Kulinerwisata

Tempat Wisata Alam Di Ponorogo Yang Menyenangkan

Siapa yang tak mengenal tarian daerah bernama “Reog”. Iya itu dia, kesenian tersebut sudah terlahir di kabupaten Ponorogo sebagai ikonnya, atau lebih dikenal Reyog Ponorogo yang sudah hampir mendunia. Hal inilah yang berpotensi untuk wisata budaya bagi Ponorogo sendiri. Ada juga wisata alam ponorogo yang  tampak akan berbagai keindahan setiap suguhannya.

Kota yang dijuluki dengan Tanah Wengker memiliki jenis wisata alam yang berbeda-beda, mulai dari pegunungan, air terjun, telaga, hingga goa alam yang mampu menyerap para wisatawan untuk segera berdatangan. Untuk lebih mengenal Ponorogo lebih jauh,  bacalah postingan kali ini tentang tempat wisata alam yang menyenangkan di Ponorogo.

Tempat Wisata Alam Di Ponorogo Menyenangkan

1. Gunung Bayangkaki
sumber google
Gunung Bayangkaki, apakah yang terbesit dipikiran anda dengan nama gunung yang satu ini? Terdengar dari namanya memang cukup unik. Akan tetapi, dibalik keunikannya yang masih digandrungi mitos Gunung tersebut memiliki pesona alam dengan bebatuan besar yang menjulang tinggi. Konon salah satu mintos yang sampai sekarang masih dipercaya yakni adanya Puncak Gentong yang terbakar tanpa sebab, maka musim hujan akan segera datang. Jika anda mendaki ke Gunung Bayangkaki, anda akan menemukan empat puncak.

2. Air Terjun Juruk Klenteng
sumber google
Air terjun Juruk Klenteng yang memiliki ketinggian sekitar 45 meter mampu memberikan sendang air yang hijau atau disebut kedung yang berada pada ujung bawah air terjun tersebut. Konon kedung atau lubuk itu merupakan tembusan kea rah laut selatan. Mengapa dinamakan Air Terjun Juruk Klenteng? Iya, karena keberadaanya dihimpit oleh dua tebing pegunungan yang berbatu. Jika anda ingin menemui air terjun yang menyegarkan ini datang saja ke Desa Tumbuk, Kecamatan Sawoo.

3. Air Terjun Pletuk
sumber google
Jangan lewatkan kawasan air terjun yang disekitari oleh perbukitan yang berada di ketinggian luas serta sejumlah tanaman yang tumbuh di antaranya. Nah, air terjun tersebut adalah Air Terjun Pletuk atau Coban Temu yang berada di Dusun Kranggan, Desa Jurug, Kecamatan Sooko. Di situlah anda akan melihat air terjun setinggi 30 meter yang berada di daerah ketinggian 450 meter di atas permukaan laut.

4. Hutan Wisata Kucur
sumber google
Jika anda sering bermain-main ke mall saatnya untuk berjalan-jalan ke Hutan Wisata Kucur. Hutan wisata ini biasanya menjadi tempar persinggahan oleh kebanyakan orang yang sedang melakuakn perjalanan. Di sini terdapat sumber air atau  disebut kucur berada di tengah-tengah hutan jati yang berguna untuk tempat perkemahan dan merupakan bagian dari taman nasional. Berlokasi di Kecamatan Badegan  sekitar 20 km arah ke barat.

5. Gua Lowo
sumber google
Gua Lowo yang penghuninya adalah kelelawar, karena hidup bebas di dalam gua tetapi tidak mengganggu masyarakat sekitar.  Kondisi lingkungan sangatlah asri dan alami dengan dikelilingi berbagai pohon yang tumbuh subur serta bebatuan. Ketika anda masuk maka akan menemukan situs arkeologi yang merupakan nilai dari arkeologis sangat tinggi. Silahkan sambangi Gua Lowo yang letaknya hanya 20 Km dari pusat kota Ponorogo.

6. Telaga Ngebel
sumber google
Telaga Ngebel merupakan sebuah danau yang berlokasi di Kecamatan Ngebel, tepatnya di lereng Gunung Wilis. Telaga ini berada di ketinggian 734 meter di atas permukaan laut, sehingga suhunya lumayan dingin, yang berkisar antara 20-26 derajat Celcius. Akan tetapi, pemandangan yang ditawarkan sangat alami, kemungkinan anda akan betah berlama-lama di sini. Biasanya setiap 1 Muhharam masyarakat setempat akan mengadakan Larung Risalag Doa di Telaga Ngebel ini. 

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Tempat Wisata Alam Di Ponorogo Yang Menyenangkan"

  1. Menyebut Ponorogo selalu teringat dengan atraksi seni reog Ponorogonya.. Ternyata daerah ini juga menyimpan aset wisata alam juga ya.. yang tak kalah indah dengan tempat2 lain di nusantara..

    ReplyDelete
  2. Ya Allah, kapan ya bisa mengunjungi daerah-daerah itu, terutama Gua Lowo, penasaran, belum pernah ngerasain di dalam gua itu gmn :')

    ReplyDelete
  3. Neng ponorogo kok gak ajak- ajak to dik....:)

    ReplyDelete
  4. Untuk Guo lowo gambarnya milik kota Trenggalek, silahkan di edit

    ReplyDelete
  5. Maap min foto goa lowo itu goa lowo Trenggalek, mohon di koreksi

    ReplyDelete
  6. Min,yang nomer 5 tuh fotonya gua lowo di Trenggalek ya?

    ReplyDelete