Friday

Jajanan Khas Yogyakarta yang Unik

Jajalan khas Yogyakarta wajib di bawa bila sedang berkunjung ke tempat yang cukup dikenal sebagai kota pelajar ini. Jajanan atau pun oleh-oleh khas Yogyakarta unik dan juga menarik ini pastinya dapat Anda bawa pulang. Baik itu karena titipan atau pun mmang inisiatif dari diri Anda sendiri pada saat ke Yogyakarta.

Yogyakarta memang cukup terkenal dengan segala sesuatunya yang murah meriah. Selain banyak jajanan khas Yogyakarta yang dapat Anda bawa pulang, ternyata ada banya pula tempat wisata yang bisa Anda kunjungi. Maka dari itulah Yogyakarta jadi salah satu pilihan menarik untuk sekadar berjalan-jalan atau pun liburan. Dan berikut ini adalah pilihan jajanan khas Yogyakarta yang unik harus Anda tahu.

Jajanan khas Yogyakarta yang unik

sumber : chocolatemonggo.com
Cokelat monggo
Cokelat yang telah diproduksi asli Yogyakarta ini ternyata mirip sekali dengan cokelat belgia. Cokelat monggo tersebut diolah dari biji asli pilihan, Sumatera, Jawa, dan Kalimantan. Pemilik cokelat monggo tersebut memang orang asli Belgia, ia sangat pintar sekali dalam mengolah cokelat Yogyakarta ini sama dengan rasa cokelat belgia pada umumnya.

Bakpia pathok
Jajanan khas Yogyakarta yang paling banyak dicari sebagai buah tangan adalah bakpia pathok. Ya, bakpia pathok ini adalah icon kota Yogyakarta, kue yang berisikan cokelat, kacang ijo, atau pun keju ini banyak dicari sebagai jajalan atau pun oleh-oleh khas Yogyakarta. Kulit bagian luarnya yang cokelat dan isinya yang banyak disukai oleh setiap orang yang menjadikan bakpia bathok tersebut sebagai kudapan yang paling banyak dipilih pada saat singgah di kota Yogyakarta.

Yangko
Jajanan khas Yogyakarta yang unik selanjutnya adalah yangko. Kue satu ini dibuat dari tepung ketan yang memang agak mirip sekali dengan kue mochi. Hanya yang membedakan kedua kue tersebut adalah dari segi penampilan luarnya. Jajanan khas Yogyakarta satu ini berisikan kacang tanah dan juga gula yang berbentuk segiempat dengan baluran terigu, serta mempunyai warna-warni yang sangat menarik seperti hijau, merah, dan juga kuning. Teksturnya yang kenyal menjadikan kue ini banyak dicari untuk dijadikan oleh-oleh atau jajanan khas Yogyakarta yang wajib di bawah ke kota asal.

Gudeg kering
Gudeg kering ini juga bisa Anda jadikan sebagai salah satu pilihan jajanan khas Yogyakarta yang dapat bawah bawa pulang ke rumah. Gudeg tersebut merupakan salah satu makanan yang terbuat dari bahan dasar nangka muda kemudian dicampurkan dengan santan. Yang membedakannya dengan gudeg basah, jika gudeg basah ini dapat disantap di tempat tersebut, tetapi bila Anda ingin menjadikan oleh-oleh, maka Anda bisa membeli gudeg kering.

Demikianlah tadi sekilas informasi tentang jajanan khas Yogyakarta yang unik. Semoga saja bisa bermanfaat.

No comments:

Post a Comment