangnya hidangan makin membuat kami semangat menikmatinya. Saat kami menikmati tak terasa matahari pun mulai tenggelam, menikmati makanan dengan suasanyan pantai dan sunset membuat kami senang dan fresh. Indah Indonesiaku dengan kekayaan alam yang melimpah dan pantai yang indah, membuat kami menikmati hidangan semakin lahap.

Hasil olahan Seafood

Untuk memasak ternyata di kawasan Pantai depok memiliki pengurus dan sudah ditetapkan bahwa memasak dikenakan biaya 1kg Rp 12.500 tetapi tidak menutup kemungkinan naik sewaktu-waktu dengan kesepatakan bersama paguyuban. Tapi buat yang mau datang bersama saudara hati-hati dengan nasi dan minumannya karena kemarin saya makan nasi hanya sedikit tetap dihitung 1 ceting harga Rp 25.000 cukup mahal untuk nasi 1 ceting. Untuk minuman memang dibandrol agak mahal namun masih dapat ditolelir untuk harga di area tempat wisata.

Kepiting Saus Tiram

Malam menjelang, tak terasa tamu-tamu di warung lain sudah banyak yang pulang dan waring mulai tutup. Saya dan teman-teman menjadi pengunjung terakhir di warung itu dan akan segera di tutup. Untuk hari biasa warung buka pukuk 09.00-18.30 untuk Weekend dan Hari Libur buka pukul 07.00-19.00 waktu yang longgar untuk berlibur bersama keluarga.

Saya dan teman-teman menikmati Seafood di Pantai Depok

Pantai Depok Yogyakarta - Tempat pelelangan Ikan
Alamat : Desa Parangtriris, Kretek, Bantul
Retribusi : Motor Rp 5.000 dan Mobil Rp 15.000 (belum termasuk parkir)

Subscribe to receive free email updates:

14 Responses to "Menikmati Seafood di Pantai Depok Yogyakarta"

  1. Dah lama ga makan seafood di tempat ini. Besoklah kalau libur ajak bintang kesini. Tapi dia sukanya cuma lele. hiks.

    ReplyDelete
  2. Aq juga seneng ke depok, dulu pertama2 beli mentab trs dimasakin, trnyata langsung pesen di warung lebih murah,hehe.. Aq langganan di Bintang Laut mak, rasanya lmyn n murah

    ReplyDelete
  3. Dulu masak di sini murah ya, tapi sekarang juga masih murah lah, cuma minumannya aja yang agak mihil :D

    ReplyDelete
  4. boohhh mantap seafoodnya, apalagi disuguhi sunset...
    ajipp sangat heee

    ReplyDelete
    Replies
    1. sambil sama pasangan makin istimewaaaaa

      Delete
  5. ahh jadi pengeeen..suasananya enaak yaaa

    ReplyDelete
  6. Di pantai depok... Waring seafood nya mulai buka jam brpaa yak??

    ReplyDelete
  7. numpang tanya..
    jadi lebih murah beli ikan lalu di masakin atau beli langsung di warung mba?
    kalau warung ada yg recomended?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama aja sich beli langsung apa di warung. Cuma aku sering beli mentah trus mereka masak karena lebih puas milih nya.hhehe

      Delete