Kulinerwisata

Indahnya Wisata Gunung Bromo Jawa Timur

Kenapa Gunung Bromo menjadi ikon wilayah Jawa Timur? Gunung Bromo merupakan objek wisata yang sangat strategis. Gunung yang tingginya sekitar 2.392 meter di atas permukaan laut ini, terletak diantara empat kabupaten, diantaranya Kabupaten Lumajang, Pasuruan, Probolinggo, dan Malang. Karena itulah membuat ikon tersendiri sebagai milik bersamanya dari 4 daerah tersebut .

Kawasan Gunung Bromo terkenal akan Bromo Sunrise Tour yang sangat memukau. Pasalnya Gunung Bromo termasuk dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, sehingga banyak dijumpai para wisatawan, terutama para pendaki yang ingin menjadi saksi mata bahwa Gunung Bromo memang eksotis. Bagi anda yang juga ingin terlibat dari saksi mata seperti mereka, silahkan datang ke beberapa lokasi Gunung Bromo seperti berikut ini.

Indahnya Wisata Gunung Bromo Jawa Timur

1.Puncak Pananjakan
sumber google
Salah satu yang ditunggu-tunggu buat para wisatawan yakni ingi sampai di kawasan Puncak Pananjakan. Anda bisa memakai kendaraan berupa mobil jeep, atau jika anda pendaki tidak masalah dengan berjalan kaki, namun harus tetap berhati-hati. Setelah anda sampai tepat pagi hari saat matahari terbit kedua mata anda akan dikejutkan indahnya sinar surya yang muncul dari ufuk timur. Ditambah dengan hamparan pasir dan latar belakag Gunung Semeru, Gunung Batok serta Gunung Bromo sendiri.

2. Kawah Bromo
kawah bromo
Setelah anda menikmati sunrise kini saatnya melanjutkan perjalanan ke kaki Gunung Bromo. Biasanya hanya ditempuh selama 1 jam. Sesaat tiba di kaki Gunung Bromo anda harus berjalan kaki dengan menapaki anak tangga dengan jumlah sekitar 250. Selanjutnya anda akan disuguhkan dengan mata tak akan memenjam sebuah kawah dari Gunung Bromo lengkap dengan asam putih yang dikeluarkan. Hal tersebut sangat fenomena yang jarang sekali terlihat di Indonesia bahkan dunia. Seketika ingin mengambil foto sebaiknya anda harus berhati-hati, karena kawah tersebut sangatlah panas dan berbahaya.

3. Lautan Pasir Berbisik
sumber google
Tidak jauh dari tangga yang menuju arah Kawah Bromo anda akan menemukan sebuah lautan pasir berbisik. Penduduk sekitar lebih akrab menyebutnya dengan segara wedi. Anda dapat menyaksikan indahnya pasir berbisik tersebut, harus membutuhkan perjuangan dengan menyusuri jalanan yang berpasir atau menyewa kuda. Setelah sampai di tempat anda akan mendengarkan bunyi lirih selayaknya orang yang berbisik-bisik. Nah, karena itulah kawasan ini disebut Pasir Berbisik.

4. Bukit Teletubbies
sumber google
Bukit Teletubbies bisa anda temukan tidak jauh dari Gunung Bromo. Terdapat padang rumput serta perbukitan yang tepat berlokasi di selatan Gunung Bromo. Karena bentuknya yang seperti kubah raksasa, sehingga memiliki kesamaan dengan serial televisi anak berupa Teletubbies. Hanya karena itu yang menjadikan inspirasi nama tempat ini.

5. Kasodo Suku Tengger
sumber google
Beruntungnay jika anda dapat menyaksikan upacara adat yang sangat terkenal dengan sebutan Upacara Kasodo. Konon menurut warga setempat, upacara dilakukan untuk meminta panen berlimpah atau tolak bala serta kesembuhan dari macam penyakit. Cara yang mereka lakukan dengan memberikan sesaji ke kawah Gunung Bromo. Upacara ini merupakan bagian dari tradisi Suku Tengger.


Apakah anda mengaku seorang pendaki gunung dan pecinta alam? Maka tidak selayaknya jika disandang sebagai traveler sejati dengan belum menjejali kakinya di puncak Gunung Bromo. Selamat menikmati keindahan surga dunia atas kehendak Tuhan dari wisata Gunung Bromo, Jawa Timur! 

Subscribe to receive free email updates:

18 Responses to "Indahnya Wisata Gunung Bromo Jawa Timur"

  1. Wisata gunung Bromo memang sudah terkenal sejak dulu dan menjadi ikonik Jawa Timur ya, mbak Atta. Saya suka sekali bukit teletubbies, benar-benar mirip dengan yang di film anak-anak itu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hooh jadi inget film itu jaman aku SD kayaknya hehe bagus

      Delete
  2. Dari dulu pengen kesitu tp belom keturutan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku mbayangin bagus tapi kuat gak ya hihi

      Delete
    2. aku mbayangin bagus tapi kuat gak ya hihi

      Delete
    3. aku juga pengen, pasti bagus. Bayangin naiknya duh bisa gak ya hihi

      Delete
  3. Bromo masih indah ya, mbak. Saya ke sana sekitar 20 tahun yang lalu :)

    ReplyDelete
  4. Beruntung deh mba bisa kesana pas gunungnya gak bergejolak. Bisa puas menikmati ya

    ReplyDelete
  5. suatu saat ingin berkunjung kesana...

    ReplyDelete
  6. akuuu maauu ke siniii... ada info kontaknya tidak ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ada manda, kontak aku kalau mau kesana ajak2 hihi

      Delete