Kulinerwisata

Belajar Bahasa Inggris Nyaman di Desa Bahasa Inggris Magelang


Bagi sebagian orang, bahasa inggris menjadi masalah tersendiri yang tidak mudah diterima dan dimengerti. Tapi sebaliknya bagi sebagian orang bahasa inggris malah menjadi hal yang sangat menyenangkan, bahkan menjadi mata pencaharian mereka sehari-hari. Kali ini saya berkesempatan mengunjungi Desa Bahasa Inggris di desa Ngargogondo Magelang, saya mengunjungi desa behasa bersama 14 teman blogger dari jogja.

Denah Desa Ngargogondo Magelang


Sampai disana saya langsung disambut oleh Mr Hani Sutrisno yaitu pembuat buku Vocabulary for Daily Conversation dan sekaligus sebagai pengelola Desa Bahasa di Parakan Rt.02/Rw.02 Ngargogondo Borobudur Magelang Jawa Tengah. Sampai disana kira-kira pukul 09.30 kami langsung disambut dengan musik ala staff Desa Bahasa yang sangat menyenangkan, diiringi alunan musik saya menikmati aktivitas pagi itu. Sambil melepas penat kami duduk santai bersama mendengarkan iringan lagu, menikmati snack sambil ngobrol bersama teman-teman.

Setelah beberapa saat acara pun dibuka oleh Mas Tri Prasetyo atau disebut Mas TP, Mas TP sebagai salah satu penanggung jawab di Indonesia Tera. Indonesia Tera sebagai perusahaan percetakan buku di jogja dan ditunjuk oleh Mr. Hani sebagai partner dalam mencetak buku "Vocabulary for Daily Conversation". Selanjutnya sambutan oleh Mr. Hani Sutrisno, beliau mengatakan "Saya senang teman-teman dapat berkunjung ke Desa Bahasa dan akan mencoba menikmati belajar bahasa inggris yang manyenangkan dan nyaman" beliau juga menambahkan "Belajar bahasa inggris disini harus mau dianggap sebagai anak TK". Saya bingung kenapa harus anak TK? Simak ceritanya...

Pelajaran dimulai dengan mengajari kami mengajari kami membaca tulisan bahasa indonesia dengan lafal bule(bergaya bule, tapi bule ndeso). Setelah beberapa menit kami diajak untuk belajar tenses, belajar kali ini asyik dan menyenangkan yaitu dengan gaya anak TK. Disini saya baru menyadari perkataan Mr Hani mengenai pembelajaran anak TK, tapi bagi saya yang menganggap bahasa inggris menjadi salah satu masalah membuat saya menikmati pembelajaran ini dan merasa senang.


Setelah kami usai menikmati semua pembelajaran mengenai tenses yang nyaman dan menyenangkan, kali ini kami diajak untuk bekeliling desa Ngargogondo untuk meniknati suasana desa yang nyaman dan asyik. Perjalanan dimulau dan kami ditemani oleh Mr. Miftah sebagai pemandu kami, karena ini desa bahasa jadi sambil berjalan kami tetap diajari untuk belajar bahasa inggris dengan teknik menyanyi dan bergurau. Tapi jangan salah meski bercanda saat ada yang salah mendapat hukuman yaitu dicoret wajahnya menggunakan lipstik yang telag disediakan.

Sambil terus berjalan kali ini kami mengunjungi salah satu homestay yang ada, homestay ini merupakan rumah penduduk yang sudah dikelola dan ditata sehingga sudah tersedia kasur seadanya dan kamar mandi sehingga pengunjung tetap menikmati semua kegiatan ala pedesaan yang nyaman. Tapi jangan khawatir untuk kebersihannya sudah terjaga, jadi jangan khawatir ya. Salah satu yang unik dari homestay ini yaitu, semua homestay sudah diberi label nama dengan nama buah-buahan. Setelah mengunjungi homestay kami bersama diajak mentusuri jalan hingga akhirnya bertemu dengan 2 sapu dalam kandang. Sapi ini ternyata digunakan juga untuk belajar dengan cara kami boleh memberi makan sapu dengan syarat mengajukan 5 pertanyaan dan dijawab oleh teman yang lain, pembelajaran yang menyenangkan namun tetap memiliki banyak ilmu di dalamnya. 

Kena coret dech. hihi

Usai memberi makan sapi kami diajak kembali berkeliling untuk menikmati suasana desa dan akhirnya kami menuju area terbuka cukup luas untuk sekedar bermain, disini kami diajak untuk memaham bahasa inggris dengan kalima-kalimat pendek. Salah satu permainannya yaitu membuat kelompok 2 orang maupun lebih dan berlansung beberapa kali hingga beberapa teman banyak yang kena coretan. Setelah itu kami dibagi menjadi 3 kelompok untuk membuat barisan dan diberi permainan serupa, bagi yang salah tetap dicoret. Setelah itu kami kembali untuk persiapaan kembali ke Jogja

Buku Vocabulary for Daily Conversation ini sangat mudah dan nyaman digunakan, bagi sayang yang tidak mudah mengingat vocab aplagi belajar bahasa inggris buku ini sangat nyaman dan pas. Hingga akhirnya saya tertarik membaca buku ini sampai selesai, meski saat ini belum selesai tetapi buku ini menarikminat saya untuk belajar lebih. 

Kami sebelum meninggakan Desa Bahasa


Desa Bahasa
Dusun Parakan Kidul Desa Ngargogondho, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.
www.desa-bahasa.com
087734150594 (Mr. Azis ) atau 087834294749 ( Mr. Miftah )
email. desabahasa@gmail.com



Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Belajar Bahasa Inggris Nyaman di Desa Bahasa Inggris Magelang"

  1. Cihuiii, habis dari Desa Bahasa langsung suka deh ngobrol sama kaca #eh :P

    ReplyDelete
  2. Aku mau donk bukunyaaa. Udah edar di toko buku belum yaa mbaaak. Mau latihan biar cash cis cus *halah*

    ReplyDelete
  3. Mana foto kita berdua sama pak hani? Hohoho..kapan2 ngecamp dimari asyik ni

    ReplyDelete
  4. Kalo aku ke sana, apa bisa langsung cas cis cus, ya? :D

    ReplyDelete