Kuliner Wisata

Kuliner Wisata

JNE Mendukung UMKM Go Digital yang Meningkat Selama Pandemi


Ada banyak pemain jasa ekspedisi di Indonesia yang menawarkan layanan pengiriman ke seluruh wilayah. Tentu nama besar JNE yang menjaga konsistensi layanan sanggup bersaing dengan beragam pelayanan memuaskan. Terbukti JNE tangguh mendukung UMKM Go Digital di era pandemi yang masih berlangsung sejak awal tahun 2020 lalu. Keberadaan jasa pengiriman membantu usaha tetap bertahan pada masa sulit sekaligus membantu mencegah penyebaran virus corona dengan mendukung aktivitas jual beli online. 

Kebangkitan Usaha Mikro dengan Memanfaatkan Teknologi 

Pandemi memang menghantam sektor konvensional menjadi semakin terpuruk karena penyebaran virus corona yang semakin meningkat. Tentu para pelaku usaha mulai beralih pada penjualan online dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi baik memakai media sosial, e-commerce dan marketplace kekinian. Kebangkitan usaha mikro pada masa pandemi semakin didukung dengan pelayanan jasa pengiriman yang kredibel. 

Fakta mengenai pembangkitan ekonomi nasional berjalan lancar yang perlu diketahui berikut :

1. Kontribusi UMKM terhadap PDB meningkat 

Data di lapangan menunjukkan bahwa pandemi mempengaruhi hampir 82 persen usaha kelas menengah. Seiring dengan sistem jual beli online yang meningkat, UMKM bisa bangkit kembali dari tekanan pandemi dengan memberikan kontribusi terhadap PDB atau Pendapatan Domestik Bruto negara sebesar 61,07 persen.

2. Arus logistik yang baik 

Tentu keberadaan jasa logistik mendukung kesuksesan kebangkitan ekonomi nasional dengan mendukung UMKM lokal. Arus logistik yang baik dari UMKM daerah yang terdistribusi pada pelanggan di berbagai wilayah Indonesia menjadi kunci dasar. Masyarakat membeli produk lokal yang memakai jasa logistik di Indonesia membuat ekonomi cepat pulih, apalagi jumlah penduduk yang memiliki populasi terbesar nomor 4 dunia. 

3. Dukungan JNE dengan program menarik pada UMKM 

UMKM Go Digital bergabung dengan marketplace terbesar yang ada di Indonesia didukung pihak JNE dengan program yang lebih menarik. JNE memberikan pendampingan dan tarif khusus pada pelaku UMKM, membangun community development untuk UMKM dan memberikan pelatihan desain grafis gratis.

Sistem pelayanan antar jemput barang ke titik UMKM hingga proses pengiriman yang cepat ke pelanggan masih menjadi keunggulan. Selain itu, JNE mengembangkan layanan e-fulfillment yang berarti UMKM bisa menitipkan produk ke gudang JNE dan dikelola secara online. Bila ada penjualan online, maka pihak UMKM tidak perlu repot melakukan pengelolaan atau packing sebab gudang JNE akan melakukan pengelolaan dengan baik. 

4. JNE Mendukung Kontribusi Masyarakat Pada UMKM Lokal 

Dengan menyelenggarakan kompetisi yang mengambil tema “JNE Bersama UMKM untuk Indonesia” bersama Kompasiana, JNE berhasil memberikan kontribusi nyata bagi perkembangan UMKM. Pasalnya, lomba penulisan konten ini bisa diikuti oleh jurnalis media cetak dan online, karyawan dan umum dalam bentuk writing competition, video competition, photo competition, dan design competition. 

Lomba diikuti banyak orang yang tertarik memberikan sumbangsih karya dengan mengambil data dari lapangan langsung. Ada banyak karya yang masuk ke meja juri hingga akhirnya berhasil mengantarkan beberapa nama yang menjuarai kategori lomba masing-masing. Pengumuman Pemenang JNE Competition 2021 sudah dirilis beberapa waktu lalu dengan pertimbangan ketat dari para dewan juri yang terhormat.


Untuk kategori jurnalis dari Feature News Cetak yang berhasil memenangkan juara yaitu :

- Karung Goni Bawa Fariz Jadi Pengusaha Mandiri oleh Kemal Setia Permana yang dirilis Tribun Jabar berhasil meraih juara I dengan hadiah uang tunai sebesar 10 juta rupiah. 

- Produk Anyaman UMKM Sulsel Tembus Mancanegara oleh Sukawati yang dimuat Harian Ujungpandang Ekspress/Makassar berhasil meraih juara II dengan hadiah uang tunai sebesar 7 juta rupiah. 

- Lince Jadi Pelopor Pempek Online, KJ Pastel Jelajahi Nusantara oleh Ardila Wahyuni yang dimuat Sumatera Ekspress/Palembang berhasil meraih juara III dengan hadiah uang tunai sebesar 4 juta rupiah.

Masih ada banyak pemenang untuk setiap kategori dengan hadiah uang tunai jutaan rupiah yang bisa diakses di website resmi Kompasiana dan JNE, ya! 

Dengan adanya JNE sebagai jasa logistik yang mendukung pertumbuhan ekonomi negara menggandeng UMKM, sudah sepatutnya kita ikut mendukung dengan belanja produk lokal. 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "JNE Mendukung UMKM Go Digital yang Meningkat Selama Pandemi "

Post a Comment

Terkini