Wednesday

Modifikasi Batok Kepala Satria FU

Tidak ada perbedaan yang besar antara Satria F lama dengan satria fu yang baru, hanya saja yang membedakan adalah pada batok lampu depan dan muffler knalpot. Meskipun banyak yang bilang kalo knalpot Satria F lama memiliki performa yang lebih dibanding design knalpot yang baru. Selain itu ada juga yang bilang kalo batok lampunya terlalu besar sehingga kesan rampingnya kurang. Sebenarnya kita bisa saja menggantinya dengan lampu Satria F yang lama dan cara merubah wajah Satria F 150 ke wajah yang lama ternyata cukup mudah.

New Suzuki Satria F 150 terbaru memang sengaja tidak dilengkapi dengan panel saklar on off lampu depan, sehingga begitu mesin hidup lampu depan langsung nyala. Hal ini sesuai dengan peraturan baru perundang-undangan kendaraan bermotor yang mewajibkan menyalakan lampu disiang hari untuk mengurangi tingginya angka kecelakaan kendaraan bermotor. Wajah depan satria FU 150 baru. Menurut sebagian orang memang menarik, tetapi kebanyakan para penyuka FU minded yang suka atau mania dari sejak FU masih CBU sampai masih model batok lama (2008) pasti ingin menggantinya ke model lama.

Sebelum membongkar batok satria Fu kamu, sebaiknya kamu persiapkan  dulu perlengkapan batok lampu Satria F lama kamu berikut ini :

  • Rangka besi sebagai dudukan lampu Satria F lama. Part ini bisa kamu dapatkan di dealer resmi Suzuki harga Rp  75.000
  • Spidometer Satria F lama. Part ini bisa kamu beli di dealer resmi Suzuki harga Rp 50.000.
  • Batok lampu Satria F lama, kalo yang original harganya sangat mahal sekitar 300 ribuan. Kalo yang imitasi cuma sekitar Rp 75.000 sudah komplit tinggal pasang, tapi resikonya pencahayaan lampu kurang fokus dan kurang terang, tapi kalo cuma mau buat keren-kerenan sudah oke punya.

Udah cuma itu aja perlengkapannya, sekarang tinggal kamu bongkar batok lampu Satrianya dengan melepas kedua sekrup dibagian samping batok. Jangan lupa sewaktu melepas perhatikan baik-baik tata letak antar komponen, sehingga waktu pemasangan nanti tidak kebingungan. Ikuti petunjuk yang ada saja karena sebenarnya tidak ada perbedaan yang besar diantara keduanya.


Resiko penggantian batok lampu Satria F lama ini yaitu, indikator lampu ECU tidak bisa dipasang, karena pada Satria F lama belum dilengkapi dengan perangkat ini. Jadi menggantinya dengan kepala batok satria lama, ada plus dan minus nya, dan ini bisa jadi bahan pertimbangan kamu dalam memodifikasi batok kepala motor satria kamu, tidak hanya untuk sekedar gaya, tetapi kamu harus memperhatikan faktor keselamatan dalam berkendara juga. Semoga sedikit tips ini bisa bermanfaat bagi kamu yang ingin merubah bentuk batok kepala motor satria kamu  semua.

2 comments:

  1. Dari dulu pengen punya motor kaya gitu. Keren sih. :)

    ReplyDelete
  2. kalau satria fu kepala barong di ganti batok new satria f itu perlu ganti pangkon ?
    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete