Kuliner Wisata

Kuliner Wisata

Wisata Kuliner Ekstrim di Yogyakarta

Tak hanya dikenal sebagai kota budaya, ternyata Yogyakarta juga dieknal dengan kota seribu kuliner yang bercitra rasa enak dan lezat lho. Pesona kuliner yang dimiliki kota Gudeg satu ini memang tidak lengkang oleh waktu. Jadi, tak heran jika ada banyak wisatawan baik lokal atau pun luar negeri yang kembali mengunjungi Yogyakarta hanya untuk wisata kuliner. Tapi, sudahkah Anda tahu jika Yogyakarta tersebut juga memiliki kuliner unik yang bisa dibilang cukup ekstrim? Mau tahu apa saja kulinernya? Simak saja pada ulasan di bawah ini.

Wisata kuliner ekstrim di Yogyakarta

sumber : yogyakeripik.com
Belalang goreng
Salah satu hewan yang dianggap sebagai hama bagi para petani ini ternyata bisa dijadikan sebagai camilan yang bercitra rasa gurih dan juga nikmat. Berawal dari keluhan para petani yang ada di daerah Gunungkidul yang merasakan kebunnya terganggu oleh banyaknya belalang, sehingga akhirnya hewan tersebut ditangkap dan dijadikan sebagai santapan yang enak dan lezat. Mengolah belakang goreng ini sangatlah mudah, cukup diberikan bumbu bawang putih dan juga garam saja lalu digoreng dlam minyak panas sampai kering. Anda bisa menemukan penjual belalang goreng ini di pinggiran jalan yang ada di kawasan wisata Gunungkidul.

Tongseng dan baceman kelelawar
Kelelawar atau pun masyarakat Yogyakarta biasanya menyebut dengan codhot ini merupakan bahan utama warung tongseng yang dimiliki ib Romiyati. Pastinya tidak terbayangkan kan jika menjadikan hewan malam tersebut sebagai santapan? Tapi dengan keahlian dan juga resep rahasia, Romiyati bisa mengolahnya jadi santapan yang enak dan lezat. Bahkan tak hanya itu saja, tongseng kelelawar ini juga dipercaya mempunyai khasiat tersendiri yakni bisa sembuhkan penyakit asma.

Daging ular kobra
Mungkin saja Anda akan ternganga bila tahu bahwaannya ternyata ada lho rumah makan di Yogyakarta yang sajikan berbagai olahan daging kobra. Rumah makan kobra ada di jalan Hayam Wuruk no. 19 Lempuyang Wangi ini menyajikan olahan daging dewa melata berbisa tersebut. Menu yang ditawarkannya pun juga sangat bervariasi dan juga di desain sangat menarik, mulai dari tongseng kobra, sup kobra, sate kobra, dan juga burger kobra.

Sate landak
Tak disangka memang jika binatang yang umumnya bisa Anda lihat di kebun binatang ini ternyata memiliki tekstur yang sangat empuk, tak kalah dengan sate ayam atau pun sate kambing. Daging landak ini non koleksterol sehingga juga dipercaya mempunyai banyak sekali manfaatnya diantaranya sebagai obat asa, liver, dan juga diyakini bisa meningkatkan vitalitas pria.

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Wisata Kuliner Ekstrim di Yogyakarta"

  1. Dari sekian banyak itu, yang berani nyoba cuma menu belalangnya. :) Padahal pas waktu kecil belalang itu termasuk camilan gurih. Sekarang udah gak pernah. :p

    ReplyDelete
  2. Gimana ya rasanya belalang goreng, kayaknya gurih tuh..

    ReplyDelete
  3. Jogja emang gak ada matinya ya?
    Berapa budget yang perlu di sediakan untuk hidup di sana kurang lebih seminggu ya?
    thank dan salam kenal

    ReplyDelete
  4. Yang belalang pernah nyobain :D

    ReplyDelete
  5. Kobra? Bayangin pas nangkep ularnya-nyiapin buat dimasak.. Ngeriii..

    ReplyDelete
  6. Kalo belalang kakakku paling doyan banget, apalagi kalo kering, jadi crunchy2..

    ReplyDelete