Kulinerwisata

Donor Darah Kompas #50th

Foto Panitia sebelum Mulai
Kompas mengadakan acara donor darah serentak di banyak kota, kali ini Jogja juga menjadi salah satu tempat penyelenggaraan acara. Kompas mengadakan donor darah lebih untuk kepada komunitas-komunitas dijogja dengan tujuan komunitas di jogja semakin memiliki rasa berbagi terhadap sesamanya.

Kebetulan saya dan beberapa rekan dari Komunitas Blogger Jogja diminta untuk membatu dalam pelaksanaan acara Donor Darah ini. Donor Darah diadakan 30 Agustus 2015 di Hotel Eastparc terletak di Jalan Laksda Adisutjipto Km 6,5 Seturan Yogayakarta.


Persiapan acara sudah dimulai jauh hari dengan rapat yang dihadiri oleh seluruh team untuk mencari alur donor yang baik baik, cepat dan efisien bagi pendonor besok. Beberapa halangan kami yaitu terlalu banyak post yang harus di jalani sehingga membutuhkan proses yang tidak mudah dipahami oleh calon pendonor. Setelah mencoba beberapa alternatif akhirnya kami memutuskan untuk menggunakan cara yg paling mudah. Setelah skema donor usai, pembagian tugas pun dimulai dan saya mendapat tugas menjadi Koordinator seluruh kegiatan di Ruang Donor.

Beberapa Panitia yang Donor

Malam sebelum kegiatan kami kumpul untuk melakukan loading, menyiapkan seluruh goodiebag bagi peserta lolos donor maupun yang tidak lolos donor. Karena goodiebag sudah separuh diisi sebelum berangkat loading sehingga untuk membawa keruangan membutuhkan waktu yang lama, meski sudah dilakukan oleh teman-teman cowok 7 orang. Persiapan ruang donor pun juga di setting dengan menata kurang lebih 30 tempat tidur yang siap digunakan untuk donor darah besok pagi. Persiapan masih ada tapi kita berhenti dulu untuk istirahat agar besok tidak terlalu lelah besok paginya, akhirnya jam 02.00 kita istirahat agar besok gak terlalu lelah.

Paginya kami mulai bangun jam 5.30 dan satu per satu antri mandi sambil siap-siap dengan kebutuhan masing-masing. Setelah semua siap sambil menunggu teman-teman yang tidak menginap hadir kami menikmati sarapan pagi sambil sesekali membahas detail untuk nanti saat pelaksanaan. Tidak berapa lama teman-teman datang dan team sudah lengkap, kami melakukan briefing untuk checking terakhir sebelum acara dimulai.

Keisengan kami disela acara
Pukul 08.00 sudah banyak peserta yang hadir untuk mengikuti donor darah ini, peserta yang hadir betahap sehingga memudahkan kami saat menjalankan acara tidak banyak terjadi penumpukan peserta donor darah. Awal acara dimulai sedikit kebingungan karena masih belum terbiasa dengan system yang ada, kadang bingung karena masih proses penyesuaian. Sore menjelang tidak terlalu banyak peserta yang hadir sehingga kami sedikit pesimis apakah bisa mendekati target kantong darah kita karena kita berencana targetnya 500 kantong darah. Hampir mendekati jam 17.00 kami checking bagian PMI ternyata kantorng darah sudah terkumpul lebih dari 450 dan kami cukup lega. Akhir acara total kantong darang yang kita dapatkan sejumlah 477.

Bahagia saat kami jadi Panitia yaitu bisa menyumbangkan darah dan tenaga kita demi sesama. Semangat!!!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Donor Darah Kompas #50th"

Post a Comment