Kuliner Wisata

Kuliner Wisata

Kecantikan Alam tiada Duanya di Puncak Gunung Merbabu

Merbabu memiliki beberapa Puncak yang cukup indah di kunjungi Tiga Puncak yang paling tinggi adalah puncak Kenteng Songo, Triangulasi serta puncak Syarif. Dengan puncak yang paling tinggi yaitu puncak Triangulasi yang memiliki ketinggian sampai 3.145 mdpl. Dari puncak gunung Merbabu masing-masing menyuguhkan puncak yang luar biasa. Dari puncak ini juga lah pendaki bisa melihat pemandangan alam yang sangat indah sekali. Beberapa gunung lain juga akan terlihat sangat cantik dari puncak Merbabu ini antara lain Gunung Andong, Gunung Prau, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Slamet dan juga Gunung Merapi serta Gunung Lawu. Ketika anda Melihat ke bawah anda akan melihat hamparan padang rumput hijau yang mententramkan hati yang menjadi sajian sangat indah saat anda di atas puncak Merbabu ini. Pemandangan hijau serta cantik tersebut adalah Padang Sabana yang akan anda lewati bila melakukan kegiatan pendakian via jalur Selo - Boyolali. Oleh karenanya tak heran bila Gunung Merbabu merupakan salah satu gunung yang menarik perhatian para pendaki di Indonesia maupun para pendaki dari luar negeri. Oleh sebab itu, dari waktu ke waktu Gunung Merbabu yang cantik ini tidak pernah sepi dari wisatawan maupun pendaki lokal dan internasional. Gunung Merbabu adalah gunung berapi yang statusnya yang sedang istirahat sehingga gunung tersebut tidak memiliki aktivitas vulkanik seperti sang tetangga yaitu Gunung Merapi yang dikenal masih aktif. Hal ini juga menjadi salah satu faktor kenapa gunung ini tidak pernah lagi sepi dari aktifitas pendakian alam.

Jalur pendakian Gunung Merbabu sebagai gunung yang menjadi salah satu destinasi wisata para pendaki khususnya yang ada di Jawa Tengah ini memiliki beberapa jalur pendakian, yang masing masing dapat Anda pilih sendiri. Tentunya masing masing jalur ini memiliki ciri khas nya sendiri - sendiri dan diantara jalur jalur Merbabu yang paling terkenal ialah jalur Selo atau jalur Boyolali, serta jalur Salatiga.

Menurut beberapa pendaki yang sudah pernah melakukan pendakian di jalur masing masing ini, berpendapat bahwa jalur Selo lah yang memiliki pemandangan paling indah karena kita akan di siguhkan dengan Padang Sabana cantik yang di tumbuhi oleh Bunga Edelweis. Selain itu juga kita akan disuguhkan oleh pemandangan gunung Merapi yang tampak begitu megah terlihat dari jalur Selo ini. Untuk itu dibawah ini adalah jalur jalur untuk sampai ke puncak Merbabu.

Untuk mencapai puncak gunung Merbabu, beberapa jalur ini yang bisa anda lewati adalah sebagai berikut :

1.     Jalur Selo Boyolali
Jalur Selo berada di kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Untuk sampai ke jalur ini kira-kira dibutuhkan waktu sekitar 1 setengah jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor dari kota Solo. Jika anda memilih Pendakian Gunung Merbabu via Selo maka anda akan melewati dua buah padang sabana serta sebuah tanjakan yang sangat curam di Batu Tulis. Saat anda berada di sabana kedua – yang memang merupakan pos terakhir sebelum ke puncak – anda akan disuguhi oleh pemandangan bunga edelweis yang cantik mempesona.

2.     Jalur Chuntel Salatiga
Jalur Cunthel adalah jalur ke Puncak Merbabu yang ada di sebelah utara. Jalur yang satu ini berada di kawasan wisata alam Kopeng yang cukup terkenal di Salatiga. Jika melakukan pendakian via Chuntel ini anda akan melewati perkebunan teh saat awal-awal pendakian yang membuat perjalanan menjadi lebih terasa ringan karena hawa sejuk nya.

3.     Jalur Wekas, Magelang
Sama seperti kedua jalur diatas, jika anda memilih via jalur Wekas anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan yang tak kalah indah. Jalur ini biasanya dipilih oleh para pendaki yang berasal dari Jawa Barat juga Jakarta mungkin karna lokasinya yang paling dekat dengan Jogja. Melalui jalur wekas ini puncak pertama yang akan anda pijaki adalah Puncak Syarif.

Pemandangan alam Gunung Merbabu
Gunung Merbabu memiliki tinggi maskimal yaitu 3.145 mdpl. Dengan terdapat 3 jalur pendakian paling populer ke puncak Merbabu yaitu melalui jalur Selo (Boyolali), Wekas (Magelang), dan juga Cunthel (Salatiga). Dari masing masing jalur anda akan disuguhkan pemandangan yang luar biasa indahnya. Jalur Selo misalnya pendaki akan melewati  2 Padang Sabana yang sangat indah sekali karena dipenuhi oleh Bunga Edelweis, pemandangan seperti ini adalah obat bagi anda yang paling mujarab ketika anda telah lelah dan capai setelah sampai di Gunung Merbabu.

Setelah kita sampai di puncak pemandangannya sangat keren sekali, pertama kita akan disambut oleh gumpalan awan putih yang begitu indah dan cukup tebal sehingga membuat kita serasa di Nirwana. Dan bila ingin mendapatkan kemenangan Sunrise yang lebih menawan, lakukanlah summit attack saat subuh sehingga Anda bisa menjadi saksi keindahan sebuah matahari pagi terbit di puncak Merbabu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kecantikan Alam tiada Duanya di Puncak Gunung Merbabu"

Post a Comment

Terkini