Kulinerwisata

PGN Anti Korupsi - Keadaan Perusahaan Gas Negara Saat Ini

PGN Anti Korupsi - Seperti kita ketahui bersama bahwa belum lama ini di Indonesia telah dibentuk suatu badan usaha yang akan mengelola dan mendistribusikan gas bumi kepada seluruh lapisan masyarakat di Indonesia. Namun tidak menggunakan cara yang biasa yaitu menggunakan tabung gas, melainkan dengan menggunakan pipa-pipa sambungan yang akan dialiri gas bumi yang langsung siap dipakai. Sistem yang digunakan ini hampir sama dengan pendistribusian listrik oleh PLN dan juga pendistribusian air oleh PAM. Badan udaha yang mengelola dan mendistribusikan gas bumi ini bernama Perusahaan Gas Negara yang dipimpin oleh Hendi Prio Santoso selaku direktur utama dari Perusahaan Gas Negara. Sampai saat ini Perusahaan Gas Negara ini masih dalam pengembangan dan juga perluasan jaringan gas bumi.

Sampai saat ini Perusahaan Gas Negara ini sudah memiliki pelanggan yang cukup banyak, yang mana jumlahnya lebih dari seratus ribu jaringan gas bumi. Menurut Hendi Prio Santoso kebanyakan pelanggan yang dimiliki oleh PGN adalah rumah tangga, sehingga dalam perluasan jaringan dan perkembangannya akan mengarah pada sektor rumah tangga. Perluasan yang dilakukan PGN meliputi beberapa wilayah di Indonesia seperti Jawa, Sumatera, Kepulauan Riau, dan lain sebagainya. Selain perluasan juga PGN juga melakukan pengembangan seperti menggunakan clustering CNG, yang mana gas CNG ini sudah disalurkan di jaringan rumah tangga salah satunya di tambak aji Semarang.

Saat ini pun Perusahaan Gas Negara ini sedang ada kerja sama dengan pihak pemerintahaan dalam hal ini kementerian ESDM. Kementerian ESDM ini menugaskan PGN untuk mengelola jaringan gas bumi untuk empat puluh ribu lebih rumah tangga di sebelas kota di Indonesia. Menteri ESDM Sudirman Said secara resmi menugaskan pengelolaan jaringan gas bumi tersebut pada tanggal 19 Agustus 2015 yang lalu. Hendi Prio Santoso mengungkapkan bahwa PGN menyambut baik tugas pengelolaan jaringan gas bumi tersebut, dan dia pun menambahkan bahwa kerja sama antara kementerian ESDM dengan Perusahaan Gas Negara ini akan menjadi pendorong perluasan jaringan gas bumi rumah tangga di Indonesia.

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "PGN Anti Korupsi - Keadaan Perusahaan Gas Negara Saat Ini"