Kuliner Wisata

Kuliner Wisata

Langkah Generasi Muda Persiapkan Diri Berkarier di Era Green Jobs

Seiring waktu berjalan, dunia industri terus bergerak dan kita tak bisa menghindarinya. Berbagai peluang kerja terbuka dengan dukungan teknologi yang semakin maju. Namun, seiring dengan pergerakan tersebut muncul masalah lingkungan yang semakin lama semakin serius. Bisa dikatakan bahwa kekayaan bumi terus tergerus seiring dengan pergerakan industri dan kemajuan teknologi



Menyongsong Karier di Era Green Jobs

Kita semua tentu ingin peluang kerja terus terbuka. Jujur saja, aku juga berharap kesempatan bekerja bagi generasi muda terus tersedia agar tak ada lagi pengangguran. Namun, di sisi lain kelestarian bumi menjadi taruhannya. Green jobs disebut-sebut sebagai solusi untuk tetap menjaga bumi di tengah pesatnya perkembangan industri.

Mendengar konsep gerakan yang satu ini, tentu aku merasa sedikit lega karena paling tidak ada harapan. Hanya saja memang dibutuhkan kerja sama dari para generasi muda. Berikut ini beberapa hal yang bisa mereka lakukan demi mempersiapkan diri berkarier di era Green Jobs.

  • Mulai dari Diri Sendiri

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memulai dari diri sendiri. Sebelum memasuki dunia kerja yang menerapkan konsep Green Jobs ini tentu harus ada kesadaran diri yang tinggi.

Sadar bahwa menjaga lingkungan adalah tanggung jawab setiap manusia yang hidup di bumi. Sadar bahwa setiap langkah yang diambil akan memberi dampak pada bumi tempat kita berpijak ini.

Mulai dengan meminimalkan penggunaan barang-barang sekali pakai. Entah yang berhubungan dengan kebutuhan pribadi maupun pekerjaan. Pilihan alat transportasi untuk bekerja juga harus dipikirkan. Bijak menggunakan transportasi umum atau memilih bersepeda ke kantor juga bisa jadi pilihan yang tepat sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan.

Semua dimulai dari kesadaran diri. Saat diri sendiri telah meresapi perannya dalam menjaga kelestarian lingkungan, menurutku sikap ini akan dengan mudah dibawa di lingkungan kerja. Percuma jika diterapkan sistem ramah lingkungan di setiap perusahaan namun individu yang bekerja di sana tak bisa mengikuti sistem tersebut secara disiplin.

  • Selektif Memilih Perusahaan

Generasi muda harus semakin cermat memilih perusahaan tempat mereka bekerja. Tak hanya urusan gaji dan jenjang karier, kini kepedulian terhadap lingkungan menjadi sebuah pertimbangan yang tak kalah penting. Saat ini perusahaan perlu memikirkan terciptanya peluang kerja yang tak hanya memberi keuntungan secara finansial namun juga manfaat bagi lingkungan hidup manusia.

Peluang bekerja tanpa menyakiti lingkungan sebenarnya semakin mudah untuk didapat. Kemajuan teknologi seharusnya menjadi fasilitas penolong bagi perusahaan untuk tetap produktif tanpa merusak alam. Generasi muda perlu lebih cerdas dan kritis untuk mencari tahu sekaligus menilai sejauh apa kepedulian suatu perusahaan terhadap kelestarian lingkungan.

Kalau menurut aku pribadi, pilihan perusahaan tempat bekerja akan berpengaruh pada banyak hal. Kebiasaan hidupku pasti akan banyak dipengaruhi oleh peraturan dari perusahaan. Jika perusahaan tempatku bekerja menerapkan konsep eco-friendly maka secara otomatis aku juga pasti akan mengikutinya.

  • Pengelolaan Sampah Jadi Prioritas


Satu poin penting yang harus dipertimbangkan dengan baik adalah pengelolaan sampah. Generasi muda sebaiknya semakin kritis untuk menilai seperti apa proses pengelolaan sampah di dunia industri maupun perusahaan tempatnya bekerja. Masalah sampah ini telah menjadi salah satu poin penting yang berkontribusi besar pada rusaknya keseimbangan lingkungan hidup manusia.

Dunia industri memberi sumbangan sampah dalam jumlah yang begitu besar. Jika kondisi ini terus berlangsung dan tak ada sistem pengelolaan yang tepat maka lingkungan hidup manusia bisa benar-benar tenggelam. Green Jobs menjadi sebuah solusi bagi kita semua untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan sambil terus memastikan peluang kerja di masyarakat tetap ada.

