Kulinerwisata

Resep Kue Bika Ambon Original

Di Sumatera Utara atau lebih tepatnya yaitu di kota Medan merupakan kota yang memiliki makanan khas dan juga beragam makanan yang enak-enak salah satunya yaitu bika ambon ini, kue ini merupakan kue yang bisa anda gunakan sebagai sajian ketika lebaran dating, kenapa nama kue ini bika ambon bukan bika medan, konon katanya kue ini berasal di Jalan Ambon yang ada di kota Medan, sehingga kue ini dinamakan kue bika ambon dan Ambon itulah nama jalan yang ada di Medan.

Selain itu kue bika ambon ini sangat enak dan juga lembut ketika dimakan, apalagi ada rasa tambahan sedikit kenyal sehingga menjadikan ciri khas bika ambon ini, jadi tidak salah apabila kue ini menjadi hidangan ketika pesta atau hari besar. Namun saat ini bika ambon sudah banyak sekali para penjual kue yang menjual makanan khas Medan ini yang juga dijadikan untuk oleh-oleh sehingga anda bisa mencicipi makanan ini kapanpun, tapi untuk Anda yang sangat jauh ke Medan atau tidak bisa menemukan penjual kue ini Anda tidak perlu cemas karena anda bisa membuatnya di rumah, karena kali ini kami akan menjelaskan resep makanan indonesia yaitu pembuatan bika ambon asli Medan, untuk itu Anda tidak perlu takut membuatnya, agar lebih cepat silahkan anda membaca ulasan di bawah ini.

Bahan-bahan untuk membuat bika ambon original yang lembut Medan yaitu :
·      50 gram tepung terigu halus
·      100 gram tepung sagu yang sudah diayak terlebih dahulu
·      setengah sendok teh ragi siap saji
·      10 butir telur ayam namun diambil kuningnya saja
·      200 gram gula pasir halus
·      2 butir telur ayam yang diambil putihnya saja
·      200 ml santan kelapa kental
·      2 lembar daun pandan yang sudah direbus terlebih dahulu
·      50 ml air putih
·      2 lembar daun jeruk minyak goreng secukupnya

Langkah-langkah untuk membuat bika ambon yang original khas Medan
1.   Yang pertama yaitu Anda menyiapkan wadah berukuran sedang untuk membuat adonan, setelah itu Anda bisa memasukkan tepung terigu dan juga ragi instan, jika sudah anda bisa menuangkan air dan diaduk sampai merata biarkan terlebih dahulu agar adonan tersebut mengembang kurang lebih 15 menit.
2.   Jika sudah langkah kedua yaitu Anda bisa mencampurkan kuning telur, gula pasir halus, putih telur ke dalam adonan tersebut, jika sudah anda bisa mengaduknya sampai adonan tercampur rata dan juga kental, setelah itu masukkan tepung sagu yang sudah disiapkan dan juga santan kental secara perlahan-lahan dan juga sedikit demi sedikit sambil terus diaduk, lakukan cara ini sampai adonan tercampur semua dan juga kalis.
3.   Langkah ketiga yaitu Anda bisa menambahkan daun jeruk ke dalam adonan yang sudah jadi, lalu aduk semua sampai bahan tercampur rata, selanjutnya Anda bisa menutup bagian atas adonan tersebut dengan bahan yang halus, kemudian diamkan adonan tersebut kurang lebih 10 jam atau sampai adonan mengembang, jika adonan sudah mengembang Anda bisa menyiapkan loyang yang sudah diolesi minyak terlebih dahulu, setelah itu Anda bisa menuangkan adonan bika ambon ini.
4.   Anda bisa menyiapkan oven, jika oven sudah disediakan Anda bisa memanggang adonan tersebut dengan menutup oven namun sedikit terbuka, hal ini ditunjukkan agar ada ruang sedikit sehingga bika ambon bisa menjadi lebih enak.
5.   Setelah itu Anda bisa menunggu sampai adonan matang dan juga sudah berwarna kuning kecoklatan, jika sudah anda bisa mengangkat kue tersebut dan didinginkan terlebih dahulu.
6.   Apabila sudah dingin Anda bisa menyajikan kue tersebut di wadah maupun piring saji, dan dipotong-potong agar kue bisa mudah untuk dimakan.



Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Resep Kue Bika Ambon Original"