Kulinerwisata

Andai Aku Tim Nusantara Sehat dan Blogger

Team Nusantara Sehat Kecamatang Long Pahangai
Menjadi seorang Blogger tentu bukan impian setiap orang. Namun hal tersebut saat ini telah menjadi hal yang biasa bagi saya karena hampir setiap hari saya menjadi seorang blogger dan selalu menyibukkan diri dengan membuat tulisan untuk diposting dalam blog saya. Beberapa tema yang saya tuliskan dalam blog saya yaitu seputar tempat wisata, hotel maupun kuliner yang saya kunjungi sendiri maupun bersama orang lain. Melalui tulisan, saya serasa memiliki kebahagiaan tersendiri.

Menjadi manusia normal, saya sering berandai-andai jika saya bisa melakukan hal baik lainnya dan memiliki nilai lebih dari yang saya lakukan saat ini. Dari kecil saya selalu bercita-cita menjadi seorang dokter atau tenaga medis. Dalam hati kecil saya, menjadi seorang dokter atau tenaga medis itu sebuah pekerjaan yang mulia karena selain dapat membantu orang yang sedang mengalami kondisi yang kurang baik, saya juga dapat berbagi kebahagian dan cerita yang mungkin bisa membantu orang-orang yang sedang sakit. Selain itu menjadi tenaga medis pasti akan berhubungan dengan banyak orang yang memiliki latar belakang yang berbeda-beda dan pastinya unik. Entah mengapa saya dari dulu suka dengan keanekaragaman dan perbedaan. Mungkin oleh karena itu Tuhan menciptakan saya di tanah Indonesia yang penuh keanekaragaman.

Impian saya menjadi tenaga medis dan bisa mengabdikan diri kepada masyakarat luas semakin terbuka karena adanya program Tim Nusantara Sehat yang diadakan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Program yang berjalan sejak kurang lebih satu tahun lalu memang dibuat dengan tujuan agar kesehatan di seluruh pelosok tanah air merata. Nantinya Tim Nusantara Sehat yang terdiri dari beberapa tenaga kesehatan disebar hingga segala pelosok Indonesia.

Jumlah rakyat Indonesia per 1 Juli 2015 adalah 255,461,700 jiwa (peringkat ke-4 di dunia). Jumlah SDM  kesehatan pada tahun 2012 sebanyak 707.234 orang dan meningkat menjadi 877.088 orang pada tahun 2013. Dari seluruh tenaga kesehatan yang ada, sekitar 40% bekerja di Puskesmas. Pada tahun 2014, jumlah tenaga kesehatan yang terdiri atas dokter spesialis, dokter umum, dokter gigi, perawat, bidan, kefarmasian, dan lain-lainnya mencapai 891.897. Jumlah tersebut meningkat dari tahun sebelumnya, yakni sebesar 877.098. Memang dari tahun ke tahun, tenaga kesehatan selalu mengalami peningkatan. Tapi, itu masihlah angka yang kurang dibandingkan dengan jumlah rakyat Indonesia yang 250 juta jiwa lebih.

Tenaga medis tidak harus hanya di kota besar, tetapi bisa di pelosok desa di tanah air ini. Kebutuhan tenaga medis di Indonesia dikatakan cukup banyak karena masih banyak daerah terpencil yang belum begitu mengenal puskemas maupun rumah sakit. Malah beberapa daerah meyakini ke dukun atau orang pintar lebih ampuh dan mempunyai pengaruh besar untuk kesehatan daripada dokter. Hal ini yang menjadikan tantangan seorang dokter selain menyehatkan masyarakat juga bagaimana seorang dokter dapat menyadarkan masyarakat bahwa dokter itu dapat menyembuhkan.

Kini tak hanya dokter yang meminta untuk bertugas didaerah tetapi Pemerintah pun ikut melaksanakan program serupa. Kemenkes mengadakan kegiatan Nusantara Sehat yang bertujuan untuk menguatkan layanan kesehatan primer melalui peningkatan  akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar di daerah-daerah. Selain itu Nusantara Sehat yang bertujuan menjaga keberlangsungan pelayanan kesehatan, menggerakan pemberdayaan masyarakat dan dapat memberikan pelayanan kesehatan yang terintegrasi serta meningkatkan retensi tenaga kesehatan. Program Nusantara Sehat ini dimulai pada tahun 2014 dengan cara membuat team, di Tahun 2014 ada 4 team yang diletakkan di beberapa daerah di Indonesia. Pembuatan team melalui banyak seleksi dengan tujuan agar semua dapat bersinergi lebih baik demi team yang solid untuk Indonesia yang lebih baik.

