Kulinerwisata

Cara dan Resep Membuat Brownies Kukus Coklat Keju

sumber google
Brownies merupakan salah satu makanan yang sangat di gemari di Indonesia. Tekstur rotinya yang empuk dan lembut ditambah coklat semakin menggugah selera siapa saja yang menikmatinya. Tak hanya itu sering juga ditambah anek toping dan berkembang dengan aneka rasa. Banyaknya penikmat roti brownies membuat banyak orang berpikir untuk usaha membuat roti ini. Pengusaha roti brownies kini berkembang pesat dengan menonjolkan ciri masing-masih pengusaha, pengusaha ini dari yang kecil hingga perusahaan besar. 



Pada awalnya, kue brownies kukus hanya memiliki pilihan rasa yang terbilang cukup terbatas yaitu coklat atau yang lebih dikenal dengan sebutan original. Namun seiring dengan makin berkembangnya pengetahuan tentang cara membuat brownies, bertambah pula ragam rasa yang ditawarkan. Saat ini tersedia brownies kukus rasa strawberry, green tea, dan coklat keju.

Pengusaha yang baru awal merintis usaha membuat roti brownies ini kadang harus mencoba aneka resep yang ada. Saya memiliki cara membuat brownies yang mudah dan simple. Kali ini saya akan membagikan resep cara membuat brownies coklat keju yang banyak digemari. Sebelum membahas tentang cara membuat brownies kukus coklat keju, hal pertama yang akan dijelaskan adalah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya. Berikut listnya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat brownies

  • Telur 6 butir
  • Tepung terigu 130 gram
  • Dark chocolate bubuk 55 gram
  • Dark chocolate batangan 100 gram
  • Gula pasir 225 gram
  • Susu kental manis 80 ml
  • Minyak sayur 175 ml
  • Garam secukupnya
  • Vanili secukupnya
  • ½ sendok teh pengembang kue
  • Keju sesuai selera

Apabila semua bahan-bahan yang diperlukan sudah siap, hal yang harus dilakukan sebelum memulai cara membuat brownies kukus coklat adalah memisahkan bahan tersebut. Seperti, ayaklah tepung terigu sehingga menyisakan bagian halusnya saja sebanyak 130 gram dan begitu pula ayaklah 55 gram dark chocolate bubuk sebagai bahan campuran tepung terigu. Untuk dark chocolate batangan, lelehkanlah terlebih dahulu. Untuk bagian topping, serutlah keju hingga lembut sebagai bahan taburan.

Tahap selanjutnya adalah proses inti dari cara membuat brownies kukus coklat keju

  • Pertama-tama, Anda harus membuat adonan. Campurkan 6 butir telur dan 225 gram gula pasir hingga mengembang. Ada dua cara yang bisa dilakukan yaitu dengan cara manual menggunakan pengocok telur dan dengan menggunakan mixer. Jika menggunakan cara manual, pastikan telur dan gula tercampur secara merata sehingga nantinya brownies kukus dapat mengembang dengan sempurnya. Cara membuat brownies dengan menggunakan mixer tentunya lebih praktis dan cepat. Jika anda memiliki mixer, anda bisa menggunakannya agar lebih menghemat waktu.
  • Apabila campuran telur dan gula sudah mengembang, maka langkah selanjutnya untuk membuat adonan adalah dengan menambahkan 130 gram tepung terigu dan juga 55 gram dark chocolate bubuk. Pastikan tepung terigu dan dark chocolate bubuk tersebut tercampur rata dengan campuran telur dan gula agar adonan yang dihasilkan benar-benar lembut.
  • Cara membuat brownies kukus yang ketiga adalah menambahkan 100 gram dark chocolate batangan yang sudah dilelehkan dengan campuran 175 ml minyak sayur. Aduklah lelehan dark chocolate ini hingga merata agar terbentuk adonan yang memiliki rasa yang pas. Setelah dirasa cukup, maka adonan telah siap untuk dikukus.
  • Adonan brownies tersebut tidak dikukus sekaligus dalam waktu yang bersamaan, namun anda harus membaginya menjadi 3 bagian yang sama. 1 bagian adonan dicampurkan dengan 80 ml susu kental manis dan 2 bagian lainnya dipersiapkan untuk dikukus secara bertahap.
  • Siapkanlah loyang yang sudah dilapisi kertas untuk mengukus brownies agar setelah matang nantinya mudah diangkat. Selanjutnya, proses inti dari cara membuat brownies kukus adalah dengan memasukkan 1 bagian adonan tanpa campuran susu ke dalam loyang yang telah dipersiapkan selama 10 menit. Selanjutnya, tambahkan adonan yang diberi campuran susu ke dalam loyang tersebut untuk dikukus selama 10 menit. 1 bagian adonan tanpa susu yang masih tersisa dimasukkan terakhir untuk dikukus selama 20 menit.
  • Tahapan terakhir dari cara membuat brownies kukus coklat keju adalah dengan menambahkan parutan keju sebagai topping. Sebelum memberi topping, pastikan kukusan brownies telah anda keluarkan dari loyang. Setelah brownies kukus coklat siap, maka sempurnakanlah dengan memberikan keju sebagai topping. Anda siap menyantap brownies kukus coklat keju buatan anda sendiri.

Semoga resep tersebut memberikan manfaat. Setelah selesai cobalah dan jika kura pas dilidah bisa menambah atau mengurangi sesuai selera. Selamat mencoba!

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara dan Resep Membuat Brownies Kukus Coklat Keju"

  1. Hmmmm.... yummy... bikin ngiler ni mbak, moga lebaran nanti bisa praktekin bikin ini... hihi

    ReplyDelete
  2. mantap ini menggoda banget :D

    ReplyDelete