Kuliner Wisata

Kuliner Wisata

Ketahui Sistem dan Cara Kerja Reksadana Pasar Uang Sebelum Melakukan Investasi


Seiring berkembangnya waktu, kesadaran masyarakat akan pentingnya investasi mengalami peningkatan yang pesat. Banyaknya konten di media sosial dan program acara di televisi yang membahas perencanaan keuangan, membuat masyarakat semakin sadar akan pentingnya berinvestasi sedini mungkin. Reksadana Pasar uang menjadi salah satu contoh instrumen investasi yang paling banyak diminati masyarakat.

Kepopulerannya didukung karena memiliki potensi yang cukup besar dalam menghasilkan pertumbuhan keuntungan dibandingkan dengan produk seperti tabungan dan deposito bank yang memiliki suku bunga yang relatif lebih rendah. Seperti sebutannya, jenis investasi Reksadana pasar uang akan menuntun Anda berinvestasi di instrumen pasar uang dengan cara kerja yang lebih mudah dan efisien.

Pengertian Reksadana Secara Umum

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai Reksadana pasar uang akan lebih lengkap jika membahas terkait pengertian Reksadana. Reksadana sendiri merupakan sebuah wadah tempat para investor mengumpulkan dananya untuk dikelola oleh manajer investasi dan diinvestasikan ke dalam saham, obligasi, atau jenis investasi lainnya.

Semua aktivitas Reksadana telah diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sehingga Anda tidak perlu khawatir saat menginvestasikan dana Anda di Reksadana, terutama di Reksadana pasar uang. Selain itu, Reksadana juga telah diatur oleh Undang-undang yang mana tertulis di Pasar Modal Nomor 8 Tahun 1995, jadi legalitas dari instrumen investasi satu ini sudah tidak perlu diragukan.

Sistem Cara Kerja Reksadana yang Perlu Diketahui

Cara kerja Reksadana dana pada dasarnya cukup sederhana dan mudah dimengerti, dana yang Anda investasikan akan dipecah oleh manajer investasi ke beberapa perusahaan atau instrumen melalui verifikasi investasi. Dengan demikian memungkinkan aktivitas investasi Anda dalam  kondisi aman dari risiko kerugian yang tinggi. Contohnya ketika salah satu perusahaan yang dipilih sebelum mengalami kerugian, maka investasi yang Anda lakukan akan tetap aman.

Pasalnya masih ada instrumen investasi lain yang mungkin akan menghasilkan keuntungan berkali-kali lipat dari kerugian tersebut. Reksadana dapat Anda akses dengan mudah dan memiliki saluran yang luas. Sehingga Anda dapat mempelajari dan mencari informasi lebih terperinci terkait dengan alur investasi, kelebihan dan keuntungan alurnya, hingga kondisi kesehatan perusahaan.

Mengenal Apa Itu Reksadana Pasar Uang

Reksadana pasar uang merupakan salah satu jenis Reksadana yang relatif lebih aman daripada jenis Reksadana yang lainnya. Pada jenis Reksadana satu ini, dana Anda akan diinvestasikan pada deposito, Sertifikat Bank Indonesia (SBI), dan obligasi. Jenis Reksadana ini paling sering digunakan sebagai dana darurat karena memiliki portofolio yang jangka waktu jatuh temponya relatif lebih singkat yakni kurang dari satu tahun.

Meskipun memiliki kelebihan karena lebih aman dan memiliki jangka waktu investasi yang singkat, investasi Reksadana pasar uang juga memiliki kekurangan. Kekurangannya terletak dari potensi pertumbuhan dana dan keuntungannya yang relatif lebih rendah dibandingkan jenis Reksadana lainnya, tapi masih terbilang cukup menguntungkan jika dibandingkan produk tabungan dan deposito perbankan.

