Kulinerwisata

Jelajah alam di wisata Salatiga yang indah

Salatiga adalah sebuah kota wisata yang terletak di provinsi Jawa Tengah yang secara kebetulan berbatasan sepenuhnya dengan Kabupaten Semarang.  Kota Salatiga ini terletak di dekat daerah Timur dari gunung Merbabu, jadi tidaklah aneh  bila kota ini memiliki udara yang cukup segar dan sejuk.

Indonesia memang memiliki barbagai tempat wisata yang begitu indah, begitupun juga di Salatiga. Disini anda bisa menikmati tempat tempat wisata yang akan membuat anda merasa takjub karena panorama disini memang lah sangat indah di bingkaian mata. Jika anda ingin mengunjungi tempat wisata alam, wisata bersejarah sampai dengan wisata keluarga dan juga wisata religi di Salatiga. Berikut ini adalah daftar tempat wisata yang cukup terkenal di kota Salatiga :

Pemandian kalitaman
Tempat ini  merupakan tempat pemandian yang bertaraf nasional yang layak di gunakan untuk melaksanakan acara perlombaan renang antar daerah. Pemandian ini berada di Dukuh Kalimantan, tepatnya di Jalan Pemuda. Air dari pemandian inipun berasal dari mata air alami sehinga airnya terasa sangat menyegarkan juga sangat sejuk saat anda mandi di kolam ini. Disini juga terdapat taman bermain yang ditujukan untuk anda yang kesini dengan membawa anak-anak. Dan anda juga tidak perlu kawatir kalau kalau anak anda akan kepanasan saat berada di taman bermain ini, karena disini tempatnya di penuhi oleh pepohonan berdaun rindang yang akan membuat anak anak betah dengan hawa sejuk dan asik nya bermain di taman ini.

Pemandian Mata Air Senjoyo
Pemandian mata air adalah salah satu objek wisata yang ada di salah satu desa tepatnya di ujung Kota Salatiga Utara. Di tempat ini udara nya sangatlah sejuk, membuat anda akan merasa lebih sehat disini. Selain itu airnya juga sangat bersih dan masih terjaga keaslian nya. Tak hanya itu, mata air di Senjoyo ini digunakan oleh warga sebagai sumber mata air di Kota Salatiga.

Wisata Tlogo
Tempat yang sebaiknyanjangan anda lewatkan saat di Salatiga adalah Agro Wisata Tlogo yang berada di Desa Tolog, Kecamatan Tuntang yang hanya berjarak 1 km saja dari jalan raya Semarang-Solo. Di obyek wisata satu ini anda bisa menikmati keindahan alam perkebunan kopi yang dengan dilengkapi fasilitas yang cukup lengkap mulai dari rumah makan Homestay dan juga area parkir.

Prasasti plumpungan
Sudah pergi untuk berlibur ke kota Salatiga jangan lewatkan untuk mengenal sejarah Salatiga juga yahh, salah satu peninggalan bersejarahnya Salatiga adalah Prasasti Plumpungan, dimana prasasti ini tertulis di Batu berukuran besar berjenis andesit yang memiliki panjang 170 cm dan lebar 160 cm juga garis lingkar 5m.  Prasasti ini pertama kali ditemukan di desa Dukuh Plumpungan tepatnya di Desa Kauman Kidul, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga. Bila dihitung maka bisa dipastikan bahwa prasasti ini sudah berumur selama kurang lebih 1264 tahun. Prasasti lumbungan ini ditulis indah dalam bahasa Jawa kuno dan bahasa Sansekerta dan isi dari Prasasti ini bertuliskan perihal mengenai keterangan bebas pajak meliputi pajak tanah perdikan.

Atlantic Dreamland Salatiga
Obyek wisata ini adalah tempat wisata yang ditujukan untuk mengisi liburan bersama  keluarga anda. Anda bisa mengunjungi tempat wisata ini dari kota Salatiga yang berjarak tidak lebih dari 1 km. Disini juga memiliki wisata kuliner yang pas untuk keluarga anda, selain itu anda juga bisa membeli berbagai souvenir menarik sebagai buah tangan untuk anggota keluarga, sanak saudara dan teman teman anda di rumah.

Masjid Damarjati
Masjid ini adalah Masjid tertua yang ada di Salatiga dibangun pada tahun 1826 oleh Ki Rono Setiko Laskar Pangeran Diponegoro dan dibantu oleh Kyai Damarjati,  masjid ini berada di Jalan Beringin, Krajan, Salatiga. Anda bisa melakukan wisata religi di tempat ini.

Pasar Raya II Salatiga
Tidak lengkap rasanya bila anda sudah ke Salatiga namun belum belanja oleh-oleh khas kota Salatiga, pasar ini merupakan pasar tradisional terbesar yang berada di Kota Salatiga Raya, selain pasar tradisional terbesar pasar ini juga sudah berdiri sejak jaman Belanda.

Dan itulah tempat tempat wisata yang ada di kota Salatiga, kalau anda pergi ke Salatiga jangan lupa mengunjungi tempat tempat tadi yaah, liburan di negara sendiri ajaa daripada ngabisin uang di negara orang, ramaikan tempat wisata kita sendiri yaah, karena kalau bukan kita yang meramaikan siapa coba yang akan mengenal wisata kita ini ? kita aja gamau kenal wisata sendiri apalagi para turis turis. ya kan ?

Demikian dulu yaa artikel tentang tempat wisata di Salatigs ini, selamat berlibur buat anda yang lagi ingin pergi berlibur dan semoga artikel ini bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Jelajah alam di wisata Salatiga yang indah"

  1. saya belum pernah wisata kopi. Kayaknya menarik juga :)

    ReplyDelete