Saturday

Uniknya budaya di Jogja, referensi wisata buat kamu yang hobi melancong bumi Indonesia

Sumber : google
Jogjakarta. Apa yang terbesit dipikiran kamu saat mendengar provinsi cantik di Pulau Jawa ini? Keragaman budayanya, harmonisasi adat istiadat yang masih terjaga, view eksotis wisata alamnya, masyarakat yang ramah, kearifan lokal yang masih kental, atau jajaran pantai-pantai pasir putih yang mengelilinginya? Wah, lengkap sudah paket berlibur di Jogja ini ya? Tak heran jika daerah ini seringkali disebut sebagai surganya Indonesia. Hilir mudik wisatawan di dalamnya pun tak pernah reda.

Nah, buat kamu yang punya rencana berlibur sekaligus belajar kearifan lokal nusantara. Jogja adalah alternatif yang bisa kamu coba. Ya, uniknya budaya di Jogja menawarkan sensasi berlibur yang menyenangkan. Penasaran kan apa saja dan what is culture di Jogja? Yuk simak infonya di bawah ini.

1.     Pariwisata
Jogja menawarkan banyak sekali destinasi pilihan yang bisa kamu kunjungi. Baik dari wisata alam seperti kalibiru, pantai, wisata sejarah benteng vredeburg, keraton, wisata kuliner, dan banyak lagi wisata edukasi yang seru disini. HTM yang dipatok untuk mayoritas objek wisata di Jogja sangat terjangkau.

2.     Kebudayaan
Budaya di jogja masih sangat lestari dan terjaga. Hal ini terlihat dari sekitar 515 bangunan bersejarah yang terletak di 13 kawasan cagar budaya. Jogja juga menyuguhkan segudang wawasan baru mengenai cikal-bakal peradaban manusia. Keraton Jogja adalah salah satu bukti betapa luhurnya budaya di jogja yang tidak tergerus oleh globalisasi. Beberapa upacara adat seperti terasan, tedhak sinten, supitan, tetesan, dan tarapan masih bisa kamu saksikan di hari-hari tertentu. Uniknya budaya di Jogja ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

3.     Keramahan masyarakatnya
Masyarakat jogjakarta dikenal memiliki sikap yang ramah dan santun, mereka tak segan untuk menyapa. Terlebih buat kamu yang suka mengunjungi destinasi wisata di daerah desa, mereka bahkan tak jarang menawarkan tempat bermalam gratis sekaligus perlakuan yang luar bisa baiknya. Budaya di Jogja ini menandakan bahwa mereka masih memegang teguh nilai-nilai dan norma. Salah satu buktinya bisa kamu jumpai saat membeli oleh-oleh di pasar beringharjo, penjual-penjual yang mayoritas masyarakat asli jogja ini akan dengan sabar melayani pembeli.

4.     Seni
Jogja adalah kota kesenian. Ya, ini terlihat dari hasil budaya di Jogja yang didominasi benda-benda artistik kualitas tinggi. Batik, ukiran, lukisan, dan karya sastra adalah beberapa hasil budaya di Jogja yang tercipta melalui kreatifitas seniman-senimannya.

Demikian adalah sedikit ulasan mengenai budaya di Jogja yang bisa kamu jadikan referensi pengetahuan. Bagaimana? Sangat menarik bukan.

No comments:

Post a Comment