Saturday

Indahnya Panorama di Pura Uluwatu Badung Bali

sumber : rentalmobilbali.net
Bali merupakan salah satu destinasi wisata Indonesia yang banyak digemari oleh wisatawan Domestik maupun Mancanegara. Kali ini saya akan membahas salah satu destinasi wisata di Bali yaitu Pura Uluwatu. Pura di Bali menjadi tempat sembahyang umat agama Hindu, tapi karena keunikannya di Bali Pura juga menjadi destinasi wisata yang unik.

Pura Uluwatu atau Uluwatu Temple terletak di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali, sekitar 30 km ke arah selatan dari kota Denpasar. Pura Uluwatu yang juga disebut Pura Luwur ini merupakan salah satu dari Pura Sad Kahyangan, yaitu enam Pura Kahyangan yang dianggap sebagai pilar spiritual Pulau Bali.

Pura  Uluwatu berdiri kokoh dibatu karang yang menjorok ke tengah lautan dengan ketinggian kurang lebih 97 meter membuat pura ini menjadi sangat indah, tebing berbatu disekeliling pura memberikan pemandangan yang sangat indah. Selain itu laut dibawah tidak kalah menariknya untuk mecuri perhatian para peselancar dunia untuk sekedar menikmati ombak-ombak yang tercipta disebelah kanan Pura Uluwatu. Keindahan panorama disekeliling Pura Uluwatu akan semakin memukau para wisatawan pada saat matahari terbenam / sunset yang dapat dinikmati dari beberapa sisi tebing seputar pura. Selain itu sangat indah sambil melihat pementasan tari kecak Uluwatu yang dipentaskan di panggung terbuka membuat tempat wisata ini semakin diminati oleh wisatawan seluruh dunia.

Karena letaknya di atas tebing, untuk sampai ke lokasi pura pengunjung harus berjalan mendaki tangga batu yang cukup tinggi. Bangunan pura ini menghadap ke arah timur, berbeda dengan pura lain di Bali yang menghadap ke arah barat atau ke selatan. Di sepanjang jalan di tepi luar pura terdapat ratusan kera yang berkeliaran. Jika melewati kera tersebut sebagiknya tetap waspada jangan sampai barang-barang kita diambil


Setelah mendaki ke Pura Uluwatu di ujung jalan yang mendaki terdapat dua pintu masuk ke komplek pura, satu terletak di sebelah utara dan satu lagi di sebelah selatan. Di balik gapura, terdapat sebuah lorong berlantai batu berundak, menuju ke pelataran dalam. Lorong terbuka ini diteduhi oleh pohon yang ditanam di sepanjang kiri dan kanan lorong. Pelataran dalam merupakan pelataran terbuka. Lantai pelataran tertutup oleh lantai batu yang tertata rapi. Di dekat gapura, di sisi utara, terdapat bangunan kayu. Di sebelah barat, berseberangan dengan jalan masuk, terdapat sebuah gapura paduraksa yang merupakan jalan masuk ke pelataran yang lebih dalam lagi. Pula Uluwatu ini sangat cantik bagi pengunjungnya, meski untuk kesana melalui jalan yang sulit tetapi terbayar oleh keindahan alamnya.

1 comment:

  1. cocok untuk menyaksikan pertunjukan tari kecak sambil menikmati sunset

    ReplyDelete