Pengelolaan sampah di sebuah perusahaan sebaiknya menjadi perhatian utama. Selain pihak perusahaan, karyawan juga harus ikut mendukung proses pengelolaan sampah agar berjalan baik dan tak merugikan lingkungan. Dimulai dari diriku sendiri yang harus mulai membiasakan diri untuk melakukan prosedur pembuangan sampah dengan tepat.

  • Kenali Bumi Lebih Dekat


Fokus utama dari Green Jobs adalah bumi kita. Lingkungan tempat kita hidup yang cenderung memburuk karena perkembangan zaman. Inilah yang seharusnya dijadikan fokus utama di pikiran anak muda. Bukan hanya soal jenjang karier dan gaji yang besar. Aku juga mengakui kalau secara pribadi aku belum begitu mengenal seperti apa kondisi bumi yang semakin tua ini.

Jika ingin lanjut berkarier di era Green Jobs dengan sukses, maka aku dan kita semua harus bisa mengenali kondisi bumi. Apa saja kesalahan yang sudah kita lakukan pada bumi ini? Apa saja yang membuat bumi ini semakin rusak dari waktu ke waktu? Semua itu perlu direnungkan kembali dan menjadi bahan evaluasi. Saat tahu apa sebabnya, maka lebih mudah untuk mengambil tindakan tepat.

Setiap individu punya kontribusi menciptakan kerusakan bagi bumi ini. Jadi pada intinya setiap orang punya tanggung jawab untuk membuat bumi ini pulih kembali. Dukungan proyek Green Jobs ini mempermudah kita semua untuk bertanggung jawab terhadap kelestarian bumi. Sudah ada fasilitas dan dukungan dari banyak orang, jadi kenapa tak ikut memulai dari sekarang?

  • Paham Teknologi

Percaya atau tidak kalau teknologi itu bisa ikut membantu menyelamatkan kelestarian bumi ini? Menurutku, anak muda harus benar-benar pahami teknologi dan memanfaatkannya sebaik mungkin. Contoh mudahnya adalah di situasi saat ini. Pandemi membuat kita tak bisa langsung datang ke kantor dan mengadakan meeting lewat Zoom.

Jika memang meeting dimungkinkan untuk dilakukan secara online memakai platform seperti Zoom atau Google Meet, maka lakukan saja. Cara ini justru akan meminimalkan penggunaan kendaraan pribadi. Semakin sedikit mobilitas manusia maka tingkat polusi juga berkurang, bukan? Lagipula menurutku juga jauh lebih mudah dan praktis untuk menerapkan sistem seperti ini.

Semakin tinggi kepahaman anak muda akan teknologi, maka semakin mudah pula untuk memanfaatkan teknologi tersebut. Green Jobs menjadi sebuah misi penting yang bisa kita wujudkan lewat pemanfaatan teknologi. Contohnya adalah penggunaan teknologi untuk mengolah sampah sebersih mungkin dengan jumlah limbah yang minim.

  • Ciptakan Inovasi


Nah, bagian yang ini mungkin akan jadi langkah yang terasa paling berat. Ada tantangan besar yang harus dihadapi oleh aku maupun kita semua untuk menciptakan inovasi yang bisa menyelamatkan lingkungan. Tak perlu langkah besar sebenarnya, dimulai dari langkah kecil pasti kita bisa membuat perubahan besar yang mengarah pada kebaikan bumi ini.

Jika aku berdiri sendiri, mungkin akan sangat sulit untuk menciptakan inovasi demi menyelamatkan bumi. Tapi apa jadinya kalau aku ada di lingkungan perusahaan yang mendukung inovasi tersebut? Ditambah lagi kalau aku punya teman-teman di lingkungan kerja yang juga memiliki tujuan sama sepertiku. Intinya, dengan bergerak bersama kita pasti bisa mewujudkan keberhasilan misi Green Jobs ini.

Kita semua mampu menciptakan lingkungan hidup yang sehat dan nyaman tanpa menghentikan perkembangan di dunia saat ini khususnya di bidang industri. Generasi muda akan memegang peran penting dalam misi Green Jobs ini. Mari bersama-sama wujudkan peluang kerja yang besar secara merata di atas bumi yang sehat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Langkah Generasi Muda Persiapkan Diri Berkarier di Era Green Jobs"

Post a Comment

Terkini