Kulinerwisata

Mengenal Khartoum dari Mba Meutia Mansur

Sosok Cantik Meutia Rahmah Mansur
Dunia Blogging banyak membuat saya mengenal banyak orang. Perkenalan entah dari grup wa, grup facebook, kopdar, event, lomba, fb biasa, saling BW, dll. Perkenalan tak hanya sebatas asatu kota bahkan banyak mengenal sosok teman dari luar kota bahkan yang masih stay saat ini di Luar Negri. Benar ternyata Internet dapat mendekatkan yang jauh ya :)

Kali ini saya mengenal sosok wanita single yang memiliki Ilmu dan Pengalaman luar biasa. Wanita cantik ini bernama Meutia Rahmah Mansur yang biasa dipanggil Meutia atau Tia dan dia pemilik blog www.meutiarahmah.com/ 

Bagaimana tidak Luar Biasa bagi saya, meski masih single dia sudah banyak belajar hingga negri orang dan sangat fasih di bidang nya yaitu Bahasa Arab. Mba Meutia adalah wanita kelahiran Aceh dan saat ini tinggal di Langsa. Keseharian Mba Meutia menjadi Dosen di IAIN Langsa Pada Prodi Pendidikan Bahasa Arab, selain itu juga menjadi supervisor Qatar Charity Aceh untuk anak-anak yatim khususnya dalam bidang pendidikan mereka.

Hobby menulis Mba Meutia mulai muncul saat dia tinggal di Pondok Pesantren selama enam tahun. Enam Tahun bukan waktu yang singkat untuk mulai mengasah semangat menulis. Awalnya di tutukan Mba Meutia, dia menulis di Diary maupun catatan. Dibalik tulisan-tulisannya ternyata Mba Meutia juga senang membuat puisi, tapi belum di publish (mau donk di Publish). Owh ya selama di Pondok Mba Meutia mulai senang belajar Bahasa Arab dan berusaha mendalaminya.

Sakin konsen ke Bahasa Arab Mba Meutia mengambil sekolah lanjutan ke Khartoum Ibukota Sudan sebuah negara yang terletak di benua Afrika yang dijuluki Negeri dua Nil. Menurut Mba Meutia suhu udara di Khartoum ini sangat panas hingga 50C lebih (wuah saya bisa meleleh). Panas karena terletak di garis katulistiwa, apalagi Bulan November dan Maret suhu udara bisa lebih tinggi. Khartoum adalah nama Ibukota Sudan, ia terletak dijalur pertemuan dua sungai Nil, yaitu nil putih dan nil Biru.

Tak hanya itu Wilayah Sudan menyediakan sumber air yang tiada henti sepanjang tahun, baik untuk keperluan air minum, pertanian maupun pembangkit listrik. Wilayah sepanjang lintasan sungai Nil merupakan lahan subur bagi pertanian kapas, tebu, wijen dan tanaman pangan lainnya. Sedangkan padang rumput yang terdapat di wilayah Sudan tengah dan selatan telah memungkinkan berkembangnya peternakan dan menjadikan Sudan sebagai eksportir daging dan produk peternakan terpenting bagi negara-negara arab.

Mba Meutia tinggal di Khartoum selama 2 tahun. Pastinya sangat rindu keluarga dirumah ya. Menghabiskan waktu 2 tahun sendiri bersama komunitas baru dan jauh dari orang tua. 2 kali Lebaran pun dihabiskan di Luar Negri. 

Bagi Mba Meutia niat awal ngeblog itu sekedar nulis cerita selama saya di khartoum, isinya masih banyakan curhat tapi seiring waktu blog saya tetap isinya menjadi lifestyle. Blog Mba Meutia memiliki kategori antara lain : journal yang berisi cerita keseharian, travelling isinya masih cerita jalan2 saya di khartoum dan mesir semenjak diikat finger print jarang jalan2. Juga bercerita tentang kuliner kebanyakan masakan Aceh , sedangkan kategori gooling, blog tutorial dan arabic sedang dalam proses untuk tulisannya, kalau arabic itu rencananya saya akan post metode belajar bahasa arab dengan mudah dan cepat (doakan ya karena ini rencananya juga menjadi bahan pengajuan proposal research disertasi) . 

Meski terbentur dengan pekerjaan sebagai dosen, Mba Meutia tetap berusaha mengupdate blog nya secara teratur. Bagi Mba Meutia ngeblog selain menambah wawasan juga bisa punya teman dari seluruh indonesia dan senang rasanya sudah merasakan kopdar dengan beberapa blogger di Luar kota (semoga segera kopdar dengan saya ya mba :) ).

Owh ya Mba Meutia juga membuat cerpen lho. Ini beberapa cerpen yang pernah dibuat buku : Ramadan di Rantau 2 (2012), Sajadah cinta (2012), apa kabar sahabat dumay (2013), mustajab cinta (2013).

Nah bener khan Mba Meutia punya segudang Ilmu dan Pengalaman. Masih penasaran dengan sosoknya bisa Kepo in lho di sosmed maupun blognya di :
Twitter : @meutimansur
Instagram : @meutiamansur
FB : Meutia mansur
Blog : www.meutiarahmah.com


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Mengenal Khartoum dari Mba Meutia Mansur"

  1. Namanya unik ya Khartoum, aku jg baru kenal dr Mbak Meutia :D

    ReplyDelete