Kulinerwisata

Rahasia Sederhana Dari Bumbu Rendang


Menu masakan memang menjadi salah satu prioritas dalam kebutuhan nutrisi di setiap hari. Tak cukup dengan rasa enak saja, melainkan juga harus mempertimbangkan akan adanya komposisi yang terkandung dari menu tersebut. Terlebih untuk menu lauk pauk yang memang sebaiknya diganti dari hari ke hari agar pemenuhan gizi semakin terlengkapi. Seperti halnya dengan menu masakan rendang daging sapi yang mana bumbu rendang memang cukup mudah untuk diracik dan nantinya menjadikan olahan daging tersebut lebih berbeda.

Setiap bahan makanan memang dapat diolah dengan beragam cara seperti salah satunya ialah daging sapi yang dapat diolah sebagai rendang. Menu lauk khas nusantara khususnya masakan khas Padang ini memang cocok untuk dijadikan sebagai lauk pauk yang mantap. Anda pun dapat mengolah daging sapi menjadi menu bernama rendang dengan beberapa resep dan deretan prosedurnya. Seperti halnya dengan pengolahan rendang secara sederhana yang melibatkan bahan-bahan pokok berikut ini:

  • Daging sapi yang segar dan sudah diiris kotak-kotak 500gram.
  • Santan kental 500ml.
  • Bawang merah 5 siung.
  • Bawang putih 3 siung.
  • Garam ½.
  • Serai 1 batang.
  • Daun salam 3 lembar.
  • Cabai merah besar.
  • Lengkuas 2 cm.
  • Kunyit 2 cm.
  • Abon secukupnya.


Bahan-bahan yang tak jauh berbeda untuk mengolah menu masakan yang lain ini akan menjadikan daging sapi segar menjadi rendang. Yang mana bumbu rendang tersebut memang harus digunakan sebelum memasak dan saat memasak, seperti berikut ini:

 Rendam daging sapi dengan bumbu bawang putih dan garam.
 Haluskan bumbu dari bawang putih, bawang merah dan garam.
 Iris tipis-tipis cabai merah.
 Tumis bumbu halus, irisan cabai, lengkuas dan kunyit.
 Tambahkan potongan daging sapi lalu diaduk hingga merata.
 Tuangkan santan semuanya, aduk lalu masukkan serai dan daun salam. Terus aduk hingga santan mengering.
 Setelah kering tambahkan abon dan diaduk hingga merata dan kini rendang siap untuk disajikan.

Proses pengolahan menu lauk pauk yang demikian ini cukuplah simple, bukan? Terlihat sederhana namun pada kenyataannya hasil olahan tersebut tak selalu berasa spesial. Bilamana Anda ingin menyajikan olahan rendang dengan rasa spesial dapat dimulai dengan menggunakan bumbu yang lengkap dan secukupnya. Dengan begitu bumbu-bumbu yang tengah diracik semakin pas untuk olahan daging sapi kotak-kotak agar menjadi rendang.

Terlebih akan adanya penggunaan bahan-bahan alami seperti santan yang bukan kemasan instan, batang serai, lengkuas, kunyit hingga daun salam akan mendukung citarasa yang ada. Bahkan menjadikan olahan tersebut beraroma sedap meski tak menggunakan penyedap rasa karena bumbu rendang yang digunakan itu telah memiliki komposisi itu. Tak hanya sekedar bumbu yang sehat, alami namun juga pas untuk menjadikan citarasa olahan rendang tersebut seperti rasa khas dari kotanya.

Subscribe to receive free email updates:

7 Responses to "Rahasia Sederhana Dari Bumbu Rendang"

  1. Aku biasanya kalau bikin rendang pake bumbu yang instan itu mbak. Sampai sekarang aku tetep aja susah masak rendang secara manual, *eh manual :D suka banget sama masakan yang satu ini. Kalau ke Yogja boleh dong ya aku minta masakin, *ngelunjak hahaha

    ReplyDelete
  2. Kalau masalah hidangan kuliner ane jago mah :D
    jago jadi tukang icip icip .Hehehehe

    ReplyDelete
  3. Nek aku nggak telaten ngenteni santane asat. Eh lagi reti nek nganggo abon..hehe

    ReplyDelete
  4. Aku gak bisa masak. Hahaha, padahal pingin nyobain

    ReplyDelete
  5. Lha baru tahu kalo bikin rendang pake abon thooo, kapan2 masak bareng yuk berbi, aku bantuin icip *kaboor

    ReplyDelete
  6. Kalau buat masakan rendang, tidak ada yang bisa mengalahkan masakan istriku. Rendang buatanya puualing enak bos,,, cap jempol.

    ReplyDelete