Kulinerwisata

Tempat Wisata Di Brebes Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Kabupaten Brebes kerap kali dijuluki sebagai Kota Bawang karena sebagian besar masyarakat di wilayah ini bermata pencaharian sebagai petani bawang. Keberadaan Brebes sendiri masih masuk wilayah Jawa Tengah dimana letaknya paling barat yang berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Barat. Maka daerah di sini sering disinggahi para warga tanah Pasundan.

Hal yang menarik dari Kabupaten Brebes adalah ragam bahasa yang berbeda di beberapa wilayahnya. Adapun pemakaian bahasa tersebut yakni Bahasa Jawa dan Bahasa Sunda, uniknya terkadang campuran dari kedua bahasa itu. Kemungkinan besar pengaruh  dari kondisi lokasi yang hanya berbatas dengan Kabupaten Cirebon. Namun jangan salah Brebes juga memiliki wisata yang menarik untuk dikunjungi, berikut ini.

Tempat Wisata Di Brebes Yang Menarik Untuk Dikunjungi

1. Curug Putri
Curug Putri adalah sebuah air terjun yang memiliki ketinggian berkisar 35 meter. Sayangnya lokasi yang ditempuh cukup sulit, lantaran jalanan belum diaspal. Untuk keberadaanya memang di sebuah desa yang bernama Mandala, Kecamatan Sirampog. Jadi, anda harus trekking agar sampai ke Curug Putri ini. Setelah anda menginjakan kaki di sini maka akan melihat tebing dengan ukiran alami seperti ornamen di air terjun.

2. Pemandian Air Panas Tirta Husada
Objek wisata Pemandian Air Panas Turta Husada terletak di kawasan hutan yang mana bernuansa hutan pinus serta perbukitan hijau. Namun, tepatnya di Desa Kedungoleng Kec. Bantarkawung. Konon jika ada penggunjung yang berendam di Air Panas Tirta Husada akan mampu menyembuhkan beragam penyakit kulit dan rematik yang dideritanya. Selain itu, fasilitas yang ditawarkan juga cukup lengkap seperti kolam renang anak, kamar mandi dan café beserta tempat karaoke.

3. Pantai Randusanga
Pantai Randusangka akan menyuguhkan suatu pemandangan dengan hamparan pasir putihnya dengan ombak yang sangat bersahabat. Lokasinya di Randusanga Kulon, sekitar 7 km dari kawasan jalan pantura. Ada lagi yang menarik dari pantai yang satu ini yakni difungsikan dalam pembudidayaan rumput laut dan ikan bandeng. Adapun fasilitas yang disediakan, seperti arena balap motor, kawasan kamping, wahana permainan anak-anak dan lain-lain. Anda juga bisa mencicipi rujak uleg di pantai ini.

4. Kaligua
Kaligua adalah tempat wisata yang menawarkan pemandangan berupa hamparan kebun teh. Bagi anda pecinta seni dan fotografi tidak ada salahnya untuk mengambil view dari pemandangan landscape yang mempesona. Bukan hanya kebun teh saja yang ditemukan di Kaligua, melainkan beberapa objel lainnya ada di sini, misalnya Goa Jepang, Telaga Ranjang, dan Mata Air Tuk Bening. Selain udara sejuk yang diberikan, Kaligua juga menyediakan beragam fasilitas, yakni area perkemahan atau outbond.

5. Candi Pangkuan
Candi Pangkuan sebenarnya sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu, hanya saja baru  ditemukan oleh masyarakat setempat pada sekitar tahun 1965. Keberadan candi tersebut  di sebuah Desa Cilibur, Kecamatan Paguyangan , Kabupaten Brebes. Jika anda bertandang ke objek ini maka jangan heran akan dikejutkan oleh pepohonan yang usianya telah mencapai ratusan tahun silam. Kawasan candi ini adalah Alas tua dimana anda bisa bercengkrama langsung dengan kera –kera yang dibiarkan liar.

Tempat wisata di Brebes ini semoga bisa membantu anda dalam menentukan kawasan mana saja yang akan dikunjungi ketika berada Kota Bawang. Jadilakanlah sebagai referensi anda saat liburan nanti dan jangan lupa bagikan artikel pariwisata ini kepada orang-orang terdekat anda.


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Tempat Wisata Di Brebes Yang Menarik Untuk Dikunjungi"