Kuliner Wisata

CSR Rumah Panjang Betang Saham

Rumah Panjang Betang Saham
Hari kedua saya sungguh excited untuk hari kedua ini karena hari ini akan ada acara CSR (Corporate Social Responsibilities), kita akan bertemu adik-adik di Rumah Betang Panjang Saham. Disana kita akan bermain bersama dengan mereka selama beberapa jam, untuk merasakan hidup disana dan berbagi untuk menggugah inspirasi mereka sambil membuka wawasan akan keanekaragaman di luar sana. Pagi kami masing-masing melakukan sarapan Pagi di restauran Hotel Gardenia Pontianak, mempersiapkan tenaga untuk melakukan perjalanan sekitar 5 jam dari Pontianak.

Sebelum melakukan perjalanan kami diajak oleh team Datsun Risers Expedition untuk pemanasan agar badan tidak terasa kaku saat mengendarai mobil Datsun Go yang digunakan oleh para risers, mobil ini akan sama-sama kita pacu menikmati jalanan di Pontianak dan merasakan nikmatnya lebih jauh. Kurang lebih pukul 08.00 kami mulai melakukan iringan untuk melakukan perjalanan ke daerah saham, perjalanan berjalan dengan rapi dan teratur agar memudahkan untuk Kapten mengatur laju perjalanan kami.

Perjalanan panjang yang kami lakukan diselingi canda tawa teman-teman lelalui radio kami, para risers memberi pertanyaan bahkan kadang menjawabnya dengan diselingi canda tawa kami ini membuat kami meski berjalan mengendarai mobil dengan waktu yang lama tidak membosankan karena keakraban dan kekeluargaan teteap terjalin kebersamaannya lewat radio. Pukul 12.00 akhirnya kami memilih untuk berhenti sebentar sekedar istirahat untuk melepas lelah dan bosan, siapa tau akan ada pergantian supir antar risers karena sudah mengendarai sekita 4jam. Kami beristirahat sekitar 1 jam untuk melepas bosan dan sesekali bercanda antar risers dan team Datsun Risers Expedition, saat istirahat ada yang menikmati dengan makan siang, makan mie instan, minum kopi dan ada yang santai utak utik hp sambil ngobrol bersama. Saat kumpul seperti ini menjadi saat yang sangat menyenangkan untuk kami, karena kekeluargaan serta keakraban kami sungguh terasa tidak ada lagi sungkan kami saling membaur dan bercanda.

Setelah istirahat dirasa cukup kami melanjutkan perjalanan kembali untuk menuju Rumah Panjang Betang Saham, kami menuju ke Rumah Betang ini kira-kira 1 jam. Sambil melakukan perjalanan kami kadang berhenti untuk melakukan pengambilan foto dari atas maupun saat mengendara mobil Datsun Go. Saat perjalnanan ini kami sungguh menikmati mobil ini dengan sangat nyaman, speed yang bisa digunakan sangat baik hingga kami nyaman saat berkendara meski posisi naik turun bukit. Pemandangan alam di kalimantan yang indah juga kami temui, jauh dari pulai jawa yang awannya terkesan gelap disini langi yang biru serta awan yang putih membuat kami sangat terkesan disini. Panas terik matahari di Pontianak tidak pernah menyurutkan kami untuk terus semngat menjelajah Kalimantan lebih dalam.

Anaka-anak di Rumah Betang Panjang Saham

Setelah perjalanan kami sampai di Rumah Betang Panjang Saham, sampai disini kami langsung disambut oleh adik-adik yang lucu sambil mereka melambaikan tangan tanda mereka sangat senang menerima khadiran kami disini. Setelah semua tim turun acara dini pun dimulai, acara dipimpin oleh Mba Dayu sebagai MC. Mba Dayu mempersilahkan Pak SekDes untuk menyampaikan sambutannya, beliau menjelaskan bahwa sangat senang mendapat kunjungan dari Team Datsun Risers Expedition karena mereka dapat mengenalkan sisi lain Indonesia di Pontianak. Rumah Betang Panjang Saham ini berbentuk rumah panggung dan berdiri sepanjang lebih dari 180m dan terdiri dari sekitar 40 kepala keluarga, mereka bersama-sama hidup berdampingan gotong royong dan dibawah mereka ada hewan peliharaan seperti babi dan anjing. Rumah Betang Panjang Saham ini terletak di salah satu gunung di Pontianak yaitu Gunung Sehaq.

