Kulinerwisata

Budaya unik dan alam yang indah di wisata tana toraja

Pasti anda sudah tidak asing lagi jika mendengar kata tana toraja, nah kota ini berada di kabupaten di sulawesi selatan, dan letaknya pun cukup jauh dari kota makasar, yakni anda harus menempuh jarak kurang lebih 330 km. Kota ini berada di sekitar pegunungan, maka dari itulah kawasan ini sangat sejuk dan dingin walau di siang hari. Meskipun banyak sekali masyarakatnya yang memeluk agama kristiani dan juga muslim namun tidak menghilangkan budaya serta adat istiadat yang tergolong unik dan menakjubkan.

Apabila anda memasuki kawasan di tana toraja anda pasti sudah disuguhi dengan pemandangan yang cukup indah. Terdapat banyak sekali hamparan sawah yang hijau dan juga memiliki latar pegunungan yang sangat menawan. Adanya kebudayaan yang unik dan juga pemandangan alam yang sangat indah menjadikan tana toraja ini salah satu destinasi wisata yang ada di list para traveler, baik itu turis mancanegara atau lokal.

Berikut ini kami akan memberikan beberapa ulasan mengenai keunikan yang dimiliki oleh tana toraja :

1.     Kete kesu
Apabila anda berkunjung ke salah satu desa di tana toraja yakni kete kesu, anda pasti akan langsung berhadapan dengan beberapa tongkonan yang berdiri dengan megahnya. Kete kesu diartikan orang-orang sebagai pusat dari kegiatan. Apabila anda berkunjung ke tana toraja memang tidak lengkap rasanya jika tidak berkunjung kesini. Nah, tidak hanya jejeran tongkonan saja, pada bagian belakangnya ada tebing bukit yang mana ada kuburan dengan menyimpan cerita mistis tersendiri. Di sana anda akan menemukan beberapa tulang belulang yang berserakan.

2.     Lemo
Lemo merupakan salah satu kuburan batu yang ada di toraja. Pada umumnya manusia dikubur di bawah tanah namun tidak jika kita ada di tana toraja, karena disini manusia akan dikubur di atas tebing batu. Pada tebing batu tersebut sudah disiapkan lubang untuk anggota keluarga yang meninggal. Kuburan ini juga menandakan status sosial orang yang meninggal. Orang toraja juga percaya bahwa semakin tinggi makamnya maka semakin dekat juga dengan sang pencipta.

3.     Londa
Hampir sama seperti lemo, londa juga merupakan sebuah kuburan. Pada bagian dalamnya juga banyak terdapat tengkorak-tengkorak milik manusia. Londa ini merupakan kuburan purba, dan isi di dalamnya terdapat banyak sekali tulang-tulang manusia.

4.     Kambira
Apabila seorang anak sudah meninggal sebelum gigi anak tersebut tumbuh dengan sempurna maka anak tersebut akan dikuburkan pada sebuah lubang yang diciptakan di sebuah pohon tarra. Meskipun anak tersebut sudah berumur 7 tahun , namun memiliki gigi susu maka anak tersebut masih dianggap bayi dan suci. Pohon tarra adalah sebuah pohon sukun dan pohon inilah yang dipilih untuk mengubur seorang anak atau bayi. Mengapa memilih pohon sukun? Karena menurut kepercayaan orang toraja pohon sukun memiliki banyak sekali getah yang di ibaratkan dengan air susu ibu.

Selain itu juga ada beberapa upacara adat yang sering dilakukan oleh masyarakat tana toraja. Salah satunya adalah rambu tuka yang merupakan upacara adat untuk pernikahan, syukuran panen atau yang lainnya. Nah cukup menarikkan budaya yang ada di tana toraja, jadi anda harus mengunjunginya dengan keluarga atau sahabat tercinta.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Budaya unik dan alam yang indah di wisata tana toraja"

Post a Comment