Kulinerwisata

Tips Persiapan sebelum Liburan

sumber google

Liburan atau melakukan perjalanan jauh merupakan hobby bagi banyak orang, perjalanan jauh bisa dilakukan sendiri maupun rombongan. Kini liburan ala backpacker juga banyak digermari apalagi oleh kaum muda, backpacker adalah liburan dengan budget minim. Liburan budget minim biasanya dengan menekan biaya perjalanan, menekan biaya makan, dll.

Saya memiliki tips sebelum kita melakukan perjalanan keluar kota maupun berwisata :

1. Tujuan perjalanan
Menentukan perjalanan yang jelas dan bila perlu sudah memilih tempat mana yang akan dituju. Biasanya perjalanan harus direncanakan dengan jelas agar kita dapat nyaman saat berlibur.

2. Menganggar dana perkiraan dana perjalanan
Dalam perjalana tentu tak lepas dari yang namanya dana atau biaya. Menentukan sarana yang ingin di jadikan saran transportasi dan perlu memikirkan baik buruknya saat menggunakan kendaraan, contoh :
  • Bila menggunakan kendaraan pribadi bagaimana jarak, lelah dan biaya
  • Apabila tidak menggunakan kendaraan sendiri atau menyewa bagaimana biaya
  • Berapa orang yang ikut berpengaruh dengan penghitungan
  • Total dana yang dibutuhkan secara keseluruhan


3. Informasi kepada Keluarga dan Tetangga
Ada baiknya bila sebelum melakukan perjalanan kita memberi tahu kepada keluarga terdekat, tetangga, temen dekat dan lain lain. Informasi ini sangat penting dengan harapan jika terjadi apa-apa dengan rumah kita dapat mengetahui lebih cepat, selain itu juga bisa memberitahu satpam atau penjaga perumahan. 

sumber google

4.  Persiapan bekal selama perjalanan
Perjalan yang jauh maupun yang tidak jauh bisa juga melelahkan, tentu kita tidak luput dari persiapan sebelumnya. Apa saja kira kira yang ingi di persi apkan sebelum melakukan perjalanan : Pakaian ganti, Alat untuk perlengkapan mandi, Handphone , Perlengkapan Doa, Air putih (AP) dan makanan ringan untuk persiapan selama di perjalanan. Selain itu yang tidak kalah penting yaitu Obat obatan dalam perjalan selain Obat P3K, tidak kalah peting obat untuk mencegah mabuk.

5. Persiapan perlengkapan data diri pribadi
Perlengkapan pribadi tentu saja sangat penting sebagai identitas seseorang jangan sampai ketinggalan. Kartu identitas yang penting yaitu : Kartu Tanda Pengenal(KTP), Passport, SIM dan lain lain. Atau mungkin bila memerlukan biaya tambahan ATM jangan ketinggal.

Saya memiliki tips tambahan, yaitu TIPS packing Tas :
  • Gulung pakaian jika tas kecil untuk menghemat ruang tas
  • Urutkan jadwal untuk pemakaian pakaian yang ingin digunakan, jadi tidak perlu bongkar
  • Pisahkan pakaian dari perlengkapan mandi, sandal, atau barang yang kotor. Mungkin ini bisa di bungkus dengan plastik atau semacamnya, agar baju tidak ikut kotor.
  • Hindari menyimpan barang yang berharga di satu tempat, bila ada orang jahat tidak mudah menemukan semuanya dalam satu tempat.

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Tips Persiapan sebelum Liburan"

  1. Tips packing tasnya oke. Aku sering banget jadikan satu. Bisa digunakan pas ke rumah saudara juga, bukan pas liburan aja. :D

    ReplyDelete
  2. Untuk "hindari menyimpan barang yang berharga di satu tempat," mungkin ada baiknya, uang tidak ditaruk di dompet semuaa yaa, Mbak:D

    ReplyDelete
  3. yeaaayyy yang terpenting ATM harus full, sinyal kuat dan pulsa gadget bisa menjangkau online.. hihihihihi

    ReplyDelete
  4. Tipsnya sangat keren , tapi kalau saya cuma persediaan Kuota Internet yang banyak .
    HIPNOTERAPI SOLO

    ReplyDelete