Kuliner Wisata

Kuliner Wisata

Kenali Lebih Dekat Tentang Toxic Parenting Bareng Candys di Ngobras!


Bagi para orang tua sangat penting mengetahui pembahasan mengenai toxic parenting. Hal ini karena akan berpengaruh pada perkembangan psikologis anak kedepannya. Apalagi di masa seperti sekarang ini pergaulan semakin bebas dan persaingan dalam berbagai bidang semakin ketat. 

Sebagai orang tua tentunya ingin yang terbaik untuk buah hatinya. Namun bagaimana jika cara yang digunakannya salah? tentu pengaruhnya bukan hanya pada fisik saja melainkan juga terganggunya kesehatan mentalnya. 

Supaya fisik sekaligus mental anak dapat berkembang dengan baik, maka para orang tua perlu untuk mengetahui pembahasan mengenai toxic parenting. Kamu bisa mendapatkan informasi terkait di website dan platform Goplay. 

Sebenarnya Apa Itu Toxic Parenting?

Sebagian mungkin belum tahu mengenai apa itu toxic parenting, oleh karenanya penulis akan mengulas secara singkat pengertiannya. Toxic parenting merupakan tindakan yang dapat mengarah pada perilaku orang tua yang tidak baik kepada buah hatinya. 

Jika dilakukan secara terus-menerus, toxic parenting bisa menyebabkan anak menjadi ketakutan, merasa bersalah, serta merasa harus mentaati perkataan orang tua meskipun membatasi hak-hak yang seharusnya mereka dapatkan. 

Tidak semua tindakan pembimbingan orang tua dikatakan sebagai toxic parenting. Orang tua bisa dikatakan dalam tahap ini ketika perilakunya dilakukan secara terus menerus dan bersifat memaksa tanpa memperhatikan bagaimana perasaan buah hatinya. 

Orang tua yang bisa dikatakan sebagai toxic parenting adalah mereka yang menggunakan cara apapun untuk mendapatkan tujuannya. Awalnya mungkin memang berangkat dari niat baik yaitu membuat anak patuh, berprestasi, dan gemilang di masa dewasanya. Namun mereka tidak sadar bahwa hal ini malah berdampak buruk. 

Tidak jarang, anak akan mendapatkan kekerasan fisik ketika tidak mematuhi apa yang dikatakan orang tuanya. Perlu dipahami, tindakan seperti ini sangat tidak boleh dilakukan jika para orang tua ingin anaknya patuh, berprestasi, ataupun berperilaku baik. 

Sebab dengan terlalu mengekang sampai melakukan tindak kekerasan malah membuat kondisi emosionalnya tidak stabil bahkan bisa sampai terganggu. 

Belajar Lebih Dalam Mengenai Toxic Parenting di Ngobras

Secara tidak sadar, banyak orang tua yang menerapkan perilaku toxic parenting. Mengingat tindakan seperti ini cukup berbahaya untuk perkembangan psikologis anak, sebaiknya ketahui informasi-informasi pentingnya. 

Dalam acara ngobras di Goplay yang dipandu oleh Candys, kamu bisa mengetahui lebih banyak tentang apa dan bagaimana toxic parenting. Di dalamnya sempat dibahas tentang gaya parenting publik figur yang bisa dijadikan sebagai contoh. 

Salah satunya adalah gaya parenting Nagita Slavina kepada buah Hatinya Rafathar. Pada video yang pernah tersebar, terlihat rafathar sedang tantrum karena meminta mainan.  Melihat hal itu Nagita Slavina hanya diam dan memantaunya tanpa meninggalkan rafathar. 

Tindakan tersebut tidak termasuk ke dalam toxic parenting, sebab jika anak terus dituruti apapun keinginannya ketika dewasa menjadi terbiasa. Hal ini malah bisa masuk ke dalam toxic parenting yang sering dilakukan orang tua namun tidak disadari. 

Orang tua memegang peranan penting pada perkembangan anak baik secara psikologis maupun fisik. Candys juga menyampaikan bahwa anak yang mendapatkan diasuh oleh orang tua malah bisa merasa nyaman dan  merasa terlindungi. 

Oleh karenanya meski sangat sibuk, diharapkan para orang tua tetap memberikan perhatian penuh pada anak. Perhatikan juga lingkungannnya agar ketika ada sesuatu yang tidak beres bisa segera dilakukan perbaikan. 

Pada sesi yang tayang hari Minggu kemarin, Candys sedikit menambahkan tentang cara memperbaiki orang tua yang terlanjur melakukan toxic parenting yaitu dengan menyadari bahwa sikapnya tersebut salah. 

Candys belum menyebutkan lebih lanjut cara penanganannya baik untuk orang tua atau anak yang mengalami toxic parenting. Kamu bisa mencari tahu informasi lebih lanjutnya pada live yang dilakukan hari Selasa di Goplay, pastikan untuk tidak melewatkannya

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Kenali Lebih Dekat Tentang Toxic Parenting Bareng Candys di Ngobras!"

  1. Toxic parents sering diperbincangkan sekarang karena banyak fenomena seperti ini, memang bahaya banget sih buat anak kalau orang tuanya seperti itu. Apalagi orang tua itu rumah dan sandaran pertama anak, kalau sampai mereka toxic tentu berpengaruh ke kehidupan anak juga. Terima kasih sharingnya!

    ReplyDelete
  2. performance management assignment help is a great way to get assistance with assignments related to performance management. Performance management is a complex subject and can be difficult to get a handle on. With the help of experienced professionals, you can get guidance and advice on the best strategies and practices to employ for maximum results. Assignment help is invaluable in this regard, as it can help ensure that you get the most out of your performance management. It's a great option for anyone who needs help with any part of the subject.

    ReplyDelete

Terkini