Friday

Resep Sate Ayam Bumbu Kacang Madura

Cita rasa kuliner Indonesia memang tak ada duanya. Bukan hanya diolah dengan resep warisan yang terjaga, metode tradisional yang mempertahankan teknik pengolahan sederhana pun dilakukan untuk memelihara keaslian rasanya. Tak heran jika banyak orang tergoda untuk mencicipi berbagai sajian lezat dari penjuru nusantara.

Satu diantaranya adalah sate ayam. Ya, olahan berbahan dasar daging ini banyak digemari lantaran enak, apalagi jika disajikan bersama potongan lontong dan bumbu kacang. Wah, lapar pun tak tertahankan lagi.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk membuat sate ayam. Anda juga bisa mencobanya di rumah. Pasalnya, cara memasak hidangan ini pun cukup mudah, sehingga Anda tak perlu repot-repot menyiapkan bahan yang juga gampang didapat dari supermarket terdekat.

Selain lebih higienis, Anda juga bisa menghemat budget. Berikut ini adalah resep sate ayam bumbu kacang asli Madura yang dijamin akan membuat suami dan anak-anak anda betah di rumah.

1.     Bahan-bahan
·      1 buah jeruk nipis, belah menjadi 2
·      ½ kilo gram daging ayam. Potong ukuran kotak kecil-kecil
·      20 tusuk sate
·      Lontong atau nasi putih

2.     Bumbu sambal kacang sate
·      4 siung bawang putih
·      3 siung bawang merah
·      150 gram kacang tanah goreng
·      2 butir kemiri
·      50 ml air kaldu
·      4 sendok makan kecap manis
·      3 sdt minyak sayur
·      Garam secukupnya

3.     Sambal
·      4 biji bawang putih
·      10 buah cabai merah
·      Garam

4.     Pelengkap
·      Irisan tomat
·      Cabai rawit
·      Bawang merah

5.     Cara membuat
Racikan sate ayam ini memang sederhana. Namun Anda harus cermat dalam mempraktekkan langkah-langkahnya. Hal ini bertujuan agar menu favorit yang Anda hidangkan di meja makan ini mempunyai taste yang pas.
·      Haluskan bawang putih, kacang tanah, kemiri, garam, juga bawang merah.
·      Panaskan minyak untuk menumis bumbu halus. Tunggu hingga harum lalu tambahkan air kaldu hingga mengental. Angkat.
·      Campurkan 2 sdm bumbu kacang dan 2 sdm kecap manis. Celupkan sate kedalamnya. Bakar sate sampai setengah matang. Angkat lalu balurkan pada bumbu dan bakar sampai matang sempurna.
·      Untuk sambal bawangnya, Anda bisa mengoreng bawang putih setengah matang, cabai merah, serta sedikit garam dengan api yang kecil.
·      Sate ayam siap disandingkan dengan kecap manis, jeruk nipis, bumbu kacang, dan lontong.

3 comments:

  1. Lagi nanya ke blogger di grup sebelah tentang resep sate, eh ditunjuknya ke blog ini. Menarik banget! Soalnya acara ulang tahun tante saya nanti mau bikin bakar-bakar sate ayam, kak.. makasih infonya, kak. Good luck. :)

    ReplyDelete
  2. Pake irisan cabe rawit merah biar makin menggelora

    ReplyDelete
  3. Baca ini jadi laper :( Pingin :(

    Salam,
    Oca

    ReplyDelete