Kulinerwisata

Soto Mekar Jaya Cupuwatu Kalasan


Soto Mekar Jaya dulu sewaktu saya kecil kira-kira usia TK, saya sering makan disana bersama Bapak dan Mama. Saat ini saya sudah jarang menikmati Soto Mekar Jaya bahkan bisa dikatakan tidak pernah karena rumah kami sudah jauh, sehingga membuat saya tidak pernah menikmati nikmatnya soto disana.

Soto Ayam Kampung
Bagi yang ingin menikmati kelezatan soto ini dari arah barat bisa mulai dari ayam goreng Suharti di Babarsari. Dari pertigaan lurus terus ke timur sampai kira-kira 8 km. Waktu tempuhnya sekitar 5 - 10 menit. Setelah menemukan percetakan surat kabar Kedaulatan Rakyat di sebelah selatan ( kanan ) jalan, kurangi kecepatan kendaraan Anda. Setelah dua kali putar balik, Anda akan melihat warung soto Mekar Jaya di sebelah kiri (utara). Warung ini di jalan menikung sebelum Cupuwatu Resto. 

Tahu, Tempe, Bakwan
Saya sangat senang menikmati kuliner disini dan yang membuat saya ketaguhan salah satunya  tempe gorengnya yang tipis, cocok untuk menemani makan soto. Selain itu ada juga sate telur, sate usus, sate hati ayam ampela dan tahu goreng yang renyah. Soto disini memakai mangkuk kecil, bagi orang berporsi besar mungkin harus pesan 2 mangkuk soto atau lebih jika makan di sini.

Mekar Jaya termasuk salah satu yang tampil beda di antara pedagang Soto "Pasar". Saya menyebut Soto Pasar karena di Jogja dan Jawa Tengah ini hampir di setiap pasar tradisional dijumpai pedagang Soto Ayam keliling. Saya sendiri sudah tidak ingat sejak kapan Soto Mekar Jaya ini berhenti muter dari desa ke desa dan di pasar tradisional menggunakan gerobak dan memilih memulai dengan usaha yang lebih inovatif. Dari warung yang kecil awalnya, kini Mekar Jaya yang Anda jumpai menjadi soto pasar yang besar, tempat bersih, nyaman, dikunjungi pembeli dengan mobil mewah, pun tetap asri di pinggir persawahan.

Bergedel dan Telur Asin
Menu utama di warung makan ini sudah pasti Soto dan disini hanya tersedia soto ayam, tapi ada menu ayam goreng bacem juga. Jadi ada pilihan bagi yang sedang ingin menikmati makanan olahan selain soto. Warung Soto Mekar Jaya menyediakan tempat yang luas dan parkir yang nyaman sehingga saat ramai pun jangan khawatir pasti mendapatkan kursi.

Sesaat setelah memesan soto saya ngobrol sebentar, wah ternyata pelayanan menyenangkan soto pun segera datang tanpa lama-lama. Saat menikmati pertama saya membiasakan diri untuk menikmati kuahnya terlebih dahulu sudah pas atau kurang asin, saya termasuk yang tidak suka soto di campur-campur jadilah saya hanya makan soto murni dengan kuah karena merasa tidak cocok dengan lidahnya. Soro Mekar Jaya terkesan segar dan enak, bumbu rempah-rempah yang dihasilkan pun enak sangat pas dan menambah kenikmatan saat kita menikmatinya. Seperti saya ungkapkan diatas tersedia banyak lauk tambahan dan saya memilih untuk menambah lauk tempe dan sate puyuh

Sate Puyuh, Sate usus, Sate Kulit

Porsi yang disediakan memang tidak terlalu besar, sehingga pas untuk saya yang memang tidak suka dengan porsi makanan besar. Saya lalu menikmati soto dengan lahap, tak hanya saya keponakan saya juga sangat gemar menikmati soto disini sampai dia menikmati dengan tambahan lauk yang lumayan banyak

Soto Mekar Jaya
Alamat : Jalan Yogyakarta-Solo, Kec. Depok, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571
Buka : 09.00-21.00

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Soto Mekar Jaya Cupuwatu Kalasan"

  1. Tempe krompoyongnya emang menggoda banget. Apalagi itu sate usus, sukaa bangeeet.
    Btw, kamu pasti pesannya 2 porsi yo, Mbak? Wkwkwk

    ReplyDelete
  2. solo ama jogja emg bnyk bgt soto ya...tiap mudik k solo aku jg selalu sarapannya soto, seger bgt.. apalagi kalo masih pagi, soto bening begitu paling nikmat ya mba.. ga bikin begah..Soto di jogja jg ga jauh beda tuh.. aku paling suka pake sate puyuh :D.. trs kasih jeruk nipis yg bnyk ama sambel... wuah asem seger deh ;)

    ReplyDelete
  3. Wah, kapan2 kalo wisata kuliner ajak2 ya? Terus aku ditraktir. Haha.

    ReplyDelete
  4. Soto legendaris biasanya enak.

    ReplyDelete