Saturday

Menikmati Pameran Lukisan Kepresidenan di Galeri Nasional

Terlahir hobby jalan-jalan itu mulai gatel kalau harus duduk diem di kos aja tanpa ngapa-ngapain. Duh kemana ya enaknya? Mulai dech browsing sosmed mulai dari IG, Twitter sampai Facebook ada beberapa yang ditemui. Buat memastikan cari info juga ah di google. Cari sana sini, mulai utak atik beberapa jauh dari tempat tinggal masih takut kemana-mana.Udah ada beberapa kandidat tapi jauh nya gak nahan hikz. Sore lagi santai dikamar lihat instagram eh ada teman update foto lagi lihat pameran di Galeri Nasional dengan Tema Senandung Ibu Pertiwi. Selain itu trus buka google nemu artiket di jadimandiri.org Nah kayaknya cocok banget nich, deket banget sama kos dan di pusat kota. Coba ah...

Galeri Nasional merupakan sebuah lembaga budaya negara yang gedungnya antara lain berfungsi sebagai tempat pameran, dan perhelatan acara seni rupa Indonesia dan mancanegara. Galeri Nasional terletak di Jalan Medan Merdeka Timur No. 14 Jakarta Pusat. 

Pagi berangkat dari kost sekitar jam 10.00 supaya belum ramai. Gak jauh sekitar 20 menit sudah sampai, makanya okelah hahaha. Galeri Nasional terletak persis di depan stasiun gambir, jadi kalau datang dari luar kota atau pergi dan nunggu kereta cocok banget nich main kesini bentar hehehe. Eh disana ketemu teman-teman blogger juga pengen main-main sama

Tiket masuk ke Galeri Nasional buat lihat pameran ternyata gratis lho jadi aman mau bawa rombongan sirkus hahaha. Trus buat kalian yang mau kesini jangan bawa macem-macem ya karena bakal kena semprit pak satpam. Boleh masuk cuma dompet dan hp aja ya, mau bawa kamera sebagus apapun tetep aja gak boleh ya. Jadi saat ambil antrian masuk kita nitipkan tas ke petugas, masuk bawa hp dan dompet aja ya.

Lukisan karya Makovsky
Pameran Lukisan ini dalam rangka memperingati Kemerdekaan HUT RI ke 72, pamerannya gak main-main ini adalah lukisan Koleksi Istana Kepresidenan Indonesia. Pameran Lukisan di Galeri Nasional ini bertema "Senandung Ibu Pertiwi" Lukisan yang dipamerkan ada sekitar 48 lukisan, dari sekian itu ada 41 lukisan yang sudah usia banget karena dibuat di abad 19 dan abad 20. Nah jadi tau khan alasannya kenapa ketat banget penjagaannya, ini adalah warisan leluhur brooo

Masuk area gedung kita akan disuguhkan LCD sangat besar dan menampilkan karya lukisan yang wow bagus banget. Lukisan karya Makovsky, ini adalah lukisan menceritakan tentang pernikahan tradisional di Rusia. Lukisan Karya Makovsky ini diberikan oleh Presiden Uni Soviet kepada Presiden Soekarno pada tahun 1960. Karena besarnya lukisan ini maka Lukisan ini tidak bisa dibawa ke Galeri Nasional, ukurannya sekitar 4x3 meter

Masuk ke dalam di Galeri Nasional setelah melihat Lukisan Karya Makovsky didalam akan melihat lukisan lainnya. Lukisan yang terdiri dari 48 foto ini dibagi menjadi beberapa sub teman :
  1. Keragaman Alam (12 lukisan) Merupakan bagian dari daya tarik Kepulauan Nusantara yang saat ini menjadi keunggulan wisata dunia
  2. Dinamika Keseharian (11 lukisan) Menggambarkan kehidupan sehari-hari dari kalangan masyarakat petani, nelayan dan para pedagang. Pemandangan umum pada masanya, namun masih berjejak hingga kini.
  3. Tradisi dan Identitas (15 lukisan), sebagai informasi Istana Kepresidenan memiliki lebih dari 50 lukisan bertema kebaya, menunjukkan bahwa kebaya menjadi tradisi dan identitas berbusana di Indonesia.
  4. Mitologi dan Religi
    Masyarakat dari berbagai pelosok Kepulauan Nusantara yang kaya dengan nilai-nilai mitologi yang berasal dari perpaduan agama-agama besar yaitu Islam, Kristen, Hindu, dan Budha

Lukisan Laut Flores Karya Basoeki Abdullah
Keberagaman Alam
Pada tema keberagaman alam ini banyak sekali lukisan karaya maestro Indonesia salah satunya Basoeki Abdullah. Basoeki Abdullah dikenal sebagai pelukis aliran realis dan naturalis. Basoeki pernah diangkat menjadi pelukis resmi Istana Merdeka Jakarta dan karyanya menghiasi istana-istana negara dan kepresidenan di Indonesia

Salah satu yang menarik pada tema keberagaman alam adalah lukisan pemandangan Laut di Flores. Aslinya ini adalah Lukisan karya Presiden Soekarno saat di pengasingan, dulu Persiden Soekarno melukis hanya menggunakan Cat Air. Tetapi setelai usai dari pengasingan Presiden Soekarno meminta Basoeki Abdulla membuat ulang dengan kanvas dan ukurannya lebih besar. Maka dibuat ulang oleh Basoeki Abdulla dengan hasil yang optimal.

