Kulinerwisata

Sop dan Soto Khas Jakarta Pak Edy


Saya mendapat rekomendasi untuk mencoba nikmatnya sop jakarta di daerah Jalan Gejayan Yogyakarta. Sop Jakarta merupakan olahan sop biasa dengan beberapa tambahan bahan olahan sehingga menghasilkan rasa yang nikmat lain dari biasanya.

Siang terik kali ini saya bersama empat orang teman ingin menikmati makan siang bersama usai meeting, karena kami dari daerah utara jogja tepatnya Jalan kaliurang kami sempat berpikir akan makan dimana dengan aneka tempat makan pilihan. Setelah berunding dan kebingungan akhirnya kami memilih untuk mencoba kudapan baru yang saya belum pernah yaitu Sop Jakarta di Jalan Gejayan.

Sop Jakarta
Perjalanan kami dari jalan kaliurang cukup dekat ke Jalan Gejayan atau Jalan Affandi hanya lurus saja. Warung Sop dan Soto Khas Jakarta Pak Edy ini dijual dengan gaya jualan kaki lima, ternyata sebelum berupa warung makan dengan bentuk permanen dulu warung Pak Edy berjualan dengan kaki lima.


Warung Pak Edy memiliki menu khas dan handal yaitu Sop dan Soto Jakarta. Sop dan Soto Jakarta memang khas dengan kuah yang sedikit bersantan dan rempah yang terasa, untuk campurannya kita boleh memilih ingin, daging, ati, babat, maupun campur sesuai selera pembeli. Untuk harga setiap menu ini tertu berbeda-beda, disesuaikan dengan isinya.

Siang yang terik saya ingin menikmani menu handalnya yaitu sop jakarta, dengan kuah yang istimewa disajikan masih hangat. Kami berempat kebetulan memilih menu yang sama yaitu Sop Campur, karena saya pertama kesini jadi saya tidak tau apa itu sop campur saya ikut saja dengan teman-teman. Sop Campur disajikan dengan mangkok berisi nasi, daging, ati, ampela, babat dengan kuah yang panas. Haduuhhh karena tidak suka babat jadilah babat langsung saya serahkan kepada teman-teman yang lain.

Suasana Warung Pak Edy

Sebelum menikmati saya mencoba kuahnya terlebih dahulu memastikan kurang asin atau tidak, karena kuah saya rasa cukup jadi saya hanya menambahkan sedikit kecap sebagai penambah rasa manis (bagi yang suka dengan jeruk juga diseriakan). Setelah diberi kecap saya mulai menikmati Sop jakarta ini kuah yang tidak terlalu kental dengan paduan rasa yang nikma dan penyajian kuah yang panas membuat saya merasa nikmat sekali. Tak terasa sop saya sudah habis dalam sekejap karena saya merasa sangat nikmat sekali. Bagi teman-teman yang memiliki porsi makan besar, bisa memesan nasi tambahan atau pesan 1 porsi lagi. hehehe

Sop dan Soto Khas Jakarta Pak Edy
Alamat : Jalan Affandi Yogyakarta (Utara Circle-k)
Buka : 11.00-24.00

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Sop dan Soto Khas Jakarta Pak Edy"

  1. pak Edy rohmat memang asli betawi yang sudah bertahun-tahun menjadi pengusaha Sop dan Soto Khas Jakarta, kebetulan tetangga kampung saya di Sumedang

    ReplyDelete
  2. Pernah lihat tayangan Soto Pak Edi di televisi. Banyak yang suka katanya.

    ReplyDelete
  3. Kuahnya keruh ya, pasti kaya kaldu? Ini rasanya manis ngga? Apa masih mengikuti rasa Jakarta, kalo jogja kan biasanya manis banget

    ReplyDelete
  4. saya tahu tempat ini tapi hanya lewat aja kapaan2 cobain deh. thanks for the review ;)

    ReplyDelete