Kuliner Wisata

Kuliner Wisata

Tips Mendapatkan Promo Tiket Kereta Api


Bagi anda yang seorang backpacker dan ingin berwisata kesana kemari di Indonesia, menggunakan kereta api sebagai moda transportasi anda tentu saja sangat disarankan, sehingga saat ini sudah ada banyak sekali sarana yang bisa anda gunakan untuk membeli tiket, bahkan seperti pesan tiket online disini. Harga nya yang lebih murah dibandingkan pesawat dan perjalanannya yang bebas dari macet membuat kereta api saat ini diminati.

Meskipun murah, namun tentu saja bagi anda yang ingin berwisata dengan budget terbatas, mungkin masih ingin mendapatkan potongan harga atau promo. Ada beberapa hal yang bisa anda coba lakukan agar mendapatkan potongan harga ketika membeli tiket kereta api, yaitu:

  • Rencanakan Liburan dan Pesan Tiket Dari Jauh Hari

Ketika melakukan liburan, maka pastikan anda merencanakan liburan tersebut jauh hari, dan jika anda memesan tiket kereta sejak jauh hari bahkan 4 bulan sebelum tanggal keberangkatan, biasanya anda bisa mendapatkan harga tiket yang lebih murah.
Misalkan saja, jika anda ingin pergi liburan di bulan April, maka pesan tiket kereta api sejak Januari atau Desember, karena semakin jauh jarak pemesanan tiket dengan keberangkatannya, maka akan semakin murah juga harga tiket yang anda dapatkan.
  • Cari dan Beli Tiket di Situs Booking Online

Biasanya, kebanyakan situs booking online banyak menawarkan promo tiket kereta api, dan sama dengan poin pertama, jika anda memesannya dari jauh hari maka harga tiket tentu akan menjadi lebih murah.
Pastikan anda selalu mengecek situs – situ booking online ini secara berkala untuk mengetahui promo apa saja yang sedang berlaku. Bahkan saat ini dengan adanya smartphone, anda bisa mendownload aplikasi – aplikasi booking online tersebut dan mengaktifkan notifikasinya agar anda mendapatkan kabar promo terbaru.
  • Menggunakan Agen Perjalanan

Selain dengan memanfaatkan situs booking online, anda juga bisa menggunakan agen perjalanan tour dan travel. Biasanya, para agen perjalanan ini menawarkan tiket transportasi yang murah, memang tidak sesering situs booking online namun hal ini tentu saja pantas untuk dicoba.
Anda bisa mencoba mengunjungi agen travel dengan mengakses website nya atau mendatangi lokasi agen travel, setelah iu anda tinggal berkomunikasi dengan customer service dan menanyai berbagai promo tiket kereta yang sedang berlaku saat ini, agen perjalanan juga bisa membantu anda untuk mendapatkan tiket kereta dengan harga yang lebih rendah.
  • Jangan Takut dan Ragu Jika Memilih Kelas Ekonomi

Jika anda ingin berwisata dengan budget yang terbatas dan menggunakan kereta api, maka jangan pernah ragu untuk menggunakan kereta kelas ekonomi. Sejak dulu, banyak yang beranggapan bahwa kelas ekonomi memiliki kesan yang sangat tidak nyaman.
Saat ini, kereta kelas ekonomi bisa dibilang cukup nyaman untuk perjalanan jauh, bahkan disana sudah dipasangi pendingin udara dan kursi yang nyaman. Tetapi, jika anda ingin lebih menikmati perjalanan, maka anda bisa memilih kelas bisnis atau eksekutif yang harganya tentu lebih tinggi.
  • Memanfaatkan Promo Khusus PT KAI

Selain menggunakan cara – cara diatas untuk mendapatkan harga tiket yang lebih murah, terkadang PT KAI juga sering memberikan potongan harga tiket kepada pelanggannya, apalagi jika pelanggannya tersebut merupakan pelanggan setia.
Biasanya, PT KAI akan memberikan promo ketika Ulang Tahun BUMN, HUT RI, atau bahkan ketika liburan awal tahun, biasanya PT KAI memberikan diskon tiket kereta bahkan hingga 40% dan itu berlaku untuk semua kelas.


Itulah beberapa tips yang bisa anda coba untuk mendapatkan promo tiket kereta api, namun jika anda bingung, anda bisa mencoba pesan tiket online disini dan melihat promo – promo yang sedang berlaku. Yang jelas, ketika anda ingin melakukan liburan, maka pastikan anda menentukan tanggal keberangkatan dan menyiapkan segala hal nya agar ketika perjalanan, anda tidak akan kerepotan. Pilih waktu liburan dan keberangkatan kereta ketika low season karena saat masa ini, anda akan mendapatkan banyak peluang promo – promo tiket kereta karena permintaan tiket nya yang tidak terlalu tinggi, jangan memilih liburan di peak season karena siap – siap saja anda harus mengeluarkan biaya lebih karena biasanya harga tiket melonjak tinggi.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to " Tips Mendapatkan Promo Tiket Kereta Api"

  1. Bener banget nih, jangan khawatir pesan tiket kereta ekonomi karena sekarang naik kelas ekonomi juga nyaman banget sih. Terus yang paling asyik naik kereta itu sekarang semakin tepat waktu, jadi atur jadwal lebih presisi.

    ReplyDelete