Kuliner Wisata

Kuliner Wisata

Mengenali Sub Kelas Kereta Api


Kereta api juga sama dengan transportasi udara yang memiliki kelasnya masing-masing. Kelas yang tersedia di kereta api juga memiliki subkelas yang bisa kamu pilih sesuai budget. Bedanya kelas di pesawat hanya dibagi-bagi tempatnya namun tetap dalam satu pesawat yang sama sehingga waktu yang dibutuhkan untuk perjalanan sama semua kelasnya, yang beda hanya pelayanannya. Agar kamu lebih paham, mari kenali sub kelas kereta api PT KAI berikut ini. 


1. Ekonomi
Lakukan reservasi tiket kereta api kamu secepatnya, tapi perhatikan dulu subkelas yang sesuai denganmu. Pertama ada kelas ekonomi di mana kapasitas penumpang maksimalnya adalah 106 penumpang. Untuk kamu yang tidak pernah naik kereta api pasti berpikir bahwa kelas bisnis tidak memiliki fasilitas pendingin ruangan, bukan? Nope. Kamu salah jika berpikir demikian karena kelas ekonomi dilengkapi dengan bangku, colokan listrik hingga pendingin ruangan alias AC. 
Hanya saja ciri khas bangku yang tersedia untuk kelas ekonomi adalah bangku sambung yang memuat dua orang penumpang. Bangkunya juga tegak dan dilapisi dengan busa yang tidak begitu tebal. Meskipun demikian kelas ekonomi cukup nyaman untuk ditumpangi mengingat udara yang sejuk di dalamnya. Kelas ekonomi kereta api umumnya memiliki stasiun yang beda dengan subkelas lainnya. Kelas ekonomi dibagi lagi menjadi beberapa kelas.

Ekonomi 106 seat
Ekonomi 80 seat
Ekonomi new image 2016
Ekonomi premium

2. Bisnis
Selanjutnya ada kelas bisnis di mana bangkunya disediakan individu yang terasa lebih privat dibandingkan kelas ekonomi. Satu penumpang satu bangku yang disusun dua baris. Ada 64 bangku dengan jarak kaki yang lebih lapang untuk kelas bisnis. Bangku kelas bisnis tidak bisa direbahkan untuk membuat kamu lebih nyaman ketika istirahat. 
Namun dengan busa tebal pada bangkunya kamu masih bisa istirahat dengan nyaman, bangku kelas bisni hebatnya bisa diputar arah hadapnya meskipun tidak bisa direbahkan. Lihat dari segi fasilitasnya, sub kelas bisnis ini juga sama dengan ekonomi karena memiliki colokan listrik dan juga pendingin ruangan. Interiornya lebih menarik karena dilapisi dengan sarung bangku sehingga terlihat lebih berkelas. 


3. Eksekutif
Apabila dilihat sekilas, sub kelas eksekutif memang hampir menyerupai kelas bisnis. Bedanya adalah kapasitas per kereta yang hanya memiliki 50 bangku. Jarak antara penumpang juga lebih lapang serta busa bangku yang lebih empuk, bangkunya juga dapat diubah arah hadap dan dapat direbahkan untuk tingkat kenyamanan maksimal hingga 50 derajat. Kelas eksekutif juga dilengkapi dengan bantal, selimut, colokan listrik, televisi per kereta serta pendingin udara. 
Kereta kelas eksekutif beda dengan kelas ekonomi karena umumnya eksekutif menghabiskan waktu lebih singkat. Untuk sekali perjalanan bisa cepat sampai karena tidak berhenti di banyak stasiun seperti kelas ekonomi. Beda lagi dengan pesawat yang kelas bisnis, ekonomi dan eksekutifnya sama-sama berada dalam satu pesawat sehingga waktu landingnya sama. 


4. Prioritas
Kelas prioritas memiliki perbedaan yang cukup signifikan dengan kelas eksekutif. Kamu bisa memperhatikan fasilitas yang diusung di subkelas ini. Kamu bisa menikmati segala fasilitasnya secara pribadi seperti halnya karaoke yang disediakan pada setiap tempat duduk penumpang. Lalu kamu juga bisa menikmati makanan ala carte. Fasilitas lainnya seperti Mini Bar, TV 52 Inch, crew khusus dan toilet khusus.
Desain kereta cukup terlihat perbedaanya dengan subkelas lainnya, kereta didominasi dengan warna coklat dan emas ini seolah mewakili pelayanan yang diberikan oleh kereta prioritas sehingga eksklusif dan elegan. Untuk satu kereta subkelas prioritas memiliki kapasitas 28 orang penumpang di mana kursinya menyerupai pesawat lengkap dengan tumpuan pada kaki dan dapat direbahkan menggunakan tuas. 


5. Sleeper
Subkelas yang satu ini juga memiliki perbedaan yang menonjol dilihat dari bentuk bangku yang menyerupai kelas bisnis bangku pesawat. Masing-masing bangkunya dilengkapi partisi yang dapat memberikan suasana lebih privat bagi penumpang serta dapat direbahkan hingga sudut 150 derajat menggunakan tombol otomatis. Busa bangku kelas sleeper juga terasa lebih empuk, kamu bisa menikmati perjalanan dengan istirahat senyaman mungkin dengan rebahan layaknya di atas kasur. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenali Sub Kelas Kereta Api"

Post a Comment