Kulinerwisata

Hutan Pinus Imogiri


Jogja memiliki tempat liburan baru dan menyenangkan, yaitu Hutan Pinus Imogiri. Hutan Pinus ini menjadi salah satu area liburan yang sangat menyenangkan saat ini di Jogja karena tempatnya yang teduh, tidak jauh dengan Kota dan bisa merasakan sensasi makan di tengan tangan yang rindang. Hutan yang rimbun akan pepohonan, namun berbeda dengan hutan yang satu ini. Tanaman yang tumbuh dan sengaja di tanam di hutan ini merupakan tanaman jenis pinus. Tak heran jika batangnya yang menjulang memberikan pemandangan yang menakjubkan. Tiupan angin yang menggerakkan daun serta ranting pohon memberikan suasana yang nyaman oleh suara khas gesekan pepohonan, terlebih udara yang sejuk menambah nikmatnya suasana.


Terletak di desa Mangunan, kecamatan Dlingo, kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogjakarta. dekat dengan wisata kebun buah mangunan imogiri. Dari jogja kalau kita melewati ring road selatan dari arah gamping  kita mengikuti petunjuk jalan menuju ke arah Parangtritis, menuju ke kecamatan Dlingo. Kita cari papan petunjuk jalan kebun buah mangunan untuk kita jadikan patokan yang mudah ke hutan pinus. Kalau sudah menemukan papan tulisan kebun buah imogiri kita tetap lurus mengikuti jalan yang beraspal halus, tetapi kita harus pelan pelan dan cermat karena tidak ada petunjuk tulisan untuk mengarah ke hutan pinus ini. Dari kebun buah mangunan hanya lurus lagi sekitar 1 km mengikuti jalan aspal lalu di pertigaan kita masih lurus lagi. Kalau jalan yang kita ambil benar kita akan menemukan jalan yang menanjak dan dikanan kiri banyak pohon pinus.

Suasana hutan pinus yang selalu disebut-sebut seperti hutan di Forks atau kota-kota kecil lain di Evergreen State dalam film Hollywood menjadi daya tarik tersendiri bagi para pencinta fotografi dan penggila selfie. Hingga tak heran hutan pinus ini sering didatangi untuk keperluan fotografi termasuk pre-wedding. Selain view deretan pohon pinus yang mempercantik background foto, ada filosofi menarik tentang pohon pinus sebagai lambang cinta orang Korea. Menurut mereka, pohon pinus yang berbatang tegak lurus adalah simbol cinta yang lurus dan tidak bercabang-cabang. Sedangkan daun pinus yang selalu hijau diibaratkan sebagai cinta yang tak pernah berakhir, Everlasting love


Di hutan Pinus Imogiri ini terkenal keindahannya dan keunikannya sehingga tidak jarang hutan pinus ini dijadikan tempat untuk foto hunting suatu brand, sampai pernah dipakai untuk syuting film layar lebar atau FTV oleh beberapa stasiun TV nasional. Di hutan pinus ini kegiatan yang bisa kita lakukan selain berfoto ria kita juga bisa mendirikan tenda untuk bercamping bersama keluarga pasangan maupun teman. Hutan pinus imogiri ini akan terlihat sangat memukau apabila kita berkunjung pada pagi hari. Kita bisa merasakan hawa segar hutan yang masih tertutup kabut tetapi di sela-sela pohon terpancar sinar matahari yang menembus sampai ke dasar tanah. Keindahanhutan pinus Imogiri juga tidak disia-siakan oleh warga sekitar maupun anak-anak muda yang mengetahui keberadaan hutan lindung ini. Lokasi ini kerapkali digunakan sebagai tempat foto-foto, pemotretan pre wedding maupun para fotografer mengasah kemampuannya. Nuansa ala film Twilight bisa kita temukan di sini.


Hutan Pinus juga sering digunakan untuk para penggila olahraga sepeda untuk digunakan sebagai trayek perjalanan mereka, perjalanan yang naik turu berbukit membuat sensasi tersendiri. Meski jalan naik dan sulit bagi saya yang jarang bersepeda seperti saya (hehehe), tapi sepertinya bagi penggemar sepeda sangat menantang dan menyenangkan apalagi bisa sambil menikmati keindahan alam Ciptaan Tuhan. 

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Hutan Pinus Imogiri"

  1. Belum pernah kesini :( Btw klo scroll down atau klok utk komen kok bbrp kali di redirect ya?

    ReplyDelete
  2. Nice blog perhatikan pemulihan diksi

    ReplyDelete
  3. Seru nih, musti kesana. Bintang pasti suka...

    ReplyDelete