Kulinerwisata

Resep Menu Sahur Praktis Dan Menyehatkan Agar Puasa Aman Sepanjang Hari


Menyiapkan makanan sahur bagi sebagian orang memang hal yang dinilai cukup merepotkan. Apalagi bagi yang tidak biasa memasak sendiri. Namun bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan apabila anda tahu cara memasak menu sahur yang praktis. Menu sahur yang praktis berikut bisa menjadi solusi kerepotan anda.

Tumis Tahu Pedas Gurih

Bahan:
  • Tahu putih 300 gram
  • Minyak goreng 1 sendok makan
  • Bawang putih 2 siung, cincang halus
  • Cabai merah giling 1 sendok teh
  • Wortel 100 gram, iris memanjang
  • Jamur 3 buah segar, potong menjadi dua bagian
  • Daun kailan muda150 gram, potong-potong
  • Saus cabai 2 sendok makan
  • Gula pasir 1/2 sendok teh
  • 100 ml air
  • Merica bubuk 1/2 sendok teh
  • Garam 1 sendok teh

Cara membuatnya :
Panaskan wajan dan masukkan sedikit minyak goreng. Goreng tahu  hingga berwarna coklat angkat dan tiriskan. Tumis bawang putih hingga berubah warna dan beraroma. Masukkan cabai merah giling dan aduk. Campurkan sayuran dan aduk hingga layu.
terakhir, tambahkan tahu dan aduk hingga merata. Tambahkan air putih secukupnya hingga mengering. Setelah terlihat matang kemudian angkat sajikan di piring.

Oseng Tempe Kecap
Bahan:
  • 300 gram Tempe, potong dadu, goreng
  • 4 butir, Bawang merah
  • 2 siung Bawang putih
  • 4 Cabe merah besar, iris serong
  • 1 buah tomat, potong kecil 
  • 1 lembar daun salam 
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 1/2 sdt garam 
  • 2 sdt ebi, rendam air panas
  • 1 sdt air asam
  • 2 sdt gula merah 
  • 1 sdm kecap manis 
  • minyak untuk menumis

Cara membuat:
Panaskan minyak goreng, masukkan bawang putih, daun salam bawang merah dan lengkuas sampai harum.
Tambahkan ebi, air asam, gula merah dan kecap manis. aduk sampai rata.
Masukkan tempe goreng lalu tambahkan cabe merah, tomat, dan garam. Masak tempe sampai bumbu meresap. Tambahkan daun bawang, aduk sebentar, angkat dan sajikan.
Resep menu sahur yang ketiga :

Tumis Buncis Tempe dan Bakso
Bahan:
  • 250 gram Buncis, potong serong
  • 200 gram tempe, potong dadu
  • 6 buah bakso sapi
  • 3 siung b awang putih, iris tipis
  • 2sdm m erica bubuk
  • 1/2 sdt saus tiram 
  • gula pasir
  • garam 
  • 250 ml air 
  • minyak goreng


Cara membuat
Masukkan  bawang putih hingga harum lalu masukkan tempe dan bakso, Aduk rata. Masukkan buncis aduk hingga layu.
Resep menu sahur praktis yang terakhir adalah tambahkan saus tiram, gula, merica bubuk dan garam. Aduk sampai rata. Tambahkan air, masak hingga bumbu meresap
Itu tadi beberapa resep menu sahur praktis. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Resep Menu Sahur Praktis Dan Menyehatkan Agar Puasa Aman Sepanjang Hari"

  1. Kalau pengalamnku yang paling aman sahur pakai buah. Aku gak berani pedes, takut maag kumat. Tapi tiap orang beda2 kebiasaan sih, hehe

    ReplyDelete
  2. akuu sukaa banget sama oseng tempe kecap,menu favorit bo

    ReplyDelete
  3. aku suka resep menunya osenagn tempe tapi istriku malah nggak doyan oseng tempe, parah nih kalau lidahnya beda-beda

    ReplyDelete