Kuliner Wisata

Kuliner Wisata

Menggerakkan Bisnis Online Semasa Pandemi, Kenapa Tidak?

Bisnis online menjadi salah satu tonggak menggerakkan perekonomian masyarakat ditengah suasana pandemi yang belum berakhir sampai sekarang. Sebagai pelaku usaha, kebijakan pembatasan aktivitas di luar ruangan jelas serupa dengan dua mata uang. Tentu saya mendukung usaha pemerintah dalam menekan risiko penyebaran virus corona yang terus bermutasi, tetapi agak cemas bila kebijakan PPKM berdampak pada ekonomi lagi. Meskipun demikian, saya tetap optimis melakukan bisnis online bekerja sama dengan JNE. 

Bisnis Digital Menjadi Solusi Perkembangan Usaha Waktu Pandemi 

Sebagai pelaku UMKM yang tengah mencoba bertahan ditengah gempuran pandemi, saya jelas mencari celah agar bisnis tetap bisa bertahan. Cara yang saya utamakan adalah melakukan inovasi agar mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman, termasuk pandemi yang menghambat pertumbuhan ekonomi. Berikut saya merangkum beberapa langkah yang saya terapkan untuk meningkatkan perkembangan usaha semasa pandemi yaitu :

1. Go digital 

Langkah pertama yang perlu saya lakukan adalah mengoptimasi digitalisasi untuk kemajuan usaha. Tidak hanya aktif memasarkan produk yang saya jual di media sosial kekinian, saya juga aktif memasarkan produk di situs marketplace yang tengah digandrungi khalayak. 

Dengan menjual barang di marketplace yang terhubung dengan media sosial, saya bisa meningkatkan penjualan kepada para pelanggan. Meskipun demikian, saya terus melakukan optimasi strategi pemasaran di media sosial lewat konten yang positif baik foto, video, artikel, dan hal yang bisa meningkatkan brand awareness. 

2. Menambah produk yang dijual

Sebelumnya saya hanya fokus menjual produk aneka durian yang siap diambil di tempat atau melayani delivery order di sekitar saja. Kini saya mulai melakukan inovasi bisnis ditengah suasana pandemi yang terus berlangsung sejak awal 2020. Kalau tidak melakukan ekspansi bisnis, maka bisnis saya bisa gulung tikar, dong! 

Oleh sebab itu, saya mencari ide bisnis yang bisa dijual secara online dengan sistem pengiriman ke seluruh daerah memakai jasa ekspedisi terpercaya. Setelah melakukan riset dan melihat target pasar, saya mulai menjual aneka produk rumah tangga seperti perlengkapan dapur, alat pel, tisu, dan lain-lain. Tidak hanya menyasar para ibu rumah tangga saja, saya juga membidik pangsa pasar yang mulai peduli kesehatan ditengah ancaman pandemi. 

Saya juga mulai menjual produk kesehatan yang banyak dibutuhkan masyarakat Indonesia dewasa ini, misalnya masker, hand sanitizer, tisu, suplemen, vitamin, dan lain-lain. Orang-orang mulai aware dengan kesehatan sehingga permintaan pada produk kebersihan dan kesehatan semakin meningkat. Sangat potensial menjadi ladang penghasilan yang baru setelah bisnis durian mengalami pasang surut akibat pandemi.

3. Kerja sama dengan ekspedisi kredibel

Dengan kerja sama JNE, saya menikmati hasil yang lebih maksimal sebab para pelanggan memberikan testimoni produk diterima dalam bentuk baik dan cepat. Tidak ada cacat, rusak atau risiko human error karena kurir JNE terpercaya dalam pekerjaan mereka. Pelanggan durian di Jogja menerima paket kilat yang sangat cepat dalam hitungan jam saja. Keren, bukan? 

Kini Anda yang ingin mengembangkan bisnis online ke arah yang lebih positif seiring pandemi yang belum berakhir, maka wajib bekerja sama dengan jasa ekspedisi yang kredibel. Anda bisa menggunakan layanan jasa JNE yang siap mengantarkan paket antar daerah dalam durasi yang sesuai dengan ketentuan. Tinggal pantau paket dari gudang hingga ke tangan pelanggan dari rumah saja lewat ponsel di tangan. Yakin tidak ingin menggerakkan perkembangan bisnis online menjadi lebih optimal dengan sistem kerja yang inovatif? 

Pelaku usaha yang ingin memberikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat, mari mengikuti kompetisi yang diselenggarakan JNE Content Competition 2021 yaitu JNE dengan tema “JNE Bersama UMKM untuk Indonesia” sekarang juga. Ikuti writing competition, photo competition, video competition, dan design competition dengan hadiah ratusan juta rupiah, lho! Lomba berlangsung mulai awal Desember dan diperpanjang sampai 31 Januari 2022. Mari membangun negeri dengan menggerakkan roda ekonomi bangsa lewat UMKM lokal! Yuk mumpung diperpanjang dan masih ada waktu, jangan lupa ikutan. Semua akan bertabur hadiah banget


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menggerakkan Bisnis Online Semasa Pandemi, Kenapa Tidak?"

Post a Comment

Terkini