Kuliner Wisata

Kuliner Wisata

8 Camilan Sehat untuk Sang Buah Hati


Kebutuhan anak-anak, terutama makanan merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi orang tua dengan baik dan benar. Hal ini karena anak-anak masih belum bisa menentukan apakah makanan itu baik baginya atau tidak. Anak hanya tertarik pada tampilan atau bentuk makanan yang menarik seperti warna yang terang, bentuk yang unik, dan sejenisnya tanpa tahu apakah makanan tersebut baik atau buruk untuk kesehatan. Kebutuhan akan makanan ringan juga perlu dipenuhi untuk anak-anak karena sebagian besar mereka selalu lebih tertarik pada jajanan pasar ketimbang makanan pokok.

Nah, untuk mengantisipasi adanya jajanan yang tidak sehat, para orang tua harus mempersiapkan lebih awal camilan sehat yang dibuat sendiri (homemade). Apa saja camilan sehat tersebut? Yuk, simak ulasannya berikut.

Buah-buahan Segar
Tak hanya anak-anak, kebutuhan akan buah-buahan ini sebenarnya sangat diperlukan oleh semua kalangan tanpa batasan usia. Selain rasanya yang segar, buah ini banyak mengandung zat gizi yang diperlukan tubuh dan tidak disediakan tubuh. Nah, daripada memberikan anak-anak makanan jajanan yang kebanyakan junk food, lebih baik sediakan buah-buahan untuk dikonsumsi anak.
Ada banyak pilihan yang bisa kamu persiapkan seperti jeruk, manggis, apel, mangga, dan masih banyak lagi. Tahukah kamu? Menurut penelitian, anak-anak membutuhkan 1,5 cup buah tiap harinya, lho! Ya, hal itu demi mencukupi kebutuhan nutrisi dan vitamin sang anak, sedangkan untuk memenuhi kebutuhan kalsium, kamu bisa mencampurkan yogurt pada buah atau menyajikannya dengan buah kering.

Sereal
Selain nasi, anak-anak butuh nutrisi semacam sereal untuk membantu kesehatan serta kelancaran pencernaan. Perhatikan kandungan gula dari sereal saat menyajikannya. Pastikan jika sereal tersebut punya kandungan gula yang rendah untuk mencegah risiko gula darah sejak dini.

Selai Kacang
Salah satu camilan sehat lain yang perlu kamu ketahui dan persiapkan adalah selai kacang. Makanan ini punya kandungan protein, serat, serta lemak yang tinggi. Untuk mencegah risiko lemak jahat, kamu bisa pilih selai kacang alami yang dibuat sendiri (homemade). Kamu hanya perlu mengoleskan selai kacang tersebut pada biskuit atau pada camilan lain seperti batang seledri dan taburi dengan kismis. Dijamin anak-anak akan tetap sehat meski ketagihan dengan camilan ini.

Sayuran
Sayuran ini memang harus dikenalkan pada anak-anak sejak kecil demi memenuhi kebutuhan nutrisinya. Umumnya, orang tua menjadikan sayuran ini sebagai lauk makanan. Namun, tak melulu harus berupa lauk kok karena sayuran juga bisa dijadikan sebagai camilan, misalnya sate sayuran atau keripik yang diolah dengan sayur seperti bayam.

Pizza
Pizza ini dikenal sebagai makanan yang penuh kandungan lemak sehingga sangat dihindari oleh kalangan orang tertentu. Namun, untuk disajikan sebagai camilan anak, kamu wajib mengolah makanan ini sendiri. Pastikan untuk menggunakan bahan-bahan yang sehat dan keju yang rendah lemak. Taburi juga sayuran favorit anak-anak untuk melengkapi nutrisi yang diperlukan sehari-harinya.

Quesadillas
Salah satu camilan sehat yang sangat disukai anak-anak adalah keripik dengan rasa yang gurih. Ya, keripik tortilla ini termasuk camilan yang sehat karena mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Untuk menambah nilai gizi camilan tersebut, kamu bisa menambahkan campuran keju yang rendah lemak dan dilelehkan. Keju tersebut mengandung kalsium yang sangat baik untuk pertumbuhan tulang anak. Nggak repot kok, hanya butuh 5 menit untuk menyiapkan camilan sehat tersebut.

Popcorn
Jika popcorn dikenal sebagai camilan saat menonton bioskop, sekarang kamu bisa mengolahnya sendiri untuk dijadikan camilan anak. Tahukah kamu? Popcorn  mengandung bijian utuh dan serat yang efektif mencegah diabetes serta penyakit, lho!

Keju
Keju merupakan makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D. Jadi, sangat cocok untuk dikonsumsi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Untuk menyajikannya, kamu bisa melelehkan keju pada sayuran sehingga anak tertarik untuk mengonsumsinya.

Nah, itulah beberapa camilan atau makanan ringan sehat yang bisa kamu persiapkan untuk sang buah hati. Pastikan jika anak-anak tidak bosan dengan membuat camilan yang variatif, ya! Selain memperhatikan camilannya, orang tua wajib memastikan jika minuman yang dikonsumsi anak sehat. Yuk, mulai biasakan anak untuk makan camilan sehat!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Camilan Sehat untuk Sang Buah Hati"

Post a Comment