Tim Nusantara Sehat saat merujuk pasien. Foto dok http://www.rintawulandari.com/

Meskipun saya bukan seorang tenaga medis dan hanyalah seorang blogger, jika saya diperbolehkan untuk menjadi anggota tim Nusantara Sehat maka saya memiliki impian dan beberapa ide untuk membantu pekerjaan tim Nusantara Sehat. Saya yang memiliki tugas utama menjadi tenaga medis juga bisa membantu tim Nusantara Sehat dengan menulis informasi yang saya terima mengenai kebijakan tentang tugas ataupun informasi baru yang harus di bagikan kepada masyakarat melalui berbagai media online seperti blog ataupun beberapa akun sosial media. Saya juga bisa membantu dalam mengupdate informasi yang ada di website Kementerian Kesehatan mengenai tim Nusantara Sehat sehingga masyarakat umum bisa melihat bahwa program pemerintah ini bukanlah program yang tidak jelas, hanya untuk penyerapan anggaran lainnya. Seperti yang diketahui, masyrakat terkadang masih memiliki banyak stigma negatif terhadap program pemerintah karena dianggap sebagai ajang korupsi.

Harapan dengan penyebaran informasi yang update secara berkala maka informasi mengenai kesehatan itu tersampaikan kepada masyarakat Indonesia. Dengan penyebaran informasi yang baik dan cepat maka kelak akan tercipta Indonesia yang lebih baik. Selain informasi mengenai bidang saya saat bertugas, saya juga dapat menuliskan banyak hal lain yang perlu dibagi :
1.  Adat Istiadat Masyarakat, mengulas lebih detail agar kebudayaan masyarakat dapat dikethui masyarakat luas. Semua adat memiliki nilai yang baik, harapan dibaginya informasi agar orang lain pun dapat mengetahuinya.
2.   Wisata, Menulis maupun mengulas tempat wisata yang ada di tempat saya bertugas. Mengulas lebih dalam agar potensi pariwisata di daerah pun ikut berkembang untuk kemajuan Pariwisata Indonesia.
3.  Kuliner, menulis kuliner khas daerah itu yang sangat istimewa. Tak hanya itu tapi semua kuliner khas daerah ditulis untuk meningkatkan potensi masyarakat untuk lebih baik


Potensi wilayah yang ada serta segala informasi akan saya sebarkan agar tak hanya masyarakat sekitar yang tau tapi semua masyarakat Indonesia bahkan wisatawan asing, agar perkembangan ekonomi Indonesia semakin baik. Sukses dan Jaya Indonesia dan semoga impian saya menjadi tim Nusantara Sehat akan tercapai nantinya.

Rinta Wulandari bersama Anak SD sebagai Tim Nusantara Sehat. Dok http://www.rintawulandari.com/

Subscribe to receive free email updates:

14 Responses to "Andai Aku Tim Nusantara Sehat dan Blogger"

  1. Impian yang mulia berb, semoga terlaksana yaaa

    ReplyDelete
  2. semoga terlaksana ya berbie..semangat2!

    ReplyDelete
  3. Mencoba hal lain ya ;) tapi nanti jika terpilih tetap bisa hunting lokasi wisata dan kulinernya juga ya
    menyelam sambil minum air, hehe! sambil menengok Tim Nusantara Sehat, sambil capture kuliner dan lokasi wisatanya ;)

    ReplyDelete
  4. semoga bisa terwujud yaaaa niat baiknya sayangku....

    ReplyDelete
  5. Semoga kesampaian, bisa terpilih menjadi anggota tim.
    Saya berminat tapi nggak bisa ninggalin anak lama-lama. ��

    ReplyDelete
  6. Mami, aku suka banget sama mimpimu ini. Lanjutkan!!! Semoga ya, Miiiiiii <3

    ReplyDelete
  7. Semoga terwujud cita-cita mulianya.. dan yang terpenting semoga menang, biar bisa ke Batam :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha amin mba dee, biar bisa ketemu mbak dee

      Delete