Kuliner Wisata

Kuliner Wisata

Cara Mencegah Sakit Perut Pada Anak

Sebenarnya keteledoran bukan saja berakibat pada bersarangnya kuman di dalam tubuh, namun turut berpengaruh terhadap kesehatan buah hati. Untuk itulah sebagai orang tua, seharusnya Anda bisa mengawasi segala aktifitas mereka tentu tanpa membatasi keaktifannya dalam mengeksplorasi hal-hal baru.

Satu diantara sekian kekhawatiran ialah sakit perut. Penyakit ini sebetulnya tergolong ringan. Tapi jika sudah dibarengi dengan serentetan gejala-gejala lain yang memperparah kondisi buah hati, ibu pun perlu penanganan yang tepat dengan membawanya ke dokter.

Di sisi lain, alangkah baiknya jika Anda mengetahui cara mencegah sakit perut sebagai upaya preventif yang tepat. Adapun penyebabnya, intoleransi makanan yang berarti si kecil sensitif pada jenis makanan tertentu seperti produk olahan atau susu.

Usus buntu, ditandai dengan radang dan sakit perut di bagian bawah. Konstipasi juga andil dalam hal ini, keadaan tersebut sistem pencernaan si kecil mengalami gangguan sehingga buang air besarnya tidak lancar.

Pemicu lain yang mendatangkan sakit perut juga bisa diprakarsai oleh masuk angin, yang mana perut si kecil akan kembung lantaran banyaknya gas yang terperangkap di dalam usus. Untuk menghindarinya, Anda bisa mengurangi brokoli, bawang bombai, kol, dan minuman bersoda.

Cara mencegah sakit perut pada anak membutuhkan aksi yang dua kali lebih efektif dibanding penerapan lifestyle sebelumnya. Ajarilah anak untuk mencuci tangan sebelum makan dan beri penjelasan kepada mereka untuk tidak membeli jajan sembarangan. Jika hal ini tidak bisa dihentikan, maka infeksi akan datang dan perlu antibiotik untuk menumpasnya.

Tips jitu yang juga tidak boleh Anda luputkan ialah mengerahkan perhatian khusus untuk menyuguhkan porsi makan yang seimbang. Aturlah jadwal makan mereka agar teratur, sertakan sayuran, buah segar, protein hewani, serta tak lupa air putih yang cukup sebagai setoksifikasi alaminya.

Jauhkan anak-anak dari kopi, makanan pedas, minuman berkarbonasi, dan kudapan yang tidak higienis. Pastikan hidangan yang anda suguhkan kaya akan serat. Sehingga metabolisme dalam tubuh dan pencernaan tetap sehat.

Biasakan untuk mencuci tangan pakai sabun sebelum dan setelah beraktifitas guna mencegah bakteri masuk ke dalam tubuh. siapkan bekal khusus setiap kali mereka akan berangkat sekolah. Di samping lebih hemat, dengan cara mencegah sakit perut ini Anda mampu menyuplai gizi dan nutrisi yang dibutuhkan untuk mereka menjalani rutinitasnya yang padat.


Sakit perut acapkali terjadi, namun anda tidak perlu khawatir lagi sekarang. Informasi seputar sakit perut pada anak di atas setidaknya bisa anda jadikan panduan untuk lebih berhati-hati. 

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara Mencegah Sakit Perut Pada Anak"

  1. Para orang tua kudu lebih teliti berarti ya? Jadi anak nggak sekadar dikasih yang gurih2 apalagi fast food

    ReplyDelete
  2. Anakku susah makannya. Musti dibentuk yang menarik dulu baru mau makan.

    ReplyDelete