Sistem Cara Kerja Reksadana Pasar Uang yang Harus Anda Tahu

Seperti yang telah disinggung pada penjelasan di atas bahwa jenis Reksadana satu ini memiliki sistem cara kerja dengan mengelola seluruh dana investasi ke instrumen pasar uang, Beberapa contohnya seperti:

       Sertifikat deposito (negotiable certificate of deposit)

       Deposito berjangka

       Surat berharga pasar uang

       Surat pengakuan utang

       Sertifikat Bank Indonesia (SBI)

       Surat berharga komersial (commercial paper)

       Obligasi dan instrumen pasar uang lainnya

Jenis Reksadana pasar uang memang memiliki potensi pertumbuhan dana yang relatif lebih tinggi dari produk tabungan dan deposito perbankan. Pasti Anda berpikir mengapa di dalamnya terdiri dari deposito tapi memiliki potensi keuntungan yang lebih tinggi? Jika Anda pernah membuka deposito di bank pasti mengetahui bahwa bank akan memberlakukan saldo minimal untuk mendapatkan suku bunga tertentu.

Misalnya bank A memberlakukan kebijakan bahwa saldo minimal deposito untuk mendapatkan suku bunga sebesar 10 persen per tahun yaitu sebesar Rp1 miliar. Sementara Anda hanya memiliki dana sebesar Rp500 juta, tentunya suku bunga yang Anda dapatkan akan berbeda. Sedangkan pada Reksadana, manajer investasi akan menginvestasikan seluruh dana yang terkumpul ke dalam deposito bank.

Tentu jumlah dana yang terkumpul jauh lebih besar dibanding jumlah deposito milik individu, sehingga suku bunga yang didapatkannya jauh lebih tinggi. Itulah mengapa keuntungan deposito yang dilakukan oleh manajer investasi sebagai pengelola investasi Reksadana pasar uang jauh lebih tinggi dibandingkan deposito bank yang Anda buka secara mandiri.

Investasi Reksadana Aman dan Menguntungkan di DBS Treasures


Perbankan prioritas DBS Treasures menjadi mitra yang paling tepat bagi Anda yang hendak berinvestasi Reksadana  pasar uang dengan aman dan potensi keuntungan yang menjanjikan. Untuk mulai berinvestasi Reksadana di DBS Treasures minimal dana yang harus Anda siapkan sebesar Rp500 juta. Berikut kelebihan berinvestasi Reksadana di DBS Treasures:

       Investasi Anda akan Dikelola Oleh Manajer Investasi Profesional

Semua pilihan investasi di DBS Treasures akan dikelola manajer investasi profesional untuk mengoptimalkan kinerja produk dan keuntungan yang akan Anda dapatkan.

       Anda akan Mendapatkan Panduan Berinvestasi

DBS Treasures akan membantu Anda memberikan wawasan untuk memandu Anda dalam berinvestasi, dengan mempersonalisasi dan mengkomunikasikan analisis pasar dan peluang terkini dari tim ahli finansial yang handal dan proaktif, sehingga Anda dapat yakin mengambil kepustakaan akurat di saat yang tepat.

       Risiko Lebih Rendah dengan Diversifikasi

Tidak perlu khawatir ketika menginvestasikan dana Anda pada Reksadana di DBS Treasures, karena risiko kerugian lebih rendah dengan melakukan diversifikasi penyebaran dana ke berbagai jenis instrumen investasi.

       Kemudahan Transaksi Via Digibank

Selain DBS Treasures, DBS Bank Indonesia juga menghadirkan digibank by DBS yang akan mempermudah segala transaksi Anda. Nasabah dapat melakukan investasi Reksadana melalui aplikasi digibank by DBS. Mulai dari proses beli, jual, dan switching dapat dilakukan dengan mudah lewat aplikasi digibank by DBS. Bahkan untuk proses mendapatkan SID bisa melalui aplikasi dengan praktis dan efisien waktu.

Bagi Anda yang ingin melakukan investasi dalam jangka pendek dan ingin menyimpan dana darurat, berinvestasi Reksadana pasar uang di DBS Treasures menjadi solusi yang tepat. Jadi tunggu apalagi segera lakukan investasi Reksadana di DBS Treasures, selain aman dan praktis. Anda akan dibantu oleh tim finansial yang sudah ahli di bidang analisa pasar dan memprediksi peluang untuk menginvestasikan dana dengan tepat.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Ketahui Sistem dan Cara Kerja Reksadana Pasar Uang Sebelum Melakukan Investasi "

  1. Nah, kalau prosesnya jelas begini pasti paham dan bisa dipercaya gak kayak maraknya investasi bodong dulu yang marak. Apalagi reksadana mudah dan memang bisa dipercaya, jadi gak ragu buat investasi. Terima kasih infonya.

    ReplyDelete

Terkini