Kulinerwisata

Pusat Kerajinan Kulit Mading

Sejarah
Kerajinan kulit Manding pernah mengalami masa kejayaan pada tahun 1970an hingga 1980an. Walaupun tidak sejaya dulu, tetapi saat ini kerajinan kulit Manding masih menjadi sentra desa wisata kerajinan kulit di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Kawasan Manding memiliki sekitar 40 usaha kulit tradisional yang dikerjakan oleh ratusan warga sekitar. Kawasan Manding bisa disamakan dengan kawasan Cibaduyut yang berada di Bandung Jawa Barat.

Lokasi
Desa Wisata Kerajinan Kulit Manding berada di persimpangan Jl. Parangtritis km 11, atau tepatnya di  Jl. DR Wahidin Sudiro Husodo, Manding, Sabdodadi, Bantul, sekitar 15 km dari pusat kota Jogja ke arah selatan menuju Pantai Parangtritis. Akses menuju Manding mudah karena Jalan Parangtritis ini dilalui oleh banyak kendaraan umum seperti bis. Atau jika mengendarai kendaraan pribadi, maka perjalanan ke Manding akan lebih mudah.

Belanja Kerajinan Kulit di Manding
Kawasan Manding dihuni oleh deretan showroom yang jumlahnya ada sekitar 40. Showroom ini menjual aneka produk kerajinan kulit dengan memberdayakan warga setempat sebagai pekerjanya. Setiap showroom biasanya mempekerjakan sejumlah karyawan sehingga dapat melayani pembeli dengan maksimal. Showroom di kawasan Manding ini buka setiap hari mulai dari pagi hingga malam hari. Karena jarak antarshowroom yang berdekatan, maka Anda bisa mengunjungi semua showroom dengan hanya berjalan kaki.
Produk-produk kerajinan kulit yang dihasilkan oleh kawasan manding ini adalah seperti jaket, sepatu, sandal, tas, ikat pinggang, dompet, serta berbagai asesoris yang terbuat dari kulit seperti pigura dan gantungan kunci. Kebanyakan produk Manding berasal dari kulit sapi dan masih diproduksi secara rumahan. Untuk membeli barang, Anda bisa melakukan proses tawar-menawar karena barang yang dijual di Manding ini kebanyakan dapat ditawar lebih murah lagi.
Harganya yang murah jika dibandingkan dengan harga-harga produk serupa di mal atau pusat perbelanjaan, membuat kawasan Manding banyak diburu wisatawan yang ingin membeli produk kerajinan kulit. Keistimewaan produk kerajinan kulit Manding yang lainnya adalah kualitasnya yang bagus sehingga produknya bisa awet/ tahan lama. Pembeli pun bisa memesan produk sesuai dengan keinginan.

Kerajinan di Manding sangat banyak di gemari oleh masyarakat karena modelnya yang khas tempo dulu juga ada. Selain model yang disediakan pengunjung juga diperbolehkan untuk memesan sesuai keinginan pembeli. Bagi pengunjung jangan khawatir akan kwalitasnya, karena barang yang ada disini kwalitasnya sudah terjamin baik.

Toko disini buka mulai jam 09.00 sampai pukul 22.00 setiap harinya, bagi yang ingin berkunjung sebaiknya hari biasa agar dapat memilih model lebih nyaman. Jika weekend Manding banyak dikunjungi orang, sehingga mengurangi kenyamanan saat mengunjungi dan memilih


Peta Ke Desa Manding Bantul


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pusat Kerajinan Kulit Mading"

Post a Comment