Kuliner Wisata

Kuliner Wisata

5 Kiat Menjalani Ramadhan Lebih Kuat Tahun Ini


Pandemi masih berlangsung sampai sekarang meskipun pemerintah sudah melonggarkan kebijakan untuk menjalani aktivitas lebih leluasa. Menyambut ramadhan tahun ini, Anda bisa menjalankan ibadah tarawih di masjid  walau harus tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Bila ingin ibadah puasa berjalan lancar, pastikan Anda menjaga kesehatan tubuh lebih optimal. Ramadhan kembali kuat dengan memiliki tubuh yang sehat dalam menjalankan ibadah, kerja hingga rencana mudik ke kampung halaman tahun ini, kenapa tidak? 

Tips Penting Menjalani Ramadhan Kembali Kuat 

Bila tahun lalu, ramadhan dijalani dengan kebiasaan hidup di rumah saja sebab corona masih ada, maka kini Anda bisa bernapas lebih lega. Pasalnya, sistem vaksinasi sudah berjalan menyeluruh di Indonesia sehingga masyarakat yang sudah memenuhi syarat bisa melakukan mudik ke kampung halaman demi merayakan hari raya Idulfitri nanti. Anda yang ingin menjalani ramadhan kembali kuat pada masa pandemi ini, maka pastikan tetap melakukan beberapa tips penting berikut :

1. Konsumsi lebih banyak air putih 

Mungkin Anda tahan tidak minum seharian, tapi kemudian menikmati takjil minuman manis sampai lupa minum air putih. Bila ingin memiliki tubuh yang sehat saat menjalani ibadah puasa, sebaiknya Anda mengatur minum air putih delapan gelas sehari. Misalnya minum dua gelas air saat berbuka, setelah tarawih dua gelas, sebelum tidur dua gelas, dan dua gelas terakhir saat bangun sahur.

2. Konsumsi sayur dan buah cukup 

Masalah yang acap dialami orang berpuasa adalah susah buang air besar. Perubahan siklus BAB membuat sembelit Anda bisa menjadi semakin parah, apalagi tidak mendukung konsumsi sayuran dan buah yang cukup. Boleh konsumsi lauk pauk yang kaya protein, tapi usahakan tetap memenuhi kebutuhan serat harian agar kuat puasa seharian.

3. Makan berbuka secukupnya saja

Orang-orang acap melampiaskan hasrat lapar seharian dengan mengkonsumsi makanan dalam jumlah banyak saat berbuka puasa. Hal ini yang membuat Anda sering mengeluh lelah, kembung dan mengantuk saat menjalankan ibadah tarawih. Sebaiknya awali buka puasa dengan minum air putih, takjil atau kurma saja, kemudian melanjutkan sesi makan besar setelah salat tarawih.

4. Usahakan untuk tetap olahraga 

Puasa bukan berarti Anda harus malas bergerak dan tidur sepanjang hari. Meskipun Anda masih aktif bekerja saat menjalani puasa, tapi hindari duduk terlalu lama di depan komputer tanpa gerak sama sekali. Anda harus tetap melakoni kegiatan olahraga agar tulang kuat dan tubuh tetap bugar.

Tentu Anda bisa memilih jenis olahraga ringan yang bisa dijalani setiap pagi seperti jalan kaki, yoga atau bersepeda di sekitar kompleks saja. Bila ingin melakukan olahraga yang lebih berat, Anda bisa memilih waktu sore hari menjelang buka puasa agar tubuh yang lelah bisa mendapatkan asupan nutrisi. 

5. Mengkonsumsi vitamin 

Demi menjalani ibadah lebih lancar semasa pandemi ini, ada baiknya Anda tetap menjaga protokol kesehatan di mana berada. Tidak ada salahnya menjaga imunitas tubuh dengan mengkonsumsi vitamin atau suplemen. Minum suplemen vitamin D dan kalsium tinggi bisa membantu tulang Anda tetap kuat sehingga mampu menjalani puasa sembari bekerja tanpa risiko kelelahan. Tetap aktif meski berpuasa seharian, sah-sah saja. 

Yuk, terapkan kiat menjaga kesehatan tubuh Anda sendiri selama menjalani ramadhan tahun ini! ramadhan kembali kuat meski pandemi masih belum berakhir bukan sekadar mimpi semata. Anda bisa menjalani ramadhan tanpa risiko sakit sampai penghujung bulan, bahkan siap melakukan perjalanan panjang mudik ke kampung halaman dengan tubuh yang bugar, lho! 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Kiat Menjalani Ramadhan Lebih Kuat Tahun Ini "

Post a Comment

Terkini