Kuliner Wisata

Kuliner Wisata

Salah Pilih Rice Cooker atau Cara Menanak? Ini Penyebab Nasi Mudah Bau!


Rice cooker merupakan salah satu alat elektronik yang sangat membantu aktivitas rumah tangga. Kini Anda tidak perlu repot menanak nasi dengan cara manual sebab rice cooker terbaik akan melakukannya secara otomatis. Asal Anda mengikuti petunjuk penggunaan dengan benar, maka nasi akan matang secara sempurna. Lalu, kenapa nasi yang Anda masak menjadi bau dan berwarna kekuningan? Supaya Anda tidak membuang rice cooker lama, sebaiknya ketahui penyebab nasi menjadi mudah basi tersebut. 

Pilih Rice Cooker Terbaik agar Nasi Tidak Cepat Basi Disebabkan Hal Ini!

Memasak beras harus memperhatikan takaran yang benar agar nasi yang dihasilkan bisa matang dengan baik. Nasi juga lebih tahan lama, tidak mudah basi, bau atau berubah warna menjadi kekuningan. Bila rice cooker Anda menunjukkan tanda tersebut, sebaiknya ketahui penyebab nasi berubah lebih cepat sebagai berikut :

1. Perhatikan panci jar 

Bisa jadi penyebab nasi yang Anda masak berubah warna, bau atau tidak bisa dimakan karena panci jar rice cooker tidak berfungsi dengan baik. Kualitas panci menjadi pertimbangan utama, misalnya jar stainless steel tidak menyimpan bau meski nasi mudah sekali lengket. Bisa juga memilih jar berlapis teflon atau panci anti lengket yang bisa menyerap bau, tetapi nasi tetap bisa basi karena menyerap bau yang ada di dalam jar tersebut. 

Sebaiknya Anda memperhatikan material panci dari keramik dengan fitur penghangat, lebih baik dilengkapi fitur pressure dengan kemampuan menanak nasi di atas suhu 100 derajat celcius.

2. Tidak membersihkan sistem pengeluaran uap di rice cooker

Pastikan Anda membersihkan sistem outlet atau sistem pengeluaran uap di dalam rice cooker minimal sebulan sekali. Bisa jadi ada tumpukan butiran beras yang tidak sengaja masuk ke dalam sistem outlet sehingga uap tertahan di dalam sana. Hal ini yang memicu nasi menjadi lebih cepat basi, lho!


3. Tegangan listrik di rumah tidak stabil

Memilih rice cooker terbaik bisa membantu Anda menanak nasi yang berkualitas, aman dan sehat dikonsumsi siapa saja. Namun, pastikan Anda memilih jenis rice cooker yang memiliki tegangan listrik sesuai daya di rumah. Tegangan listrik yang tidak stabil menjadi pemicu nasi bau dan basi sebab heater dalam rice cooker tidak bekerja secara maksimal. Jangan heran kalau nasi menguning dan bau saat tegangan listrik tidak stabil, lho!

4. Salah memilih beras 

Memilih produk rice cooker yang memiliki merek dan testimoni pelanggan yang sudah terbukti bisa membantu Anda menanak nasi yang enak dan sehat. Namun, hal ini tidak akan bekerja dengan baik bila Anda salah memilih beras. Hindari jenis beras berklorin yang bisa membahayakan kesehatan dan cepat menguning di dalam jar. 

Ciri beras yang mengandung klorin umum berwarna lebih putih mirip kristal dibandingkan dengan jenis beras biasa. Membeli beras langsung pada petani atau distributor beras terpercaya lebih rekomended.

Memasak nasi yang pulen dan enak bukan hal mustahil, asal Anda memakai peralatan elektronik terbaik sekaligus memilih beras yang berkualitas. Beras organik yang lebih sehat cocok untuk Anda yang ingin memberikan makanan sehat untuk seluruh anggota keluarga. 

Dari berbagai penyebab nasi cepat bau, basi dan menguning bisa Anda hindari mulai sekarang. Tentu Anda juga harus memastikan takaran air pas dengan jumlah beras yang akan dimasak. Jangan terlalu lama menyimpan nasi di dalam rice cooker sehingga bisa menyebabkan aroma tidak enak dan kurang sehat dikonsumsi dalam waktu lama. 

Yuk, segera beli rice cooker terbaik yang memiliki fitur unggulan sesuai dengan keinginan Anda! Membeli rice cooker dengan teknologi lebih canggih di rumah dengan ukuran kecil yang cocok untuk keluarga muda atau tipe IH yang cocok untuk keluarga lebih banyak, kenapa tidak? Anda bisa mendapatkan rekomendasi rice cooker dengan variasi harga mulai murah sampai kelas premium di ceklist.id sekarang.


Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Salah Pilih Rice Cooker atau Cara Menanak? Ini Penyebab Nasi Mudah Bau!"

  1. Sering banget kejadian kayak gini, kalau nginap nasinya sering gitu jadi harus dibuang apalagi di bulan puasa ini nasi sering nyisa, sayang. Kalau ga gitu, pasti kering nasinya dan bagian bawahnya lengket. Terima kasih tipsnya.

    ReplyDelete
  2. Fine together with your permission allow me to grasp your RSS feed to keep updated with impending post. Thanks one million and please continue the rewarding work 바카라사이트

    ReplyDelete
  3. I used to be checking continuously this weblog and I am impressed! Appreciate it for your efforts. Feel free to visit my website; 바카라사이트

    ReplyDelete

  4. Really satisfied with all the information I have found in this article. 카지노사이트

    ReplyDelete

Terkini