Kulinerwisata

Wisata Pantai Coro Tulungagung


Wisata Pantai Coro Tulungagung | Tulungagung, terkenal dengan julukan Kota Pualam. Tulungagung merupakan sebuah kota yang letaknya sekitar 154 km arah barat daya dari kota Surabaya. Tulungagung berbatasan dengan Samudera Hindia di sebelah selatan, sehingga tidak mengherankan jika Tulungagung memiliki banyak pantai yang indah. Diantaranya adalah Pantai SIdem Serta Pantai Popoh. Kedua pantai tersebut sudah cukup terkenal sebagai objek wisata di kota Tulungagung. Setiap liburan di akhir pekan maupun liburan sekolah, banyak sekali pengunjung yang datang ke Pantai Sidem maupun Pantai Popoh.

Pantai Coro Tulungagung.
Selain kedua pantai tersebut, masih ada banyak pantai yang lain yang tidak kalah indahnya. Namun sayang, letak pantai tersebut cukup tersembunyi sehingga sulit sekali untuk ditempuh para pengunjung yang belum pernah kemari. Selain penjalanannya yang cukup jauh kita diharuskan untuk memasuki hutan yang lebat maupun mendaki perbukitan terlebih dahulu untuk dapat menemukan pantai-pantai indah yang lainnya di Tulungagung. Salah satu pantai yang masih asri dan cukup indah di Tulungagung bernama Pantai Coro. Seperti yang kita ketahui sebelumnya, coro merupakan nama seekor binatang dalam bahasa Jawa. Jika di artikan ke dalam bahasa Indonesia coro adalah kecoa.


Pasir pantai coro
Dulu, ketika pertama kali ditemukan, di pantai ini memang banyak sekali binatang kecoa disana. Namun, sekarang kondisinya sudah berbeda. Kita tidak akan menemukan seekorpun kecoa di pantai ini. Yang dapat kita temukan disini adalah sebuah pantai yang berpasir putih dengan air lautnya yang berwarna biru. Pantai Coro letaknya cukup tersembunyi. Sebenarnya, pantai ini cukup mudah untuk ditemukan. Pantai Coro terletak di sebelah timur Pantai Popoh yaitu berlokasi di Kecamatan Besuki yang jaraknya sekitar 25 km dari pusat kota Tulungagung. Untuk bisa mencapai ke lokasi Pantai Coro, anda harus memarkir kendaraan anda terlebih dahulu di areal parkir komplek Retjo Sewu yang letaknya di kawasan Pantai Popoh. Kemudian anda melanjutkan perjalan dengan cara berjalan kaki megarah ke Laut Bebas Serta Goa Alami.

Pantai Coro letaknya di sebelah timur Laut Bebas. Maka, teruslah untuk berjalan kaki ketika anda sudah menemukan papan penunjuk arah untuk menuju ke Laut bebas serta Goa Alami. Tidak jauh dari papan petunjuk tersebut ada sebuah jalan masuk hutan di sebelah kanan. Beloklah ke arah kanan lalu terus mengambil lajur kanan. Anda akan memerlukan waktu sekitar 30 menit untuk bisa mencapai lokasi Pantai Coro. Rute perjalanan yang anda lalui juga bisa dibilang relatif mudah, yaitu hanya berupa jalanan yang mendatar di sekitar areal perkebunan para penduduk. Tidak terlalu banyak tanjakan yang ditemukan di perjalanan, kalaupun ada, kondisinya juga tidak terlalu tinggi.


Selama anda menempuh perjalanan, anda akan disuguhi dengan pemandangan Laut Bebas yang letaknya disebelah kanan anda. Laut bebas yang berwarna kebiruan tersebut, akan membuan perjalanan anda menjadi tidak terlalu sulit serta tidak terlalu melelahkan. Setelah menuruni beberapa tanjakan, anda akan menemukan lokasi Pantai Coro. Satu-satunya yang khas di Pantai Coro adalah pasirnya yang berwarna putih yang terbentang luas di sepanjang bibir pantainya. Selain itu pemandangan di Pantai Coro masih asri dan alami. Kebersihannya masih terjaga dengan baik karena masih jarang sekali dikunjungi oleh para pengunjung.


Karena jarang dikunjungi, Pantai Coro semakin terasa begitu damai dan tenang sekali. Walaupun garis pantainya tidak terlalu luas, namun duduk-duduk di pinggiran pantai sambil melihat pemandangan yang disuguhkan disini, akan membuat anda semakin betah untuk berlama-lama. Ombak di Pantai Coro bisa di bilang cukup besar karena Pantai Coro merupakan sebagian dari pantai-pantai yang ada di selatan Pulau Jawa. Maka dari itu, anda harus berhati-hati jika ingin berenang di Pantai Coro. Umumnya, yang sering berkunjung ke Pantai Coro adalah para pecinta alam yang lebih suka mendirikan tenda dan berkemah di sekitar Pantai Coro.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Wisata Pantai Coro Tulungagung"