Kulinerwisata

Rumah Teh Ndoro Donker Karanganyar

 

Ndoro Donker merupakan seorang ahli tanaman kewarganegaraan Belanda yang pernah hidup di desa Kemuning untuk membangun perkebunan. Beliau memilih hidup di desa, berdampingan dengan warga dan berbagi ilmu tentang tanaman dengan warga sekitar yang membuat beliau dihormati dan dicintai. Cinta itu dibalas dengan pengabdian sepanjang sisa hidupnya.

Ndoro Donker tidak menerima tawaran untuk kembali ke Belanda, dan memilih mengabdikan segenap ilmu untuk masyarakat yang mencintainya. Setelah beliau beristirahat dalam pelukan tanah Kemuning yang dicintainya, masyarakat desa Kemuning mengenangnya dengan menyebut kawasan yang pernah ditinggali Ndoro Donker sebagai “nDonkeran”. ( sumber dari web Ndoro Donker )

Tea Pot Lemon Tea

Ndoro merupakan sebuah panggilan dalam bahasa Jawa yang berarti Tuan. Rumah peninggalan Belanda ini merupakan salah satu Rumah Teh yang menyajikan beragam rasa teh dari Indonesia maupun teh terkenal dari negara lain. Ragam pilihan teh di Ndoro Donker sebagai berikut, Teh Hijau Kemuning, Teh Hitam Donker, Teh Aroma Inggris ( Earl Grey, Cemomile, Lady Grey, Mint, Passion Fruit ), Teh Raja, Teh Putih, dan Teh Herbal yang disajikan dalam cangkir dan teko.

Steak

Harga untuk satu cangkir teh di ndoro dongker mulai dari 10.000 sampai dengan 55.000, penyajian teh juga beraneka ragam dari teh cup (per satu orang) maupun teh teapot (sajian teh untuk 4 orang). Tak hanya minuman khas aneka olahan teh, tapi Rumah Teh Ndoro Donker juga menyediakan aneka olahan makan antara lain nasi goreng, kare ayam, mie goreng, aneka steak, dan lain-lain. Selain makanan berat ada juga aneka snack antara lain ketela madu wijen, timus isi keju, pisang panggang, tahu goreng, tempe goreng, dll.

Nasi Goreng

Rumah Teh Ndoro Donker terletak di kiri jalan arah kebun teh Kemuning tepatnya di Jl. Afdeling Kemuning No 18 Kemuning ini memiliki pemandangan yang luar biasa indah. Udara dingin lereng gunung membuat suasana menjadi nikmat saat menyeruput teh. Lokasi Rumah Teh ini juga berdekatan dengan “bukit teletubbies” Kemuning yang dimiliki oleh pabrik teh PT Rumpun Sari yang luas lahannya ratusan hektar. Pabrik teh yang terkenal di lereng Gunung Lawu tersebut masih aktif sebagai salah satu pemasok daun teh untuk diolah di dalam negeri dan sebagian diekspor ke luar negeri.

Kari Ayam

Saat masuk banyak tersedia kursi-kursi dengan kapasitas besar dan kecil, jadi bagi rombongan dan personal. Bagi anda yang ingin mengunjungi Rumah Teh Ndoro Donker sebaiknya pada waktu setelah jam 10.00 karena bila terlalu pagi atau sore kabut yang sudah turun sangat mengganggu pemandangan dan sulit mengabadikan foto bersama keluarga dan orang terdekat. Selain aneka ragam teh yang sangat menggiurkan untuk dinikmati, suasana sekitar kebun teh juga membuat semua orang ingin berfoto dan menikmati udara yang segar di bukit gunung lawu. Untuk teman-temanyang akan berkunjung untuk mengetahui Rumah Teh Ndoro donker buka pukul 10.00 sampai 18.00

Menu Makanan Rumah Teh Ndoro Donker :




Subscribe to receive free email updates:

17 Responses to "Rumah Teh Ndoro Donker Karanganyar"

  1. nama tempat kulinernya unik banget ya mba, kalo kuliner steak emang favorit keluarga nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicoba mak, suasana dingin lebih enak lagi. mantep tep

      Delete
  2. Lebaran kemarin mau kesini tapi ngga kuat rame n macetnya :(

    ReplyDelete
  3. Mahal banget untuk secangkir teh. Tapi kalau dilihat dari sejarahnya, harga segitu sepadan juga sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. rasanya gak bisa diragukan. enak dech untuk penggemar teh

      Delete
  4. Baru denger ini. Asik banget ya

    ReplyDelete
  5. barbieee.. kesasar masuk ke sini pas searching ndoro dongker.. ini ada penginapannya nggak ya?

    ReplyDelete
  6. Penasaran sama Ndoro Dongker dan terdampar di postingan berbi. Foto2 tehnya kok dikit berb. Wkwkwkwk..

    ReplyDelete
  7. Tempatnya bagus, sayang pelayanan kurang memuaskan, waktu kami sekeluarga mau minta tolong pada salah satu pegawai untuk memfotokan tidak mau alsan sibu. dan makanan yang disajikan sudah dingin. waktu itu pesan tahu goreng

    ReplyDelete
  8. Tempatnya bagus, sayang pelayanan kurang memuaskan, waktu kami sekeluarga mau minta tolong pada salah satu pegawai untuk memfotokan tidak mau alsan sibu. dan makanan yang disajikan sudah dingin. waktu itu pesan tahu goreng

    ReplyDelete
  9. tempatnya memang asik buat nyantai sama temen, atau keluarga,, dingin dan asri hijau seluas mata memandang

    ReplyDelete
  10. wow, mahal banget untuk secangkir teh. Tapi kalau dilihat dari sejarahnya, harga segitu sepadan juga sih.

    ReplyDelete