Kulinerwisata

Bakmi Bintaran Kulon (Babinlon)

www.kulinerwisata.com. Bakmi Jawa makanan sangat mudah kita temui di Jogja yang memang banyak tersebar di seluruh kota Jogja. Meskipun makanan ini jamak untuk sekitaran kota Jogja namun tidak semua warung bakmi jawa sensasinya nikmatnya sama. Diringi sayup musik kroncong yang terdengar dari warung sebelah menambah nikmatnya bakmi godok special ala Babinlon. bakmi godok spesial ala Babinlon memang tidak jauh berbeda hanya saja menikmatinya rasanya seperti menikmati bakmi khas kraton yang sering disuguhkan pada acara-acara besar kraton  Yogyakarta. 

Kekhasan bakmi Jawa hampir semua sama, dimasak dengan mengunakan arang kayu, bumbu bakmi yang kaya rasa kemiri, dan rempah jawa menjadikan sensasi makan bakmi jawa tak terlupakan. Untuk bakmi bintaran kulon sensasi rasa hadir dengan berbagai macam seperti paduan telur yang punya dua pilihan telur bebek ataupun telur ayam, Bakmi Godok Spesial dengan Pilihan berbagai macam tambahan pelengkap seperti jeroan, paha, uritan (bakal telur) ataupun kepala dan sayap. Ayamnyapun hayak khus ayam kampung yang dipilih dengan ukuran umur yang tetap sehingga menambah sensasi rasa yang tak terlupakan. Dan dimasak dengan mengunakan api arang kayu asam yang menimbulkan aroma yang khas menggugah selera makan kita. Penyajian dengan mengunakan piring keramik model lawas  menjadikan sensasi makan seperti di jaman dahulu.

Bagi mereka yang ingin mencicipi bakmi jawa tersedia dengan berbagai macam pilihan seperti bakmi godok dari yang biasa sampai spesial, bakmi goreng dari yang biasa hingga yang special, tak kalah menariknya nasi goreng magelangan dengan sensasi rasa yang tak kalah juaranya Nasi Goreng Magelangan adalah yang paling juara di menu makanan warung bakmi jawa Babinlon. Tak beleh ketinggal meski peminatnya juga tidak terlalu banyak sego godok Babinlon yang rasanya tak kalah juara. Sekedar mengurai sedikit nasi goreng magelangan ini merupakan menu nasi goring yang diberi campuran mi dengan bumbu bakmi goreng yang pas racikanya sehingga menikmati nasi goreng jenis ini serasa kita dijamu makan malam oleh raja-raja mataram. Selain itu menu sego godog juga sedikit harus diurai, sego godok adalah paduan bakmi godok yang diberi tambahan nasi dengan tampilan bakmi yemek (bakmi godog setengah kering ). Munurut pengakuan pemilik warung ini Bapak Fran Suharyo, bakmi ini memang warsian turun temurun dari leluhur keluarga mereka. Pada masanya memang sesepuh keluarga bapak Fran Suharyo ini sering diundang ke kraton hanya untuk memasak bakmi Jawa sesuai pesanan raja-raja mataram kala itu.

Tak kalah serunya menu minumanya yang sensasi rasaya juara banget . wedang bajigur, wedang bajigur ini adalah minuman yang khas sejak warung ini buka. Wedang bajigur dalah minuman berbahan santan dengan rasa jahe serta diberi isian kolang-kaling, potongan roti tawar dan potongan kelapa muda yang diiris dadu. Rasanya tentu luar biasa saya sendiri sampai tak ingin berhenti menikmatinya. Selain wedang bajigur ada satu lagi disebut “Wedang Sego”  wedang sego adalah istilah dari wedang tape ketan yang memang didaerah lain tampaknya hampir tidak ada. Sensasi manis asem dan aroma seperti alkohol (hasil fermentasi beras ketan dengan ragi tape menghasilkan aroma alkohol meskipun tape ketan yang di buat wedang tidak mengandung alcohol). Cita rasa jawa berpada dengan suasana romantis menjadikan menikmati bakmi jawa khas Babinlon menjadi tak terlupakan. Warung yang terletak di jalan bintaran kulon No. 1  Yogyakarta persis di sebelah selatan Toko superindo jalan Sultan Agung tak terlupakan.

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Bakmi Bintaran Kulon (Babinlon)"