Ada pula lukisan Harimau minum, menurut penjelasan mba yang bertugas. Lukisan Harimau minum ini adalah Lukisan yang paling di senangi Presiden Soekarno. Menurutnya Harimau merupakan raja rimba, hampir sama dengan Soekarno yang menjabat sebagai Presiden. Ia harus tetap tegar dan kuat di hadapan masyarakatnya. tetapi kadang merasa kesepian, kadang hanya air yang bisa menemani. Air bisa untuk berkaca bagaimana diri kita saat ini.

Sambutan Rakyat Bali kepada Presiden Soekarno
Dinamika Keseharian Masyarakat
Lukisan disini sangat beragam mulai dari kebiasaan masyarakat Indonesia di daerahnya masing-masing. Ada lukisan bertani, Lukisan Sungai Musi, Lukisan Penjual Sate, dll. Paling unik bagiku karena ada lukisan Ida Bagus orang bali yang menceritakan tentang Sambutan Rakyat Bali kepada Presiden Soekarno, ini adalah saat kunjungan Presiden Soekarno ke Bali

Baju Kebaya
Tradisi dan Identitas
Tradisi dan Identitas lebih memperlihatkan tentang baju adat. Bagaimana keseharian masyarakat Indonesia terutama Jawa menggunakan baju  sehari-hari. Kebanyakan dalam sub tema ini yang di tunjukkan adalah baju kebaya yang digunakan sehari-hari. Bagaimana kebaya menjadi ciri khas masyarakat Jawa hingga saat ini. Selain itu ada juga baju ada Kalimantan Timur, baju ini lebih ditunjukkan dengan gampar penari Kalimantan, bagaimana penari pria dan wanita menggunakan baju adat lengkap.

Lukisan Nyi Roro Kidul
Mitologi dan Religi
Tema Mitologi dan Religi ini sangat kental dalam kehidupan kita. Seperti karya maestro Basoeki Abdulla sang seniman yang sering menggambarkan tentang kisah pewayangan dan mitos khusus nya yang berasal dari jawa. Aneka lukisan mulai dari Kisah Gatotkaca, Nyai Roro Kidul, dll. Gambaran Nyi Roro Kidul menggunakan gaun malam dengan kalung mutiara, lukisan ini menggammbarkan tentang perempuan seduktif dengan posisi yang kuat.

Selain itu diruangan kecil memamerkan tentang Arsip dan dokumentasi yang berkait dengan materi pameran dan pemeliharaan koleksi istana pada ruang khusus. Jadi kita akan membaca arsip lama dan cara memelihara koleksi istana

Nah bagus banget khan kesini banyak pengetahuan yang didapat. Selama ini cuma sering dengar nama Basoeki Abdullah, gak tau siapa. Ternyata baru tau dia maestro pelukis yang istimewa, karya nya bagus bangettt.

Kalau udah selesai disini bisa melihat pameran lain yang ada di seputar Galeri Nasional. Kalau Pameran Senandung Ibu Pertiwi buka mulai tanggal 2 Agustus sampai 30 Agustus lho, mumpung masih banyak waktu segera dech cuzz ya. Cuma 1 tahun sekali. Jangan sia-siakan

28 comments:

  1. Yang laut flores itu kayak foto,keren...
    aku kalo lihat lukisan selalu takjub,itu gimana bikinnya kok keren banget^^

    ReplyDelete
  2. lukisan Nyai itu paling magis menurut saya, takjub!

    ReplyDelete
  3. sempet tercengang loh beneran pas liat lukisan2 di sana. beberapa lukisan bener2 detail, miriipp banget sama aslinya ato foto lah. tapi emang beneran hrs liat langsung deh ya

    ReplyDelete
  4. Natural banget pas juga lihat lukisan-lukisan di Pameran, kagum dengan keahlian para Pelukis Istana

    ReplyDelete
  5. Mba,,, datang k sini baru tau kalau bung Karno itu jago lukis Dan bisa Liat lsg lukisan nyi Roro kidul jadi tambah pengalaman

    ReplyDelete
  6. Duh udah lama gak ke GALNAS nih. Ini pameran ibu pertiwi-nya sampai tanggal berapa Mbak? Terus-terus ada di ruangan mana? Jadi pengen ke sana lagi deh. Memang ya, lukisan-lukisan di Galnas itu keren banget, kek seakan tersihir gitu kitanya.

