Friday

Cara Merawat Kulit Bayi Yang Sensitif

Terdapat bermacam jenis dan variasi dari kulit bayi, oleh karena itu sebagai orang tua anda harus piawai mengenali jenis kulit mereka lebih dalam lagi. Tujuannya tentu saja untuk mencegah terjadinya iritasi maupun penyakit kulit yang tentu akan sangat mengganggu keleluasaan si kecil untuk beraktifitas.

Mengingat kulit bayi yang masih halus dan seringkali timbul ruam apabila tidak hati-hati dalam memberikan pelembab, maka Anda memerlukan cara merawat kulit bayi yang tepat.

Sebenarnya tidak ada langkah khusus, hanya saja dibutuhkan kejelian agar kulit tetap sehat dan terhindar dari gatal-gatal. Nah, bagi Anda yang belum paham dengan tekniknya, berikut ini referensi yang bisa Anda jadikan panduan.

1.      Pakailah body lotion
Agar kulit bayi tetap lembab, pilihlah body lotion yang aman. Usahakan untuk memilih body lotion yang di dalamnya tidak terkandung pewangi, pewarna, maupun zat kimia berbahaya yang mengancam kesehatan si buah hati.

2.      Jangan gunakan sabun anti bakteri
Sebagian orang mungkin berpikir bahwa cara merawat kulit bayi dengan sabun yang dimaksudkan mencegah tumbuhnya jamur ini akurat, namun siapa sangka jika tindakan ini sama sekali tidak berlaku untuk kulit sensitif?. Sabun yang diperkaya dengan zat ini dikhawatirkan akan menimbulkan iritasi.

3.      Hindari memandikan bayi terlalu sering
Meski menginginkan tubuh bayi yang fit, jadwal mandi yang sering terutama pada musim dingin akan membuat kulit bayi semakin kering. Umumnya, cukup 2 kali sehari atau 1 kali yang intinya disesuaikan dengan kondisi.

4.      Baby oil
Pembersih ini memang diformulasikan dengan bahan-bahan recommended untuk melindungi kulit bayi dan menjaganya agar tetap mulus, putih, dan lembut. Caranya cukup masukkan baby oil ke dalam air yang akan dipakai untuk mandi si buah hati. Mantapkan hati anda dengan menentukan produk yang berkualitas. Artinya dilengkapi komposisi, tanggal kadaluarsa, maupun aturan pakai. Bagian dari cara merawat kulit bayi ini memang sederhana. Namun jika Anda tidak selektif, tidak menutup kemungkinan kejadian yang fatal akan menghampiri malaikat kecil kesayangan keluarga ini. 

5.      Keringkan bayi setelah mandi
Perhatikan secara detail mulai dari kulit hingga lipatan yang semestinya anda bersihkan. Kemudian keringkan dengan handuk untuk menghindar bakteri dan kuman yang menjadi pemicu permasalahan kulit seperti eksim, kadas, atau alergi.

Masih banyak cara merawat kulit bayi yang bisa Anda tempuh. Selama tidak disertai efek samping yang merugikan, Anda pun boleh menjajalnya sebagai alternatif yang jitu. 

2 comments:

  1. Tips yang cocok buat para Mama muda. ^_^

    ReplyDelete
  2. Jadi sabun anti bakteri malah gk begitu bagus, ya? Wah, kudu jadi catatan nih

    ReplyDelete