Kulinerwisata

Ini Dia Arti Dibalik Warna Paspor di Seluruh Dunia

Ketika ingin liburan ke luar negeri, tiket pesawat murah yang sudah Anda dapatkan jauh – jauh hari tidak akan ada gunanya tanpa Anda memiliki paspor yang masih berlaku. Ya, paspor memang menjadi salah satu syarat mutlak ketika Anda ingin masuk ke negara lain. Dokumen perjalanan yang satu ini berfungsi sebagai identitas Anda selama di luar negeri, sehingga bagi Anda yang doyan liburan ke luar negeri mau tak mau harus memiliki paspor yang masih berlaku. Berbicara soal paspor, jika Anda perhatikan, paspor Indonesia menggunakan warna hijau pada covernya. Negara – negara lain di dunia banyak juga yang menggunakan warna hijau pada paspornya, namun juga ada warna – warna lain yang digunakan, seperti merah, biru dan hitam. Mengapa demikian?

Dikutip dari laman Business Insider, menurut Hrant Boghossian, Vice President of Marketing dari Passport Index mengatakan bahwa warna paspor dunia memang terdiri dari empat warna utama, yaitu hijau, biru, merah dan hitam. Namun meski demikian, setiap negara memiliki nuansa yang berbeda dari paspor negara lainnya meski memiliki warna dasar yang sama. Organisasi penerbangan sipil dunia (International Civil Aviation Organization / ICAO) juga telah menerbitkan pedoman pembuatan paspor, namun pemerintah di setiap negara bebas memilih desain dan warna paspor negaranya. Pemakaian warna yang berbeda pada cover paspor dilandasi banyak hal, misalnya seperti karena alasan geografis, agama dan kepercayaan serta sejarah politik suatu negara. Berikut ini ada penjelasan singkat mengenai masing – masing warna paspor yang digunakan negara – negara di dunia.

1. Hijau
Warna hijau sering dikaitkan dengan agama Islam karena hijau diyakini sebagai warna kesukaan Nabi Muhammad dan simbol alam dan kehidupan. Negara yang memakai hijau pada paspornya umumnya adalah negara yang memiliki penduduk mayoritas muslim dan Timur Tengah, seperti Indonesia, Arab Saudi, Maroko, Iran, Afghanistan, Pakistan dan beberapa negara Afrika yang tergabung dalam Masyarakat Ekonomi Negara Afrika Barat (ECOWAS), yaitu Pantai Gading, Nigeria, Senegal, Niger, Burkina Faso dan lainnya. Namun ada juga negara bukan mayoritas Islam yang memakai warna hijua, yaitu Taiwan dan Korea Selatan.

2. Biru
Penggunaan warna biru pada paspor bisa dilandasi banyak alasan, seperti negara-negara anggota masyarakat karibia (the Caribbean Community and Common Market / CARICOM) yang menggunakan warna biru mengingat keadaan geografis mereka yang berada di tengah laut / samudera. Biru juga dimaknai dengan simbolisasi ‘dunia baru’. Negara di Amerika Utara dan Amerika Selatan, seperti Venezuela, Brazil, Uruguay dan Argentina juga menggunakan biru pada paspornya.

3. Merah
Paspor berwarna merah bisa dilandasi banyak hal, seperti haluan politik, karakteristik masyarakat hingga sejarah suatu negara. Warna merah sering diasosiasikan sebagai lambang komunis, seperti yang dipakai oleh Cina, Rumania, Polandia, Slovenia, Serbia, Georgia dan Latvia. Namun ada juga yang memakai merah karena merupakan warna bendera nasional mereka dan, seperti Swiss. Bagi negara Nordik lainnya merah juga digunakan pada paspor mengingat warna tersebut sangat populer saat masa Viking berjaya. Beberapa negara Uni Eropa ada yang memakai paspor berwarna burgundy. Turki juga menggunakan warna burgundy dengan harapan bisa bergabung dengan Uni Eropa.

4. Hitam
Paspor berwarna hitam merupakan paspor yang paling langka. Tidak bermaksud untuk menyinggung warna kulit atau ras tertentu, namun ada lho negara yang menggunakan cover paspor berwarna hitam. Negara tersebut adalah Republik Kongo, Gabon, Malawi, Angola, Zambia, Sudan dan Botswana. Namun ada juga negara lain yang memilih paspor berwarna hitam yang didasarkan pada kepraktisan pilihan warna, yaitu Meksiko, India, Selandia Baru, Palestina dan Kroasia.


Namun ada banyak negara lain yang menggunakan warna lain untuk paspor mereka, tak hanya terpaku pada empat warna umum diatas. Oleh karena itu, yuk segera buat paspor! Proses buatnya mudah dan murah lho! Jika paspor sudah ditangan, Anda pun bisa leluasa berburu tiket pesawat promo agar bisa jalan – jalan hemat keluar negeri.

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Ini Dia Arti Dibalik Warna Paspor di Seluruh Dunia"

  1. Saya pernah melihat orang memegang paspor covernya hitam. Waktu itu pria kulit putih sih dan saya bertanya-tanya dalam hati negara asalnya. Rupanya negara-negara Afrika

    ReplyDelete
  2. Makasih sharringnya ya Mba.. aku baru tahu dan baru merhatiin bila paspor itu beda2 warnanya dan ada artinya pula..

    ReplyDelete
  3. Berbih, coba bikin tulisan yang sama tapi tentang buku nikah

    *nunggududukmanis

    ReplyDelete