Diadakan simbolis penyerahan bantuan CSR dari Datsun Indonesia yang memberikan bantuan kepada masyarakat di Rumah Betang Panjang Saham ini. Setelah pemberian simbolis ini anak-anak yang hadir dibagi menjadi 5 kelompok sesuai risers untuk mengadakan CSR oleh para risers, 1 kelompok 6 anak dengan usia yang berbeda-beda. Setelah pembagian kelompok kami memisahkan diri dalam kelompok kecil untuk bermain dan memberi inspirasi untuk adik-adik semua. Saya dan team risers 5 berkumpul dengan 6 adik-adik, team kami terdiri dari anak usia kelas 6 sd kelas 4 sd dan kelas 3 sd, usia mereka yang masih semangat belajar ini membuat kami ingin berbagi.

Dalam acara CSR ini team kami ingin berbagi wawasan tentang profesi masa depan mereka, dari pertanyaan kami kepada satu persatu anak mereka hanya bercita-cita menjadi guru dan polisi. Dengan informasi yang mereka miliki saya dan team sepakat untuk memberikan tambahan pengetahuan bahwa profesi masa depan mereka tidak hanya sebatas guru dan polisi tetapi bisa menjadi koki, dosen maupun penulis, profesi diatas adalah profesi kami masing-masing dan kami menambah dengan profesi-profesi lain yang mereka belum tau.

Setelah melakukan CSR kami berpamitan dengan masyarakat di Rumah Betang Panjang Saham dan berterima kasih atas kebaikan mereka menerima kami disini, kami berpamitan satu persatu sambil melambaikan tangan tanda bahwa kami akan pergi sampai ketemu di lain kesempatan. Jarak tidak jauh sekitar 1 jam kami sampai dipenginapan, setelah sampai kami diberi permainan per team untuk melakukan penggantian ban. Seluruh team di undi untuk mendapatkan urutan, saya sebagai risers 5 mendapat urutan no 4. Bagian kami kerena Felix hanya satu-satunya cow dia membagi tugas kami agar mendapat pembagian yang pas, Felix bagian melepas ban dan saya mengangkat dongkrak agar semakin cepat. Tetapi entah kenapa saat pertengahan dongkrak kurang naik, dini yang membuat kami agak lama dari teman yang lain. Meski kami gagal tapi saya pribadi senang mendapat tambahan informasi bagaimana cara mengganti ban yang benar. Permainan diakhiri dengan pemasangan ban oleh mekanik untuk memastikan ban dalam keadaan pas, serta memberi informasi kita cara penggantian ban.

Usai permainan kami diminta untuk kekamar istirahat dan mandi karena jam 19.00 kami akan berkumpul untuk makan malam, malam ini kita mengin di Hoteng Honglong di daerah Ngabang. Hotel yang terletak kurang lebih 1 jam dari perbatasan Entikong, agar lebih dekat besok saat melakukan perjalanan ke perbatasan Indonesia. Malam kami berkumpul untuk makan malam dan menikmat daerah Ngabang malam hari, ornamen lampu sedang dipersiapkan sepertinya untuk sebentar lagi akan ada Hari Raya Imlek.

Saat makan malam kami menuju ke warung makan dengan mobil bersama-sama, sampai disana kami parkir. Disini kami makan di warung rames bersama semua peserta, menu disini sangat enak dan saya sangat menimatinya sayuran dan lauknya dimasak dengan sangat pas. Setelah makan malam kami sedikit acara untuk menceritakan CSR yang dilakukan oleh seluruh team, agar dapat berbagi kepada semua teman-teman yang ada. Setelah itu dilanjutkan pengumuman pemenan games yaitu tim Risers 3, mereka melakukan dengan sangat cepat dan sesuai dengan prosedur penggantian ban. Setelai rangkaian hari kedua berjalan lancar kami kembali ke penginapan untuk beristirahat dan mempersiapkan perjalanan kami di hari ke tiga yang akan menempuh perjalanan cukup panjang.

Selamat istirahat guys!

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "CSR Rumah Panjang Betang Saham"

1. namanya rumah panjang, emang beneran panjang banget ya kak...tapi gimana nggak panjang banyak keluarga yang menyatu tinggal di rumah panjang Batang itu kok ya

ReplyDelete
  2. Acaranya seru banget. Jadi pingin ikutan ke sana deh ....