Kuliner Wisata

Kuliner Wisata

Menjelajah Wisata Air di Purwokerto, Ini Yang Perlu Kamu Siapkan


Siapa sangka jika ternyata Kota Purwokerto menyimpan banyak potensi wisata yang tak kalah dengan kota-kota lain di sekitarnya, seperti Yogyakarta, Solo, dan Semarang. Paling menonjol adalah wisata alam seperti petualangan dan wisata air. Kota ini mempunyai beberapa air terjun, pantai, dan goa-goa yang pastinya unik dan instagramable. Eits, tapi sebelum kamu memulai petualanganmu berwisata air di Kota Purwokerto, ada baiknya kamu mempersiapkan beberapa hal berikut.

sumber  skyscrapercity.com
Moda Transportasi
Berlibur ke Kota Purwokerto sebenarnya tidaklah sulit. Akses menuju ke kota ini terbilang cukup mudah. Jika kamu menggunakan moda transportasi pesawat, kamu bisa mendarat di Yogyakarta dan melanjutkan perjalananmu dengan bis menuju Purwokerto. Alternatif lain adalah dengan menggunakan kereta api. PT KAI menyediakan kereta api Argo Lawu yang menghubungkan Stasiun Gambir Jakarta dengan Stasiun Solo Balapan. Dalam rutenya, kereta api ini melewati beberapa stasiun seperti Stasiun Klaten, Stasiun Yogyakarta, dan Stasiun Karanganyar. Jika kamu hendak ke Purwokerto dengan kereta api Argo Lawu ini, kamu bisa turun langsung di Stasiun Purwokerto. Jangan khawatir masalah tiket, kamu bisa mendapatkan tiket kereta api Argo Lawu melalui situs travel online seperti Traveloka dengan mudah dan jaminan harga murah, yakni berkisar antara 285.000 – 380.000 rupiah. Selanjutnya kamu bisa memilih transportasi lokal untuk bisa sampai ke tempat wisata tujuan yang kamu pilih.

Pakaian dan Perlengkapan Lainnya
Kota Purwokerto merupakan kota beriklim tropis yang cenderung bersuhu panas. Kamu bisa membawa beberapa pakaian yang nyaman seperti pakaian berbahan kaos atau katun. Kacamata dan sun block juga perlu kamu bawa terutama jika kamu hendak mengunjungi beberapa pantai di kota ini. Walaupun begitu, Kota Purwokerto memiliki curah hujan yang tinggi. Tidak ada salahnya kamu membawa payung atau jas hujan sebagai antisipasi jika turun hujan.

Peta dan Informasi
Sebelum kamu memulai liburanmu, perlu kamu ketahui segala informasi mengenai tempat tujuan wisatamu, terutama jika kamu ingin mengunjungi tempat-tempat wisata alam yang minim fasilitas. Dengan mengumpulkan banyak informasi tersebut, kamu bisa mempersiapkan segala sesuatunya agar liburanmu tidak berantakan. Selain itu, membawa peta juga tidak ada ruginya. Hal ini berguna supaya kamu tidak tersasar dan sampai ke tempat tujuan sesuai jadwal. Satu hal lagi yang penting adalah alamat dan nomer telepon tempat-tempat umum seperti rumah sakit dan kantor polisi.

Kamera dan alat dokumentasi lainnya
Berlibur jelas tidak akan lengkap jika tidak mendokumentasikannya. Persiapkan kamera atau minimal smartphone untuk mengabadikan tiap moment liburanmu. Apalagi, tempat wisata alam di wilayah ini terkenal cukup instagramable.

Jika persiapanmu sudah lengkap, segera jadwalkan liburanmu ke Purwokerto. Beberapa tempat wisata alam berikut bisa jadi referensi buatmu

Curug Cipendok
Purwokerto memiliki beberapa air terjun yang unik dan eksotis yang biasa orang setempat sebut curug, salah satunya adalah Curug Cipendok. Terletak di Kecamatan Cilongok, curug ini memiliki aliran air yang sangat tinggi. Dengan pemandangan hutan dan pepohonan hijau di sekitar air terjun menambah keindahan panorama di kawasan ini. Namun, karena tinggi dan derasnya aliran air, kamu perlu berhati-hati dan tidak boleh terlalu dekat dengan air terjun.

Telaga Sunyi
Bagi kamu yang menyukai bermain air, kamu harus mengunjungi Telaga Sunyi. Air di telaga ini bersumber dari Gunung Slamet, yang menjadikan air sangat dingin dan segar. Saking beningnya air di Telaga Sunyi, kamu bisa berfoto di dalam air serta menikmati dasar telaga yang indah.

Goa Sarabadak
Goa Sarabadak merupakan pertemuan aliran air panas dan dingin yang berasal dari bebatuan di sekitarnya sehingga membuat bebatuan yang teraliri air tersebut berwarna kuning keemasan. Letaknya 50 meter di bawah pemandian air panas Pancuran Pitu. Warna bebatuan yang indah ini sering diunggah wisatawan di sosial media mereka.

Pemandian air panas Pancuran Telu dan Pitu
Pemandian air panasan Pancuran Telu dan Pancuran Pitu terletak di kawasan wisata Baturraden. Kedua pemandian air panas ini merupakan pancuran yang mengeluarkan air panas  langsung dari perut bumi. Karena mengandung belerang, pemandian ini dipercaya baik untuk kesehatan. Aliran air yang mengandung belerang berwarna orange ini membentuk sebuah tebing yang unik.


Subscribe to receive free email updates:

10 Responses to "Menjelajah Wisata Air di Purwokerto, Ini Yang Perlu Kamu Siapkan"

  1. Wah banyak banget ternyata wisata alam di sana yaa, huhu. Satupun belum ada yang ku datangi.

    ReplyDelete
  2. Jadi pingin liburan ke Purwokerto nih, hehe.

    ReplyDelete
  3. Gak nyangka yaa, ternyata Purwokerto banyak destinasi wisatanya.

    ReplyDelete
  4. Purwokerto punya banyak destinasi wisata air ya! Jadi pengen berkunjung ke sana :D

    ReplyDelete
  5. Nice share, mbak.. bisa diagendakan untuk tujuan touring, destinasi akhir wisata alam, biasanya akan diminati setelah beberapa jam naik motor :)

    ReplyDelete
  6. pass nih lagi nyari jalan jalan ke purwokerto kemana enaknya hihihi

    ReplyDelete
  7. purwokerto sepertinya menarik, belum pernah kesana sih, cuma makan mendoannya doang.. hahaha tapi ternyata purwokerto banyak juga ya tempat wisatanya... nice destination sepertinya...


    https://risingecha91.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  8. Aku taunya Purwokerto itu cuma Baturraden. Ternyata ada lainnya.

    ReplyDelete
  9. kalo ada foto2 nya lebih menarik mbak hehe

    ReplyDelete
  10. F4n5--83771nG => Agen BOLA terbesar BBM : 5EE80AFE ^o^

    ReplyDelete