Kuliner Wisata

Kuliner Wisata

5 Tips untuk Mendapatkan Tiket Pesawat Murah


Salah satu masalah terbesar ketika hendak merencanakan liburan adalah harga tiket transportasi khususnya pada pesawat. Soalnya, kalau untuk harga tempat beristirahat seperti hotel dan lainnya, Anda bisa mengakalinya dengan lebih mencari banyak referensi hotel guna menghemat budget atau mungkin bisa membagi harga hotel per malamnya dengan rekan liburan Anda agar tanggungan biaya bisa lebih murah. Namun, beda halnya dengan harga tiket pesawat yang tidak bisa dibagi dua alias ditanggung oleh pribadi masing-masing.


Selain itu, salah satu langkah menekan anggaran liburan dengan juga mempertimbangkan transportasi yang akan dipakai selama liburan berlangsung, apakah menyewa kendaraan atau mempertimbangkan memakai ojek online. Kalau berangkat dengan rombongan, sepertinya menyewa kendaraan merupakan hal yang tepat terlebih tujuan liburan Anda bukan staycation melainkan mengunjungi tempat-tempat wisata. Ada pula langkah lainnya yakni minta diantar jemput oleh rekan Anda menuju bandara guna menghemat biaya atau bisa juga pesan kereta bandara di Traveloka kalau Anda hendak pergi secara mandiri.

 

Masih menjadi struggle banyak orang, berikut beberapa langkah agar Anda bisa mendapatkan harga tiket pesawat yang murah guna menghemat budget liburan Anda:

 

Pilih Maskapai Low-Cost Carrier

Sudah menjadi rahasia umum kalau maskapai low-cost carrier atau yang biasa disingkat LCC menawarkan harga tiket pesawat yang jauh lebih murah dibandingkan maskapai full service sebab layanan yang memang lebih terbatas. 


Walaupun ada beberapa hal yang tidak bisa Anda dapatkan pada full service airlines seperti ruang kaki dan kursi yang lebih luas ataupun bagasi. Namun, hal ini sepertinya tidak terlalu menjadi masalah sebab terbang dengan maskapai LCC dapat membuat Anda menghemat pengeluaran Anda, terlebih Anda yang lebih gemar liburan dengan gaya backpacker atau pergi dengan hanya membawa tas berukuran carry on.

 

Salah satu maskapai LCC ternama yang bisa Anda pertimbangkan adalah Airasia. Airasia sudah dikenal dengan kemurahan tiketnya dan kerap memberikan banyak promo pada waktu-waktu tertentu. Selain itu, seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa biasanya tidak semua maskapai LCC menawarkan bagasi, maka beda halnya pada maskapai Airasia. Airasia menjadi salah satu maskapai LCC yang memberikan fasilitas free baggage sehingga Anda tidak perlu khawatir jika hendak membawa banyak barang. Penasaran seberapa murahnya harga tiket pesawat maskapai asal Malaysia yang satu ini? Cek harga Airasia di Traveloka di sini .

 

Manfaatkan Low Season

Point yang kedua ini mungkin akan bisa relate dengan Anda yang belum memiliki kesibukan atau hendak mengambil jatah cuti. Biasanya harga tiket pesawat pada low season jauh lebih murah dibandingkan masa high season seperti musim liburan, natal, lebaran, dan hari-hari besar lainnya. Wajar saja, mengapa harga tiket pada high season jauh lebih tinggi dibandingkan hari biasanya. 


Sebab pada hari tersebut begitu banyak permintaan dan tentunya hampir seluruh pekerja ataupun mereka yang sedang mengenyam pendidikan juga libur. Kalau sudah tidak bisa diakali dengan mengambil cuti, jika ingin pergi pada high season, pesanlah tiket mulai dari jauh-jauh hari, sekitar 2-3 bulan sebelum hari keberangkatan, ya!



Waktu Pemesanan Menentukan Harga Tiket

Hari Minggu menjadi hari pemesanan yang apik bagi Anda yang sedang mengincar harga tiket murah di pasaran. Selisih harga untuk pemesanan di hari Minggu juga terbilang cukup banyak, yakni sekitar 10 hingga 30 persen dibandingkan hari-hari lainnya. 


Tentu dengan persenan sebesar itu merupakan jumlah yang terbilang besar apalagi Anda berencana untuk liburan atau bepergian bersama anggota dengan jumlah yang cukup banyak. Sementara, melakukan pemesanan di hari Jumat merupakan hari yang tidak direkomendasikan sebab harganya yang cenderung lebih mahal. Jadi, jika Anda hendak bepergian dalam waktu dekat hindari hari Jumat, ya!

 

Oh Iya, tidak hanya waktu pemesanannya saja yang memiliki dampak pada penentuan harga tiket, melainkan waktu terbang Anda juga sangat berpengaruh, loh! Pilihlah hari Selasa atau Rabu ketika hendak melakukan penerbangan dan jangan lupa pula lakukan pemesanan tiket di pukul 11 malam atau 23.00.

 

Aktifkan Newsletter Maskapai

Walaupun sering merasa terganggu dengan notifikasi email promosi dari merk atau platform tertentu, namun sebenarnya notifikasi tersebut bisa Anda pergunakan untuk menemukan tiket pesawat murah, loh! Biasanya selain pemberitahuan mengenai maskapai mereka, notifikasi tersebut juga kerap menyampaikan informasi mengenai promo yang sedang diselenggarakan. 


Untuk mendapatkan notifikasi tersebut, mula-mula Anda harus mendaftar menjadi anggota maskapai tertentu terlebih dahulu, lalu jangan lupa pula untuk mengaktifkan newsletter agar Anda tidak ketinggalan promo yang sedang berlangsung.

 

Selain itu, dalam mengincar promo, Anda juga bisa memantau di aplikasi-aplikasi e-commerce agen travel seperti Traveloka. Traveloka kerap memberikan promo seperti potongan diskon pada waktu-waktu tertentu dan hanya berlaku di masa tertentu pula. Kalau sudah begini, cobalah sekali-kali untuk menaruh effort ketika memburu promo sebab biasanya promo tersebut mulai diaktifkan di malam hari ataupun di waktu-waktu tertentu. Kalau gabut, bisa kali cek-cek Traveloka, siapa tau Anda beruntung?

 

Bandingkan Harga Direct Fight dengan Connecting Flight

Jika Anda hendak bepergian ke destinasi yang cukup jauh, cobalah sesekali untuk membandingkan harga tiket pesawat dengan connecting flight dengan dua maskapai yang berbeda. 


Misal, bandingkan harga tiket pesawat Jakarta-Melbourne langsung dengan harga tiket pesawat Jakarta-Singapura + Singapura-Tokyo (dengan dua maskapai yang berbeda). Biasanya, totalan harga connecting flights bisa Anda temukan jauh lebih rendah dibandingkan direct flights. Walaupun terdengar repot tetapi menarik untuk dicoba, bukan? Jadi selamat berburu tiket murah!

 

 Itulah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan harga tiket pesawat murah. Jangan lupa, untuk mendapatkan diskon besar-besaran, pesan tiket pesawat liburan Anda hanya melalui Traveloka Lifestyle SuperApp. Jadi, tunggu apa lagi? Cek Traveloka sekarang juga, ya!


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "5 Tips untuk Mendapatkan Tiket Pesawat Murah"

  1. Wait aku tertipu sama gambarnya baca sekilas kayak tiket kereta karena kebawa gambar keretanya. Mantep ini mah kalau bisa mendapatkan tiket pesawat murah, jalan-jalan jadi lebih hemat. Terima kasih tipsnya.

    ReplyDelete

Terkini