    ReplyDelete
  7. Yang aku suka tentu lukisan Basoeki Abdullah, Njai Roro Kidul. Eksotis dan mistis. Jadi pengen balik lagi ke GalNas ah mumpung masih ada

    ReplyDelete
  8. Aku suka banget liat lukisan yang laut flores, begitu asri, salut sama presiden soekarno yang bisa menggambarkannya dgn jelas dan dilukis ukanh sm basoeki abdullah

    ReplyDelete
  9. wah, aku baru tahu ini, itu lukisan emang bagus2 banget ya yang dikasih liat contohnya. penuh inspirasi

    ReplyDelete
  10. Lukisan selalu menarik untuk disimak dan dinikmati ya mba rian :)

    ReplyDelete
  11. Mbak, kalau hanya boleh bawa hp dan dompet, nggak bolej potret-potret narsis di dalam dong? 😀

    Lukisan nyi Roro Kidul magis banget nuansanya. Apalagi aku yang hidup di Jawa dengan dongeng nyi Roro Kidul yang serem, langsung mrinding. 😂

    ReplyDelete
  12. Favorit jatuh ke Lukisan Karya Makovsky. Kaya mozaik, kotak2 tiap warna beda. Pasti gak gampang bikinnya. Yang lain juga keren abis, bener2 kaya gambar nyata

    ReplyDelete
  13. lukisan yang sambutan rakyat Bali ke Presiden Soekarno itu rameee dan detail banget. Mikir gimana ya membuatnya. Detailnya menampilkan segala hal yang khas Bali deh

    ReplyDelete
  14. Lukisannya cantik2, letaknya deket gambir yah, bisa sekalian ke monas donk ��

    ReplyDelete
  15. Lukisan sambutan masyarakat Bali kepada Presiden Sukarno saya malah kelewat ih lihatnya. Keren banget ternyata lukisannya. Detail dan penggambaran suasananya bener2 Bali di masa lalu ya kayaknya. Makasi sudah memasukkan foto lukisan itu, mbak.

    ReplyDelete
  16. Aku sebenarnya bukan penikmat lukisan lho. Tapi suer, lukisan2 dinatas bagus

    ReplyDelete
  17. Lukisannya bagus-bagus banget ya, Mbak.. dari berbagai aliran pula. Ya namanya juga milik istana kepresidenan yaa.. hihihi.
    Banyak pelajaran yg didapat ya dari liat pameran :)

    ReplyDelete
  18. Tuuh kan kesana gak ajak²... Huffft..
    Minggu depan diagendakan kesana yuk mba.. pengen refreshing dan cari inspirasi dengan menikmati hasil karya berupa lukisan disana

    ReplyDelete
  19. Orang seni yang mengagumkan.
    Matanya sungguh terlatih melihat lukisan yang unik dan bermakna.

    ((kagum))

    ReplyDelete
  20. Lukisan hadiah dari Soviet itu ya yang pesta ala-ala Tsar Rusia itu. Keren. Lukisan Basuki Abdullah juga keren2 dikoleksi Bung Karno

    ReplyDelete
  21. Hahaha dirimu dkt bgt 20 menit udah sampe situ :D.
    Pasti org yg suka foto2 bakal gatel ga foto lukisannya hehe, tp biar kita bs enjoy kali ya, dan takutnya kl yg udah rapuh kena sinar kamera jd rusak - katanya sih.
    Anyway, aku suka juga yang lukisan flores <3

    ReplyDelete
  22. saya gagal fokus dengan lukisan nyi roro kidul...sepertinya hidup banget ya
    seperti ada rohnya hehehe
    saya blm pernah liat lukisan asli karya maestro ternama indonesia
    moga bisa suatu saat nti

    ReplyDelete
  23. Bahagia banget datang ke pameran lukisan kepresidenan begitu. Aku sukaaaaaaaa! Karya seniman bali yang paling bikin aku jatuh hati :3

    ReplyDelete
  24. Aku belum pernah ke GALNAS padahal rumah di Jakarta :(
    Lukisannya bagus" ya, tema tersendirinya unik-unik. Sukaaa liatnya :)

    ReplyDelete
  25. Suka takjub kalau melihat lukisan gtu, aku sellau kepikiran proses kreatif di baliknya. Drmn dapat idenya, brp lama waktu yg dibutuhkan buat nglukis dll hehe

    Btw ini galerinya wiken buka? Balita boleh masuk?

    ReplyDelete
  26. Puja dewi pantai selatan :3 galeri lukisannya bagus banget lukisannya banyak yang mempunyai arti banyak banget.

    Jadi pingin kesana nih galeri nasional pingin lihat lukisan yang indah dan bagus

    ReplyDelete
  27. Sungguh ingin ke pameran lukisan, ingin mengagumi karya hebat yang ada di sana. Sayang belum ada waktu. Keren semua lukisannya, jatuh hati akutu.

    ReplyDelete